5 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Masker

5 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Masker

Setiap perempuan pasti mendambakan kulit yang bersih, cerah, dan sehat. Untuk mencapai itu semua, kebanyakan dari mereka rela menempuh segala jenis cara, termasuk menggunakan masker setiap hari. Ya, penggunaan masker secara rutin memang dapat memberikan efek yang positif terhadap kulit wajah. Namun, bukan berarti kamu boleh menggunakan masker setiap hari. Bukannya makin cantik malah jadi jerawatan. Untuk itu, jangan gunakan masker setiap hari bila tak ingin hal ini terjadi pada kulit wajahmu.

1. Kulit wajah menjadi kering

Masker memang bisa membuat minyak pada wajah berkurang tapi menggunakannya setiap hari justru dapat menghilangkan seluruh minyak di wajah. Padahal minyak yang diproduksi oleh kulit wajah memiliki banyak manfaat, antara lain membuat wajah terlihat lebih cerah, menjadi pelindung dari paparan sinar UV, antioksidan alami, melembapkan kulit secara alami, dan memperlambat penuaan dini.

Jika kulit sampai tidak memproduksi minyak tersebut, wajah akan kehilangan kelembapannya. Ini artinya kulit akan menjadi sangat kering. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi padamu, kan?

2. Iritasi kulit

Masker yang dibeli di toko kecantikan biasanya mengandung alkohol yang cukup banyak. Nah, memakai masker yang mengandung alkohol setiap hari dapat mempengaruhi kesehatan kulit sehingga tak menutup kemungkinan kulit akan menjadi iritasi. Kulit yang terkena iritasi tentunya dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. Jika kulit wajah mulai terasa perih, sebaiknya segera gunakan kartu BPJS kamu dan langsung temui dokter kulit guna mengonsultasikan masalah kulit yang kamu alami.

3. Menyebabkan jerawat

Ketika menggunakan masker, bersihkan seluruh sisa masker secara menyeluruh. Jangan sampai ada sisa masker yang masih menempel di wajah sebab masker yang digunakan setiap hari tapi tak dibersihkan secara sempurna akan menyumbat pori-pori. Tersumbatnya pori-pori dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Maka dari itu, jika tak ingin mengalami hal ini sebaiknya gunakan masker sesuai takaran dan dosis yang aman. Selain itu, perhatikan pula ketika selesai memakai masker. Pastikan kalau wajah telah bersih sempurna agar tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah kulit lainnya.

4. Mempercepat penuaan dini

Tujuan dari menggunakan masker pasti ingin memperlambat penuaan dini. Namun, pemakaiannya yang setiap hari justru dapat memberikan efek sebaliknya. Salah satu efek buruk memakai masker setiap hari adalah kulit yang menjadi kering. Jika kulit tidak mampu lagi memproduksi minyak dan keringat untuk mengembalikan kelembapan, hal ini dapat meningkatkan risiko penuaan dini. Bukannya menjadi lembut dan sehat, kulit malah menjadi berkerut.

5. Kulit menjadi sensitif

Girls, patut diingat kalau terlalu sering memakai masker bisa membuat kulit mengalami penipisan. Kulit yang menjadi tipis ini otomatis akan menjadi sensitif. Jika mengalami hal ini, kamu mungkin akan mengalami banyak masalah kulit lainnya, seperti kulit menjadi kemerahan, mengelupas, dan beruntusan.

Kalau kamu tidak mau mengalami hal di atas, sebaiknya batasi penggunaan masker. Menurut para ahli, masker wajah sebaiknya cukup digunakan 1 sampai 2 kali seminggu selama 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah bernapas dan menjaga keseimbangan minyak agar tidak berlebih atau terlalu kering. Sebelum pakai masker, pastikan kamu membaca daftar kandungan pada label produk, ya.

Jadi, sudah tahu, kan, sekarang bahaya penggunaan masker setiap hari? Yuk, mulai patuhi aturan penggunaan masker wajah!

5 Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Masker | wowman99 |