Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona

Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona

Ada satu objek wisata berwujud air terjun lagi yang bisa Anda kunjungi, yaitu Curug Cimahi. Nama curug di sini diartikan air terjun yang bercirikan limpahan debit air yang mengalir dan terjun ke bawah dengan ketinggian tertentu. Semakin besar debit airnya dan makin tinggi ketinggiannya, maka semakin besar pula air terjunnya. Air melimpah yang terjun dan meluncur dari atas itulah banyak dicari orang untuk sekedar melihat pemandangannya.

Selain itu, mereka bisa merasakan langsung sensasi tersendiri saat terkena hempasan air terjunnya yang jatuh ke bawah. Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa bermain-main air di aliran sungainya sambil bereneng ataupun menyelam. Namun Anda yang belum bisa berenang, sebaiknya memakai ban atau jaket pelampung yang biasanya sudah disediakan oleh pihak pengelolanya.

Terkait: Menjelajahi Taman Pasupati Bandung yang Unik dan Menarik

Begitu juga saat Anda mengunjungi air terjun Cimahi nanti. Tentu akan melihat, menikmati, dan merasakan langsung keindahan serta kesegaran alami dari lingkungan sekitarnya. Wisata alam yang banyak disukai orang. Mereka jauh-jauh datang ke pegunungan dan perbukitan hanya untuk menikmati pemandangan alamnya. Lalu, apakah Anda juga tertarik ingin berlibur ke Bandung dan mengunjugi objek wisata Curug Cimahi dalam waktu dekat ini? Jika iya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Curug Cimahi

Sebelum Anda mengunjungi objek wisatanya, sudah seharusnya mengetahui terlebih dulu informasinya yang terkait. Jika perlu, informasinya yang detail dan lengkap sehingga bisa dijadikan dasar saat mengunjunginya nanti. Begitu juga dengan Curug Cimahi yang ingin Anda kunjungi. Ada beberapa informasi yang perlu Anda ketahui perihal tempat wisata ini. lokasi dari air terjun Cimahi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Ketinggian dari air terjunnya sekitar 87 meter sehingga cukup tinggi dan bisa Anda nikmati keindahannya semampunya. Dengan ketinggian tersebut, jangan heran jika curug ini merupakan salah satu yang tertinggi di Bandung, bahkan Jawa Barat.

Keindahan air terjun tersebut hingga bisa membentuk pelangi di waktu-waktu tertentu. Anda tentu mengetahui tentang pelangi, bukan? Cahaya berwarna-warni di langit yang biasanya terjadi setelah hujan turun. Cahaya berwarna-warni tersebut terbentuk karena pembiasan atau pembelokan sinar matahari yang menembus titik-titik air.

Pelangi di Curug Cimahi

Begitu juga di Curug Cimahi juga bisa terbentuk pelangi saat sinar matahari menembus titik-titik air terjun yang jatuh dan terhempas. Bila beruntung, Anda bisa melihat pelanginya terutama dari tempat yang tinggi. Jangan sampai kelewatan untuk mengabadikannya di gadget yang Anda bawa masing-masing. Sebuah fenomena alam yang mungkin jarang Anda lihat dan ditemui di wilayah perkotaan yang sudah padat penduduk dan terkontaminasi polusi udara parah.

Berbeda di pegunungan yang masih banyak pohon serta aliran sungai yang jernih. Ditambah air terjunnya yang mengalir dan jatuh secara alami. Setiap orang yang melihatnya pasti merasa senang. Bukan hanya itu, Anda yang bisa menikmati suasana alamnya akan merasa tenang dan nyaman. Silakan Anda buktikan sendiri dengan mengunjungi air terjun Cimahi sekarang juga.

Baca: Berwisata Religi dengan Mengunjungi Masjid Raya Bandung yang Megah

Nama Cimahi yang disematkan pada curugnya merupakan nama dari Sungai Cimahi yang alirannya memang membentuk air terjun. Sungai Cimahi mempunyai hulu di Danau Lembang yang nantinya mengalir sampai Kota Cimahi. Jarak antara Curug Cimahi dengan Kota Cimahi sekitar 10 kilometer. Anda mungkin bisa menyempatkan diri berkunjung ke kota tersebut yang tentu ada daya tariknya yang bisa dijadikan destinasi wisata, seperti pada kuliner khas di sana yang bisa Anda coba atau dijadikan oleh-oleh. Dijamin, Anda merasa puas saat mengunjungi air terjun Cimahi yang juga dapat menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas yang disediakan di sana?

Sebuah tempat wisata harus didukung oleh fasilitas-fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh para wisatawan yang mengunjunginya. Mereka bisa merasa aman dan nyaman di tempat liburan tersebut tanpa terganggu oleh berbagai masalah yang bisa datang sewaktu-waktu. Sebagai contoh, pos atau bagian informasi yang seharusnya ada di tiap objek wisata. Dengan keberadaannya, tiap pengunjung bisa bertanya perihal apa saja yang masih berkaitan dengan tempat wisata tersebut. Selain pos informasi, masih banyak lagi fasilias yang harus ada di objek wisata.

Begitu juga dengan Curug Cimahi yang sudah diberikan beragam fasilitas pendukung yang dapat dimanfaatkan oleh semua pengunjung tanpa terkecuali. Beberapa fasilitas yang ada di sana, antara lain tempat parkir, tempat sampah, toilet umum, mushola, pos jaga, bangku taman, dan masih banyak lagi. Ada juga beberapa warung makan yang biasanya semakin banyak yang buka pada akhir pekan.

Warung-warng tersebut menawarkan makanan dan minuman kepada pengunjung yang membutuhkannya. Bahkan, penjaja barang-barang suvernir atau cinderamata juga semakin banyak yang datang. Apalagi pada musim liburan, seperti lebaran, akhir tahun, atau liburan sekolah. Anda pun bisa melihat dan memilih sendiri cinderamata yang bisa dibawa pulang. Jangan lupa untuk menanyakan harganya terlebih dulu kepada penjualnya. Jika beruntung dan bisa menawar, Anda bisa membelinya dengan harga lebih murah.

Terkait: Menikmati Keindahan Panorama Gunung Tangkuban Perahu

Semua fasilitas yang disediakan oleh pengelola tersebut bertujuan untuk membuat tiap pengunjung di Curug Cimahi semakin betah. Jadi, kesan objek wisata yang aman dan nyaman akan selalu diingat oleh semua wisatawan. Dengan begitu, sangat mungkin mereka akan mengunjungi air terjun Cimahi lagi di kemudian hari. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari manajemen pengelolaan tempat wisatanya yang harus dilakukan secara profesional dan bagus.

Meskipun berorientasi pada bisnis, tetapi pelayanan yang bagus dan prima tetap harus diberikan kepada semua wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal atau domestik saja yang mendominasi pengunjung dari curug ini. Namun, para wisatawan atau turis asing juga harus dilayani dengan pelayanan yang sama kualitas dan kuantitasnya. Jadi, semua wisatawan bisa merasakan keamanan dan menyamanan maksimal saat mengunjungi tempat wisata tersebut. Itulah yang perlu diperhatikan oleh pihak pengelola curug dan tidak boleh dikesampingkan.

Berwisata alam ke Curug Cimahi

Anda sudah mengetahui lebih dekat dan detail mengenai salah satu destinasi wisata di Bandung yang satu ini. Sebuah air terjun yang menampilkan daya tarik keindahan alamnya begitu mempesona. Air terjun yang tidak kalah indahnya dibanding air terjun-air terjun di negara lain. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh dan buang-buang uang untuk liburan ke luar negeri hanya untuk melihat keindahan air terjun. Anda cukup liburan ke Bandung karena di sana ada beberapa air terjun yang indah dan masih terasa alami. Salah satunya adalah Curug Cimahi yang bisa Anda kunjungi sekarang juga bermasa seluruh anggota keluarga tercinta dan orang terdekat.

Selanjutnya: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Pesona Alam Jernihkan Mata

Rencanakan dan siapkan segala sesuatunya secara matang saat Anda ingin berkunjung ke Curug Cimahi. Selamat berlibur ke Bandung dan bersenagng-senang sepuasnya.

Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona | wowman99 |