Apa Itu Gula Darah? Apa Itu Glukosa Darah?

Apa Itu Gula Darah? Apa Itu Glukosa Darah?

Gula darah atau glukosa darah menunjuk pada gula yang dialirkan melalui aliran darah untuk menyediakan energi ke semua sel di tubuh kita. Gula ini terbuat dari makanan yang kita makan. Tubuh manusia mengatur tingkat glukosa darah sehingga tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah – mengelola sebuah kondisi stabil atau kesetimbangan dalam lingkungan internal darah (homeostasis) yang sangat penting agar tubuh kita dapat melakukan fungsinya.

Penggunaan kata “gula” dalam “gula darah” dalam istilah sehari-hari, adalah istilah yang tidak tepat. Glukosa, salah satu jenis gula, adalah yang berada dalam aliran tubuh yang memberi makan sel dan penting bagi kita.

Gula sendiri adalah karbohidrat sederhana, berbentuk kristal dan dapat dimakan dan dapat berupa berbagai macam bentuk, semuanya memiliki rasa manis. Tubuh kita mencerna karbohidrat menjadi glukosa. Gula sederhana yang dapat dengan mudah diubah menjadi energi. Formula kimia untuk glukosa adalah C6H12O6.

Sistem pencernaan manusia memecah karbohidrat dari makanan menjadi berbagai macam molekul gula – salah satunya adalah glukosa, sumber utama energi tubuh. Glukosa dari sistem pencernaan langsung menuju aliran darah setelah kita mengkonsumsi dan mencerna makanan. Glukosa hanya dapat masuk ke dalam sel apabila terdapat insulin dalam aliran darah. Tanpa insulin, sel akan kelaparan.

Setelah kita makan, konsentrasi gula darah meningkat, pankreas mengeluarkan insulin secara otomatis sehingga glukosa dapat masuk ke dalam sel, semakin banyak sel yang menerima glukosa, tingkat gula darah turun ke tingkat normal kembali. Glukosa yang berlebihan disimpan sebagai glikogen (glukosa simpanan) dalam organ hati dan otot.

Jika kita tidak makan dalam waktu yang lama dan konsentrasi glukosa darah terus turun, pankreas melepaskan hormon lain yang disebut glukagon. Glukagon menyebabkan pemecahan glikogen menjadi glukosa, agar dapat mendorong tingkat glukosa darah kembali normal.

Gula darah atau glukosa darah adalah istilah singkat untuk tingkat konsentrasi gula darah atau glukosa darah. Kebanyakan mamalia mengelola tingkat glukosa darahnya antara 3.6 dan 5.8 mM (mmol/l). Tingkat rata-rata glukosa darah manusia sekitar 90 mg/dl, yang setara dengan 5 mM (mmol/l).

Apa itu mmol/l dan mM? – ada dua cara mengukur konsentrasi gula darah:

  • Dengan hitungan molekul, yang diukur dalam “moles” – mmol berarti “millimoles/liter” (millimoles per liter). “mM” memiliki arti yang sama dengan “mmol/l”.
  • Dengan berat, yang diukur dalam “gram” – mg/dl berarti “milligrams/deciliter” (milligrams per deciliter)

Unit standar dunia untuk pengukuran konsentrasi gula darah adalah mmol/l.

Setelah makan, tingkat glukosa darah kita meningkat dan perlahan-lahan menjadi normal setelah satu jam. Tingkat glukosa darah berada di titik terendah di saat sebelum kita makan untuk pertama kalinya setiap hari, yang biasanya dikenal sebagai sarapan.

Apa Itu Gula Darah? Apa Itu Glukosa Darah? | wowman99 |