Liburan Menantang di Arung Jeram Sungai Palayangan, Seru+Tegang!

Liburan Menantang di Arung Jeram Sungai Palayangan, Seru+Tegang!

Anda yang menyukai tantangan silakan mencoba Arung Jeram Sungai Palayangan. Sebuah tempat wisata di Bandung yang menyediakan fasilitas berarung jeram bagi tiap orang yang ingin mencobanya. Bukan hanya untuk penggila olahraga ekstrem maupun tantangan alam, tetapi masyarakat umum yang ingin liburan dengan melakukan kegiatan yang berbeda. Dalam arti, mereka belum pernah mencobanya sehingga tidak ada salahnya merasakan sendiri sensasinya. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui perihal arung jeram? Perlu diketahui bahwa arung jeram merupakan salah satu olahraga air atau lebih spesifiknya olahraga arus deras. Disebut seperti itu karena kegiatan olahraganya akan bersentuhan langsung dengan aliran air di sungan yang begitu deras. Dengan begitu, ada sensasi uji adrenalin tersendiri yang bisa dirasakan saat melakukannya.

Next: Berwisata Religi ke Masjid Pusdai Bandung, Seru dan Mengasyikkan!

Biasanya, arung jeram dilakukan di aliran sungai dengan debit air cukup banyak serta berarus deras. Orang-orang yang berarung jeram akan menaiki perahu karet yang bisa ditumpangi sekitar 4 – 6 orang. Mereka akan memakai peralatan berarung jeram terlebih dulu sebelum melakukan kegiatan tersebut, seperti jaket pelampung, helm, membawa dayung, dan lain sebagainya. Tidak boleh sembarangan atau seenaknya sendiri berarung jeram, apalagi yang belum pernah sama sekali melakukannya. Maka dari itu, ada instruktur atau pendamping yang memberikan kursus singkat berarung jeram yang baik dan benar. Semua itu dibutuhkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nanti.

Nah, Anda bisa berarung jeram di Sungai Palayangan saat liburan di Bandung. Lalu, apa saja informasi yang perlu diketahui perihal wisata Arung Jeram Sungai Palayangan untuk dijadikan bahan referensi sebelum benar-benar mengunjunginya nanti? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Arung Jeram Sungai Palayangan

Sungai Palayangan berlokasi di Kabupaten Bandung Selatan, Jawa Barat. Untuk bisa menjangkaunya, Anda bisa melakukan perjalanan dari Kota Bandung, lalu menuju ke arah selatan mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil dan belum mengetahui jalan yang harus dilalui. Sebaiknya mengaktifkan fitur GPS di gadget yang dibawa. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keberadaan sendiri serta lokasi Sungai Palayangan yang akan dituju. Sementara bagi Anda yang mengendarai kendaraan umum, tidak ada salahnya bertanya kepada masyarakat sekitar Bandung atau petugas terkait yang mampu memberikan informasinya. Tidak menutup kemungkinan Anda akan bergonta-ganti beberapa kendaraan umum nantinya. Kecuali, Anda mengendarai kendaraan umum online.

Next: Review Tempat Wisata Jalan Braga Bandung Yang Sudah Tersohor Itu

Lokasi Arung Jeram Sungai Palayangan sudah cukup populer bagi masyarakat Bandung. Maka dari itu, jangan heran jika di sana akan ramai dengan pengunjung dan wisatawan. Terutama pada libur akhir pekan, hari libur nasional, maupun musim liburan. Bahkan, sangat mungkin Anda tidak bisa berarung jeram di hari tertentu karena lokasinya sudah dibooking keseluruhan oleh pihak tertentu. Misalnya, sebuah perusahaan yang melakukan kegiatan gathering sekaligus liburan dengan melibatkan seluruh karyawan bersama keluarganya masing-masing. Dipilih lokasi di sekitar Sungai Palayangan, Bandung Selatan karena tempatnya yang masih asri, sejuk, dan nyaman. Selain itu, di sana juga disediakan fasilitas berarung jeram bagi siapa siapa saja yang menginginkannya. Dengan begitu, acara gathering akan lebih seru dan menyenangkan lagi karena semua pesertanya diberi kesempatan untuk mencoba berarung jeram.

Anda bisa membayangkan sendiri jika peserta gathering dari perusahaan tersebut berjumlah ratusan orang sudah termasuk anggota keluarganya yang bisa terdiri dari istri dan anak-anaknya. Dengan begitu, lokasi Arung Jeram Sungai Palayangan mau tidak mau akan dibooking seharian sejak pagi hingga sore hari. Anda yang jauh-jauh dari luar kota ingin liburan ke Bandung Selatan yang dituju hanya Sungai Palayangan karena ingin berarung jeram di sana. Namun sayangnya, sudah tidak ada tempat dan waktu lagi untuk Anda berarung jeram karena lokasinya sudah dibooking semua. Jika seperti itu, sudah pasti Anda sedih dan kecewa. Maka dari itu, disarankan Anda menelpon atau menghubungi pihak pengelola tempat arung jeramnya terlebih dulu untuk memastikan jadwal berarung jeram di sana sudah padat atau belum. Khususnya Anda yang ingin berarung jeram di waktu-waktu liburan yang dipastikan padat pengunjung.

Menguji nyali dengan berarung jeram di Sungai Palayangan

Sudah dijelaskan di atas bahwa arung jeram termasuk olahraga air yang cukup ekstrem. Dikatakan ekstrem karena memang tergolong berbahaya untuk dilakukan. Hanya orang-orang bernyali besar saja mau dan mampu melakukannya. Sementara yang bernyali kecil alias penakut, sudah pasti tak akan berani berarung jeram. Mereka berpikir menaiki perahu karet di arus sungai yang besar dan kuat seperti itu cukup gila untuk dilakukan. Apalagi mereka yang tidak bisa berenang pasti ketakutan terjatuh dan terseret arus sungai di situ, yang bisa berakibat kehilangan nyawa.

Next: Review Cisangkuy Market Bandung, Lokasi, Daftar Kuliner DLL

Memang benar, resiko terbesar berolahraga ekstrem seperti berarung jeram adalah kematian. Namun demikian, resiko tersebut bisa diperkecil atau diminimalisir dengan kehati-hatian saat melakukan kegiatannya. Caranya dengan memasang perlengkapan standar berarung jeram untuk melindungi tubuh. Sementara Anda yang belum bisa berenang, tak perlu khawatir karena duharuskan memakai jaket pelampung. Dengan begitu, saat terjatuh ke arus sungai tidak akan tenggelam, tetapi tetap mengapung di permukaan. Bukan hanya mereka yang tidak bisa berenang saja harus memakai jaket pelampung, tetapi semua orang atau peserta yang berarung jeram tanpa terkecuali. Pasalnya, jaket pelampung merupakan peralatan wajib yang harus dipakai seluruh pesertanya sebelum berarung jeram.

Jadi, Anda tak perlu khawatir atau takut untuk berarung jeram. Apalagi instruktur yang mendampinginya sudah profesional dan berpengalaman, sehingga bisa menangani kemungkinan-kemungkinan terburuk sekalipun. Maka dari itu, silakan mencoba Arung Jeram Sungai Palayangan yang kegiatannya sudah berstandar internasional. Peralatan yang digunakan memadai dan layak dipakai. Instruktur pendampingnya juga sudah terbukti profesional dan berpengalaman. Dengan begitu, Anda sekalian yang berarung jeram bisa merasa aman, nyaman, senang saat melakukannya.

Lalu, berapa tarif berarung jeram di Sungai Palayangan?

Untuk bisa berarung jeram di Sungai Palayangan, tentu saja tidak gratis. Anda diharuskan membayar sebesar Rp 150 ribu per orang, dengan peserta arung jeram minimal 6 orang. Jika belum ada 6 oranng, berarti belum bisa berarung jeram dan Anda harus menunggu atau mencari tambahan orang lagi. Maka dari itu, jangan sendirian atau berduaan saja saat mengunjungi Sungai Palayangan untuk berarung jeram. Ajaklah seluruh anggota keluarga tercinta dan orang terdekat ke sana, sehingga bisa bersenang-senang bersama sembari menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Dijamin, Anda tak akan kecewa dan menyesal saat liburan ke sana. Jangan lupa membawa peralatan gadget, seperti smartphone atau sejenisnya untuk merekam segala aktivitas berarung jeram.

Next: Review Taman Film Bandung, Wisata Kekinian Paling Mengasyikkan

Demikianlah informasi mengenai wisata Arung Jeram Sungai Palayangan yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Selamat berlibur dan menguji nyali di Sungai Palayangan.

Liburan Menantang di Arung Jeram Sungai Palayangan, Seru+Tegang! | wowman99 |