Review Babakan Siliwangi Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL

Review Babakan Siliwangi Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL

Apakah Anda mengetahui perihal Babakan Siliwangi (Baksil) Bandung? Ataukah Anda sudah pernah mengunjunginya atau belum? Jika sudah, tentu saja Anda bisa berbicara dan bercerita banyak mengenai tempat wisata yang satu ini. Pasalnya, Anda sudah mempunyai pengalaman ke sana. Sementara itu, Anda yang belum pernah ke sana perlu mengetahui informasinya lebih lengkap dan valid. Maka dari itu, sudah tepat Anda membaca tulisan ini hingga tuntas karena akan membahas mengenai hal tersebut.

Perlu Anda ketahui bahwa Babakan Siliwangi lebih dikenal dengan sebutan Basil bagi masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya. Mereka tentu sudah mengenal Basil sebagai tempat umum yang asik untuk nongkrong, berolahraga, jalan-jalan, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Babakan Siliwangi merupakan ruang terbuka hijau yang berlokasi di tengah Kota Bandung. Oleh karena itu, sangat mudah dijangkau oleh masyarakat Bandung yang ingin sekedar menghabiskan waktu liburannya di sana.

Baca juga: Review Sanghyang Heuleut Bandung, Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi DLL

Jadi, jangan heran jika pada akhir minggu di Babakan Siliwangi begitu ramai oleh pengunjung. Mulai dari balita, anak-anak, hingga orang tua mengunjunginya karena tempatnya sangat mengasikkan. Begitu hijau, segar, dan asri. Sangat cocok untuk dijadikan tempat refreshing bagi warga Kota Bandung. Oleh karena itu, Anda yang belum pernah mengunjunginya silakan untuk merencanakannya ke sana. Jangan pergi ke Babakan Siliwangi sendirian. Ajaklah serta seluruh anggota keluarga tercinta dan orang-orang terdekat.

Lalu, apa lagi informasi yang perlu diketahui mengenai Babakan Siliwangi Bandung sebagai bahan referensi sebelum benar-benar mengunjunginya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Babakan Siliwangi Bandung

Babakan Siliwangi berlokasi di Kelurahan Babakan Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Untuk bisa menjangkaunya, sangat mudah karena berada di pusat kota dan termasuk salah satu tempat nongkrong sekaligus berolahraga yang populer di Bandung. Anda yang berlibur di Bandung jangan sampai melewatkan untuk mengunjunginya. Jika sudah sampai di Kota Bandung dan belum mengetahui lokasinya, silakan bertanya saja kepada masyarakat sekitar. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengaktifkan fitur GPS pada gadget yang dibawa masing-masing.

Sudah disinggung di awal tulisan bahwa Babakan Siliwangi Bandung merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Salah satu fungsinya adalah sebagai paru-paru kota karena di dalamnya terdapat banyak tumbuhan dan tanaman dengan beragam jenis dan macamnya. Mulai dari tanaman yang berukuran kecil hingga besar ada. Semua tanaman dan pohon tersebut khususnya di siang menghasilkan Oksigen yang melimpah.

Baca juga: Review Lereng Anteng Panoramic Coffee Place, Harga Tiket, Lokasi DLL

Oksigen itulah yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Semakin banyak pohon yang hidup maka semakin berlimpah juga Oksigen yang dihasilkan. Maka dari itu RTH Babakan Siliwangi hingga sekarang terus dijaga dan dipertahankan. Fungsi lainnya adalah menjadi penyeimbang dari polusi udara di Kota Bandung yang semakin meningkat.

Hutan Babakan Sebagai Filter Polusi Udara

Terutama polusi udara yang dihasilkan dari meningkatnya kepemilikan kendaraan bermotor oleh masyarakat Bandung pada umumnya. Semakin banyak kendaraan bermotor yang dimiliki, otoomatis smakin banyak pula kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di jalan raya. Dengan begitu, tingkat polusi udaranya juga semakin parah. Jika tidak diantisipasi dengan RTH seperti di Babakan Siliwangi, kualitas kesehatan masyarakat Kota Bandung semakin rendah.

Diketahui bahwa Babakan Siliwangi mempunyai luas lahan sekitar 3,8 hektar, yang di dalamnya terdapat beragam spesies flora dan fauna yang hidup secara bebas. Tidak boleh dirusak atau diburu karena benar-benar dilindungi. Anda bisa masuk ke dalamnya untuk sekedar berjalan-jalan dan menghirup udara segar di antara banyak pohon yang tumbuh rindang di situ. Anda juga bisa berolahraga dengan berjalan cepat atau mungkin jogging karena sangat mendukung kegiatan tersebut.

Pasalnya, tidak ada kendaraan bermotor yang boleh masuk ke dalamnya. Semua pengunjung hanya diperbolehkan berjalan kaki atau mungkin bersepada saja. Bahkan, ada juga larangan merokok di dalamnya. Jadi, Anda yang mungkin masih merokok jangan sampai menyalakan rokok saat berada di dalam Babakan Siliwangi karena ada larangan. Hal tersebut untuk menjaga kualitas udara dan kebersihan lingkungan di Babakan Siliwangi Bandung. Dengan begitu, tempat wisata yang satu ini bisa selalu aman dan nyaman untuk dikunjungi oleh banyak orang tanpa terkecuali.

Hutan kota kebanggaan masyarakat Bandung

Mungkin salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki RTH atau bisa disebut hutan kota dengan lahan cukup luas, serta kualitas lingkungannya yang masih terjaga baik hingga sekarang. Hanya Kota Bandung yang memilikinya dan sepertinya belum ada kota besar lainnya di Indonesia yang memilikinya. Maka dari itu, masyarakat Bandung sudah selayaknya dan sepantasnya bangga dengan hutan kota yang dimilikinya tersebut. Sebelumnya, semua orang bisa masuk dan mengakses hutan kota tersebut secara gratis karena tidak dipungut biaya satu rupiah pun di sana. Namun dalam perkembangannya, hutan kota Babakan Siliwangi Bandung dikomersilkan karena Pemkot Bandung menggandeng pihak swasta untuk melakukan pengembangan di Babakan Siliwangi.

Baca juga: Review Kampung Gajah Wonderland, Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas DLL

Dengan kerja sama tersebut, dimulailah pengembangan Babakan Siliwangi sebagai salah satu tempat wisata andalan di Bandung. Di dalamnya dibangun beragam fasilitas pendukung wisata yang dibutuhkan oleh para pengunjung. Misalnya, toilet, tempat duduk, tempat beristirahat, mushola, dan lain sebagainya. Dikarenakan sudah menjadi tempat wisata yang dikelola secara profesioal oleh pihak swasta, maka setiap orang yang ingin masuk ke dalamnya harus membayar tiket masuknya terlebih dulu. Harga tiketnya cukup murah, yaitu Rp 3000 per orang.

Dalam perkembangan selanjutnya, terjadi kontroversi dan polemik di tengah masyarakat. Ada yang berpendapat Babakan Siliwangi berfungsi sebagai hutan kota dan paru-paru kota seperti dulu lagi, tanpa ada komersialisasi di dalamnya. Ada juga yang berpendapat masih setuju Babakan Siliwangi dikelola oleh pihak swasta sebagai tempat wisata karena menjadi lebih baik dan juga bisa menyumbang kas daerah. Polemik tersebut berakhir setelah Pemkot Bandung memutus kerja sama dengan pihak swasta dalam pengelolaan Babakan Siliwangi.

Hutan Kota Yang Sangat Penting Fungsinya

Dengan begitu, Babakan Siliwangi dikelola sendiri oleh pemkot dan difungsikan murni sebagai hutan kota sampai sekarang. Semua orang bisa masuk dan mengakses Babakan Siliwangi tanpa harus membayar tiketnya alias gratis. Tentu saja keputusan tersebut disambut gembira masyarakat Bandung pada umumnya. Mereka bisa kembali lagi masuk, berinteraksi, dan berkegiatan di dalam Babakan Siliwangi Bandung seperti yang diinginkan.

Akan tetapi, ada tanggung jawab besar untuk menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan di Babakan Siliwangi secara bersama-sama. Silakan berkegiatan seperti yang diinginkan, asalkan tidak mengganggu ketertiban apalagi melanggar hukum. Untuk bisa menjaganya, pihak pemkot sudah memasang beberapa kamera CCTV di beberapa titik di dalam hutan kota Babakan Siliwangi. Dengan begitu, tiap aksi yang disinyalir melanggar ketertiban atau hukum bisa terekam serta bisa ditindaklanjuti.

Next: Review Tebing Citatah Bandung, Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas DLL

Demikianlah informasi mengenai Babakan Siliwangi Bandung sebagai salah satu tempat wisata di Kota Kembang yang bisa Anda kunjungi. Selamat berlibur dan bersenang-senang di Bandung.

Review Babakan Siliwangi Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL | wowman99 |