Bagaimana Membuat Koreografi Senam Lantai

Bagaimana Membuat Koreografi Senam Lantai

Senam lantai adalah kegiatan yang gerakannya dilakukan di atas lantai di sebuah area berukuran 12 meter persegi. Area ini ditutupi oleh sejenis kain atau karpet, biasanya terbuat dari sejenis kain atau karpet, dengan bantalan. Tidak ada alat yang digunakan dalam senam lantai ini. Gerakan-gerakan yang biasa dilakukan oleh pesenam pria biasanya berdurasi sekitar 50-70 detik.

Senam ini membutuhkan serangkaian gerakan yang memadukan elemen dari fleksibilitas, kekuatan, lompatan, menahan gaya, dan keseimbangan serta manuver-manuver lain. Keseluruhan gerakan harus ditampilkan sesuai ritme dan harmoni, dan pesenam harus bergerak ke arah yang berbeda-beda, menggunakan hampir keseluruhan dari area yang diberikan.

Salah satu hal yang menarik setelah mencapai tingkat 7 dalam senam lantai wanita adalah kemampuan membuat gerakan senam lantaimu sendiri. Di beberapa tempat, gerakan-gerakan ini akan dibuat oleh seorang koreografer, namun di tempat lain, gerakan-gerakan dapat dibuat oleh pelatih, bahkan mungkin dibuat oleh sang pesenam itu sendiri.

Langkah-langkah membuat koreografi senam lantai:

  • Pilih musik yang kamu sukai. Jika kamu kehilangan inspirasi, carilah di situs-situs musik seperti iTunes. Kamu juga bisa mendapat ide dari acara TV, drama panggung, kompetisi senam atau ice skating, pertunjukan tari, dan lain-lain. Kamu membutuhkan lagu tanpa lirik (lagu dengan nyanyian akan mengurangi nilai). Jika kamu menemukan lagu yang tepat namun memiliki nyanyian di dalamnya, cobalah mencari nama lagu tersebut dengan tambahan “instrumental” atau “karaoke” di belakangnya.
  • Setelah memilih musik yang kamu sukai, tentukan bagian mana dari musik tersebut sesuai dengan panjang durasi senam lantai. Waktu maksimal untuk koreografi senam lantai adalah satu menit dan tiga puluh detik, tapi satu menit adalah yang terbaik.
  • Lalu, tulis semua gerakan yang harus ditampilkan pada koreografi itu. Kehilangan salah satu gerakan ini berarti pengurangan nilai. Jangan tambahkan gerakan tambahan yang tidak perlu jika kamu tidak benar-benar bisa melakukannya.
  • Periksa peraturan dan syarat kompetisi dan pastikan kamu tidak menampilkan gerakan yang tidak diizinkan pada tingkatanmu. Hal ini akan menghasilkan pengurangan nilai yang besar atau membatalkan penampilanmu. Mungkin juga ada batasan pada berapa jumlah gerakan sulit yang dapat digunakan – setelah dibatasi, tingkat kesulitan dari gerakanmu tidak akan dihitung, tapi jika kamu tidak menampilkannya dengan tepat, kamu akan tetap mendapat pengurangan nilai!
  • Tentukan berapa kali tumble pass yang harus kamu lakukan (biasanya selalu tiga kali untuk kompetisi non-elit) dan lakukan koreografimu berdasarkan hal ini. Sebagai contoh, lakukan tumble pass pertama di awal penampilan, lalu dilanjutkan dengan tumble pass kedua, dan seterusnya. Masukkan kemampuanmu yang lain selain tumble pass di area-area antara ini.
  • Jika kamu butuh ide untuk gerakan tari, tontonlah video musik, penampilan tari, atau latihan pesenam lain atau tanyakan pada seorang penari yang kamu kenal.

Bagaimana Membuat Koreografi Senam Lantai | wowman99 |