Batu Bacan, si Cantik yang Misterius dan Memikat Jiwa

Batu Bacan, si Cantik yang Misterius dan Memikat Jiwa

Batu Bacan, yang merupakan batu mulia yang berasal dari Ternate merupakan salah satu batu yang masih terasa kental misterinya. Batu yang banyak ditemukan di Pulau Bacan, Ternate ini merupakan batu yang sangat terkenal di tempat aslinya. Batu ini juga hanya bisa ditemukan di tempat ini, dan tidak akan bisa ditemukan lagi di tempat lain di muka bumi.

Misteri yang tersembunyi di baliknya adalah karena banyak masyarakat setempat yang mengatakan bahwa batu ini terasa hidup. Yang dimaksud adalah bahwa batu ini terkadang dirasa berubah-ubah, contohnya berubah warna. Ada kalanya batu ini yang awalnya berwarna hijau muda, akan berubah menjadi warna hijau yang sangat tua. Tidak ada yang mengetahui mengapa perubahan warna ini bisa terjadi, namun warna ini menjadi acuan untuk menentukan harga jual batu Bacan ini. Semakin gelap warna batunya, harga jualnya akan menjadi lebih mahal.

Ibu kota Pulau Bacan adalah kota Labuha, ibukota kabupaten Halmahera Selatan. Di pulau ini dapat ditemukan banyak pohon buah-buahan, hasil laut baik ikan, mutiara, rumput laut, maupun teripang. Selain itu, pulau ini juga merupakan penghasil cengkeh, coklat kopra dan pala.

Batu Bacan termasuk dalam kelompok batu Chrysocolla. Batuan jenis Chrysocolla sendiri merupakan kelompok batu yang memiliki aura kedamaian. Batu ini dikenal dapat membantu meredakan dan menenangkan stress, membawa kelembutan. Chrysocolla perlahan dapat melepaskan energi negatif dari segala hal dan sangat membatu dalam masa-masa sulit, seperti patah hati dan kehilangan pekerjaan, serta hal-hal serupa lainnya. Karena itulah Chrysocolla dapat membantu menenangkan emosi dan memberi pengertian dalam sebuah hubungan.

Batu Chrysocolla adalah batu yang indah saat digunakan, secara rutin, sebagai batu pendukung. Batu ini membantu menghadapi tantangan dan perubahan dengan mudah. Chrysocolla memberi inspirasi, kreativitas, keseimbangan dalam diri, serta perhatian pada diri sendiri. Chrysocolla dapat digunakan saat marah dan merasa bersalah. Batu ini akan secara perlahan-lahan membantu kesadaran dan pengertian dari proses ini dan membawa energi maaf, cinta dan kegembiraan. Chrysocolla adalah batu yang berharga karena memberikan ketenangan mental.

Batu Bacan terbagi menjadi dua jenis. Batu Bacan Doko, yang biasanya berwarna hijau, berasal dari daerah Doko; sedangkan Batu Bacan Palamea, yang biasanya berwarna hijau kebiruan berasal dari daerah Palamea. Keduanya merupakan batu permata yang berasal dari Pulau Bacan. Batu ini disebut blue jade atau jade di luar negeri, sehingga terkadang disebut juga sebagai Giok Indonesia.

Karena batu ini hanya berasal dari satu tempat, saat ini persediaannya telah berkurang dibanding saat pertama kali ditemukan. Disebutkan bahwa lubang galian batu Bacan ini telah sedalam 135 meter di bawah permukaan laut dan keberadaannya menjadi sangat langka.

Batu Bacan, si Cantik yang Misterius dan Memikat Jiwa | wowman99 |