Apa Itu Batu Mulia? Baca Info dan Detail Lengkap Disini

Apa Itu Batu Mulia? Baca Info dan Detail Lengkap Disini

Pernahkan kamu melihat sebuah berlian pada sebuah cincin? Sebuah batu opal pada kalung? Anting mutiara? Permata, opal, dan mutiara adalah jenis-jenis dari batu mulia. Sebuah batu mulia adalah sebuah mineral, batu, atau bahan organik yang digunakan untuk perhiasan, ornamen, atau seni. Sebuah batu mulia, seperti berlian, adalah sebuah batu mulia yang harus dipotong dan dipoles agar keindahannya terlihat. Opal dan mutiara dapat dibentuk menjadi perhiasan atau seni tanpa harus dipotong atau dipoles.

Batu mulia bisa ditemukan di banyak lokasi di seluruh dunia. Batu permata ditemukan di kedalaman bumi pada sebuah batu yang disebut kimberlite. Tourmaline dan beryl ditemukan di aliran sungai setelah tererosi dari batu sekitarnya. Garnet biasanya ditemukan di batu yang disebut gneiss, yang telah dipanaskan pada temperatur tinggi.

Batu mulia dibedakan dengan gravitasi, tingkat kekerasan dan warna yang berbeda-beda. Semua faktor ini dapat ditemukan pada mineral.

Gravitasi

Gravitasi tertentu adalah sebuah ukuran seberapa beratnya mineral daripada air. Tourmaline memiliki gravitasi 3.03 sampai 3.25. Ini berarti Tourmaline sedikit lebih berat tiga kali lipat daripada air.

Tingkat Kekerasan

Tingkat kekerasan menentukan daya tahan mineral terhadap goresan. Ahli geologi menggunakan unit pengukuran yang disebut skala Mohs untuk mendeskripsikan tingkat kekerasan sebuah mineral.

Berikut adalah tabel tingkat kekerasan dari batu mulia:

Mineral
Hardness
Talc
1
Gypsum
2
Calcite
3
Fluorite
4
Apatite
5
Feldspar
6
Quartz
7
Topaz
8
Sapphire
9
Diamond
10

Dapat dilihat bahwa tingkat kekerasan Topaz adalah 8 dalam skala tersebut. Hal ini berarti Topaz lebih keras daripada apapun kecuali Safir dan Berlian.

Warna

Bagaimana caramu menggambarkan Turquoise? Kamu mungkin akan mengatakan biru-hijau. Batu mulia digambarkan berdasarkan warnanya karena ini adalah karakteristik yang sangat berguna. Berlian sangat jernih, namun dapat saja berwarna kuning, merah muda, atau bahkan hitam.

Bagaimana Batu Mulia Terbentuk?

Batu mulia terbentuk melalui beberapa cara yang spesifik dan berbeda-beda. Warna-warna mereka biasanya adalah hasil dari komposisi kimia yang terjadi saat mereka terbentuk.

Turquoise

Turquoise terbentuk ketika air bergerak melalui sebuah batu yang memiliki tembaga, aluminium dan fosfor. Turquoise biasanya ditemukan di lingkungan gersang atau gurun, seperti bagian Barat Daya Amerika Serikat. Kamu mungkin sudah mengenal perhiasan indah milik Suku Asli Amerika Barat Daya, yang biasanya terbuat dari turquoise.

Lapis Lazuli

Lapis Lazuli terbentuk ketika magma di bawah permukaan bumi menembus batu yang ada di jalannya. Magma tersebut sangat panas sehingga batu tersebut meleleh lalu membeku. Proses ini membentuk sebuah batu berwarna biru gelap, Lapis Lazuli, yang mengandung mineral lazurite, pyrite, dan calcite.

Garnet

Garnet biasanya terbentuk pada batu panas yang telah bermetamorfosis dalam tekanan besar. Garnet terbentuk dalam berbagai macam warna. Warnanya tergantung dari komposisi kimia campuran mineral yang meleleh di dalamnya lalu membeku. Garnet merah, atau pyrope, mendapatkan warnanya dari magnesium silicate, campuran kimia yang meleleh ketika batu ini terbentuk.

Apa Itu Batu Mulia? Baca Info dan Detail Lengkap Disini | wowman99 |
error: Content is protected !!