Batu Permata: Keindahan Untuk Sebuah Ukiran Alam

Batu Permata: Keindahan Untuk Sebuah Ukiran Alam

Kita biasanya memiliki semacam harapan untuk hadiah yang kita inginkan. Kita menginginkan hadiah yang berbeda dari biasanya dan jarang dimiliki orang lain; kita menginginkan hadiah yang dapat dikenang sepanjang hidup dan membawa kebahagiaan. Saat ini, hadiah biasanya bermacam-macam berdasarkan ide dari pemberinya (dapat berupa segala jenis benda) seperti alat elektronik, pakaian, parfum dan lain-lain. Namun, apakah hadiah tersebut langka? Tentu tidak, kecuali satu benda, yaitu batu permata.

Batu permata dapat menjadi pilihan hadiah yang tepat karena memiliki berbagai macam jenis. Bagi Anda yang merasa batu permata adalah pilihan yang terlalu mewah, Anda dapat menggantinya dengan batu semi-permata. Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap batu permata memiliki energi yang dapat mempengaruhi pemiliknya. Energi tersebut mungkin saja, contohnya, membantu kesuksesan bisnis, membantu penyembuhan, membantu kisah cinta Anda, atau cukup menjadi batu pelindung atau perhiasan.

Setiap orang memiliki batu yang cocok untuk dirinya, berbagai jenis batu seperti malachite, charoite, jasper, amber, serpentine, agate dan lain-lain. Faktanya, kebanyakan batu permata yang digunakan sebagai perhiasan telah dirawat untuk menambah daya tariknya. Hal ini bukanlah hal yang buruk, karena batu permata yang telah melalui perawatan adalah pilihan yang baik – batu ini seharusnya lebih terjangkau daripada batu yang belum dirawat meskipun keduanya memiliki kualitas kemurnian yang hampir sama. Apakah Anda sudah mengetahui perawatan umum untuk batu permata Anda? Berikut adalah panduannya, ada yang merupakan perawatan permanen, namun ada pula yang tidak.

Beberapa metode yang umum dilakukan untuk memperindah batu permata:

  1. Pemanasan dan radiasi biasa digunakan untuk mengubah atau memperkuat warna batu permata.
  2. Difusi digunakan untuk memperdalam warna batu permata, namun sebenarnya ini hanya mengintensifkan lapisan luar batu permata tersebut.
  3. Minyak dan lilin membuat batu permata terlihat lebih kaya warna – pelapisan ini dapat menutup retakan lembut di permukaan, dan menyamarkannya untuk sementara.
  4. Resin epoxy bening/berwarna atau zat lain digunakan untuk menutup retakan yang lebih besar. Perawatan ini menutup retakan, dan meningkatkan penampilan batu permata, serta lebih tahan lama dibanding minyak.
  5. Pengeboran laser menghilangkan noda, meningkatkan tingkat kejernihannya.

Beberapa perawatan di atas adalah perawatan permanen, tapi beberapa lainnya tidak. Perawatan pemanasan bisa termasuk keduanya, karena perawatan ini mengubah warna secara permanen di beberapa batu permata namun hanya merupakan perubahan sementara di batu permata lainnya.

Selalu tanyakan apakah perhiasan yang ingin dibeli menggunakan batu permata yang sudah dirawat atau tidak. Jika iya, tanyakan perawatan apa yang telah digunakan dan apakah perawatan tersebut memiliki garansi permanen.

Banyak dari batu permata saat ini adalah batu permata sintetis – dibuat di laboratorium. Konfigurasinya cocok dengan batu permata asli, namun biasanya lebih ‘sempurna’. Batu permata buatan lab dapat menjadi pilihan bagus jika harganya tepat dan asalnya diketahui.

Batu Permata: Keindahan Untuk Sebuah Ukiran Alam | wowman99 |
error: Content is protected !!