Cara Mengenali Batu Giok Asli

Cara Mengenali Batu Giok Asli

Batu giok telah menjadi bagian yang sangat penting dalam peradaban Cina kuno dan kultur batu giok Cina memiliki sejarah luar biasa selama tujuh ribu tahun. Batu giok melambangkan keberuntungan, kedamaian dan kebahagiaan bagi masyarakat Cina, hal-hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Ada dua jenis batu giok yang dinilai dari tingkat kekerasannya. Salah satunya adalah batu giok lembut yang berasal dari Xinjiang, Cina.

Yang lainnya adalah batu giok keras yang berasal dari Myanmar. Selain itu, batu giok juga dapat digunakan untuk tujuan pengobatan. Batu giok dapat membantu menahan serangan panas dan membantu melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, masyarakat Cina memiliki pepatah yang berbunyi “Emas sangat bernilai, batu giok tidak dapat ternilai”.

Batu giok adalah batu indah yang dapat berwarna hijau, jingga, atau putih. Jika Anda ingin membeli batu giok atau memiliki batu giok kuno, Anda harus dapat mengetahui apakah Anda mengenali batu giok yang asli.

  1. Langkah pertama adalah biasakan diri dengan batu giok asli. Hanya batu giok jadeite dan nephrite yang dianggap sebagai batu giok asli. Batu giok yang paling mahal dan paling dicari adalah batu giok jadeite (Burmese Jadeite, Burma Jade, Imperial Jade, atau Chinese Jade) yang biasanya berasal dari Myanmar (sebelumnya dikenal dengan Burma), tapi ada sejumlah kecil batu giok yang ditambang dari Guatemala, Meksiko, dan Rusia. 75% batu giok dunia berasal dari tambang-tambang yang berasal dari British Columbia dalam bentuk nephrite, tapi juga ditemukan di Taiwan, serta Amerika Serikat dan (sejumlah kecil) di Australia.
  2. Langkah kedua, selain membiasakan diri dengan batu giok asli, biasakan diri pula dengan batu giok imitasi. Bahan-bahan yang tidak dianggap sebagai batu giok termasuk di antaranya:
    ♦ Greenstone Selandia Baru atau Pounamu yang memiliki nilai penting bagi suku Maori. Masyarakat Maori mengenal empat jenis utama pounamu, yang dibedakan berdasarkan warna dan kejernihannya: kawakawa, kahurangi, inanga. Kesemua batu tersebut termasuk dalam nephrite. Jenis keempat dari batu-batu pounamu ini adalah tangiwai yang berasal dari Milford Sound yang, meskipun berharga, sebenarnya termasuk dalam bowenite dan dianggap sebagai batu giok asli di mata dunia.
    ♦ Serpentine (“Batu Giok Baru” atau “Batu Giok Olive”)
    ♦ Prehnite
    ♦ Aventurine quartz
    ♦ Grossular garnet (“Transvaal jade”)
    ♦ Chrysoprase (“Batu giok Australia” – kebanyakan berasal dari Queensland, Australia)
    ♦ Batu giok Malaysia (batu kuarsa yang diwarnai secara permanen dan dinamai sesuai warnanya – Batu Giok ♦Merah, Batu Giok Kuning, Batu Giok Biru)
    ♦ Opaque dolomite marble (“Batu Giok Pegunungan” – berasal dari Asia, diwarnai dengan warna-warna cerah)
  3. Langkah ketiga, lihatlah batu giok tersebut pada cahaya yang terang. Sebisa mungkin, periksa struktur internalnya dengan loupe 10X. Jika Anda melihat serat atau butiran, dan terasa seperti, seperti jalinan asbes, maka batu tersebut kemungkinan besar adalah nephrite atau jadeite asli. Chrysoprase, sebaliknya, adalah mikrokristalin, sehingga terlihat homogen.

Cara Mengenali Batu Giok Asli | wowman99 |