Cerpen Cinta: Ketika Jodohmu Menjadi Kenangan

Cerpen Cinta: Ketika Jodohmu Menjadi Kenangan

Ketika Jodohmu Menjadi Kenangan

Cerpen adalah salah satu bentuk narasi yang berisi tentang karya fiktif, imajinatif, dan pendek. Unsur dalam cerpen sama seperti karya narasi lainya yaitu terdapat tema, tokoh, watak, setting, alur, sudut pandang. Membuat cerpen tidaklah sulit asal kita tahu terlebih dahulu tema apa yang akan kita buat. Misal tentang romansa, komedi dsb. Disini saya akan memberikan salah satu contoh cerpen bertemakan cinta yang menceritakan perjalanan sepasang kekasih yang dia yakini mereka berjodoh dan menikah ternyata keyakinan itu tak seperti yang diinginkan.

Ketika orang yang mencintaimu tak lagi mencarimu ketahuilah satu hal kalau ada orang yang telah membuat hidup kita bermakna yaitu kita pernah dicintai dan merasakan terluka daripada tidak sama sekali…

Pagi ini tepat pukul 05.30 udara Malang masih terlalu dingin untuk membuka mata. Badan rasanya berat untuk bangun, mata sembab menambah alasan untuk malas beranjak dari kasur. Tanpa tersadar handphone Naya berbunyi beberapa kali, ya itu cuma bunyi alarm yang berulang-ulang direjectnya. Lagu A Thausand Yearsnya Chritina Perri berkali-kali juga dia dengar dan diresapi yang tanpa tersadar membuat air mata Naya menetes di pipinya yang bersih itu. Dia hanya duduk dan menerawang jauh ke jendela kamarnya. Perkataan yang telah membuat Fajar pergi hanya membuat Naya sering merenung memikirkanya.

♦♦♦

Naya adalah seorang gadis yang kini sedang mengisi masa liburan karena menunggu dimulainya perkuliahan dengan bekerja di salah satu toko aksesoris. Naya beruntung mendapat pekerjaan itu dengan mudah. Pekerjaannya juga tidak berat, Naya hanya menjadi SPG dan bekerja 5 jam saja. Naya sangat menikmati pekerjaanya. Sedangkan Fajar adalah lelaki yang diidamkanya sejak semasa SMP. Kini Fajar juga sudah bekerja. Awalnya Naya tak mengira jika Fajar ternyata juga memiliki perasaan yang sama. Selama 2 tahun mereka memendamnya dan Naya hanya bisa mengaguminya lewat sebuah foto ujian Fajar yang dia temukan di kelas waktu itu, bertahun-tahun dia menyimpan foto itu didompetnya. Mereka akhirnya menjalin sebuah komitmen, tanggal 25 Juni 2009 adalah hari jadian mereka. Bagi Naya itu merupakan sebuah anugrah terindah dalam hidupnya karena dia bisa merasakan bagaimana rasanya dicintai dan mencintai.

♦♦♦

i have died everyday waiting for you

darling don’t be afraid i have loved you

for a thousand years

i love you for a thousand more

            Hati Naya seperti terbang melayang berbunga-bunga ketika dia teringat Fajar menyanyikan lagu ini untuknya. Dari awalnya yang handphone cuma nganggur, sekarang handphone berdering terus karena telepon dan sms dari Fajar. Dari yang tidak ada ngucapin selamat pagi, selamat tidur, jangan lupa sholat, jangan lupa makan, sekarang jadi ada yang ngucapin dan memperhatikan. Dari yang kemana-mana gak bawa handphone sekarang dimanapun dan kapanpun harus dan wajib bawa handphone hahaha….namanya saja lagi dimabuk asmara. Nah Naya juga seperti itu !

            Naya merasa hidupnya sempurna saat itu. Dialah merasa beruntung mendapatkan Fajar

“Fajar tau gak kenapa aku bisa suka dan mengagumi kamu?” tanya Naya.

“Hmm kenapa?”

“Aku juga gak pernah tau..bagiku nemuin satu alasan saja aku gak bisa”

“Hmm kok bisa , lalu ?”

“Karena mencintaimu itu tak pernah beralasan dan tetaplah sederhana seperti ini”

“Aku merasa bahagia Nay sama kamu”

“Aku harap kita bisa selamanya ya Fajar”

Mereka berdua hanya bisa tersenyum dan tangan  bergenggaman erat di sore senja itu.

♦♦♦

3 bulan telah berlalu. Naya mulai merasa hubungannya tak semanis dulu lagi. Semuanya berawal dari sebuah reuni. Ya ajang reuni yang hanya ingin memerin status jomblo atau tidak dan selalu timbul pertanyaan “hai pacarmu sekarang siapa?” Ah lagu lama. Saat itu tepat setelah hari Raya Idul Fitri teman-teman SD Naya ngadain acara reuni kecil-kecilan. Naya nyempetin dateng waktu itu dan bertemu teman Sdnya dulu namanya Bagas. Naya tercengang ngeliat Bagas

“Waw..Bagas kenapa manis sekali………aaaaaaakkkk” pikirnya dalam hati.

“Hai Nay, kamu semakin manis saja” puja Bagas

“Ah.. Bagas bisa aja” sambil tersipu malu

Berjam-jam mereka bersama bernostalgia sambil makan mi pangsit berdua dan bercanda, Naya mempunyai hasrat untuk foto bersama Bagas.

“Bagas yuk foto bareng buat kenang-kenangan”

“Emang pacar kamu gak marah ntar kita foto bareng ?”

“Ah gapapa kan kita cuma temen gas”

“Hmm iya temen kok kita yaa..hehehe”

Akhirnya mereka pun foto bereng dan itu sangat romantis sekali kerena Naya tak menyadari bahwa dia sedekat itu bersama Bagas. Dari sinilah mulai merasakan hal-hal kecil yang membuatnya ingin bersama Bagas.

Ndreeeet…ndreeeeet…Handphone Naya berbunyi. One Mesagges from 0857569xxx. “Siapa ya ini? Kirain Fajar” celetuk hati Naya.

“Malam Naya”

“Siapa ya?”

“Aku Bagas J”

“Hey Bagas, dapet  nomerku dari mana?” balas Naya dengan semangat 45 deh

 blaaa…blaaa…blaaa….dan mereka jadi keseringan smsan tanpa disadari bahwa Fajar masih mencintai Naya dan Naya mencintai Fajar.

Suatu ketika hujan lebat mengguyur Malang. Naya terkejut dengan kehadiran Bagas yang tiba-tiba muncul di depan sekolahnya untuk menjemputnya pulang. Ketika sampai dirumah Naya masih dibuat terkejut oleh Bagas yang menyatakan cintanya pada Naya. Naya bingung dan tak tau harus berkata apa. Naya memendam semua ini agar Fajar tidak tahu kalau dia ada hubungan dengan Bagas.

Sementara hubungan Naya dan Bagas juga selalu pasang surut dan mulai dirasa pahit. Mereka jadi sering berantem dan bahkan sering mengeluarkan kata-kata  putus. Naya mulai menampaknya sifat buruknya begitu juga Fajar, terkadang mereka tak mau ada yang mengalah.

♦♦♦

“Fajar.. aku minta maaf sepertinya aku tidak bisa ngelanjutin hubungan ini” pinta Naya

“Haah? Maksut kamu?”

“Ya aku mau kali ini kita bener-bener putus ”

“Nay aku gak bisa putus sama kamu Nay”

Setelah Naya memutuskan Fajar, seminggu kemudian dia mendengar kabar bawa Fajar sakit dan harus dirawat dirumah sakit. Naya yang masih perhatian ingin menjenguk Fajar. Namun hati Fajar sudah terlanjur sakit dengan sikap Naya dan bersihkeras untuk tidak dijenguk Naya. Naya kecewa dia mencoba membenci Fajar dan memulai hubungan dengan Bagas. Tapi Naya gak bisa membohongi perasaanya, cinta tulusnya hanya buat Fajar. Sayangnya saat Naya ingin kembali kepada Fajar dia telah memiliki kekasih lain.

“Haloo Fajar…”

“Iya Nay ada apa?”

“Bener kamu jadian sama Rosa?”

“Kamu jahat Fajar.. aku gak pernah cinta Bagas setulus kamu”

“Kamu juga jahat Nay.. kamu gak pernah memandang ketulusan cintaku malah kamu pacaran sama Bagas”

“Aku mau kita kembali” pinta Naya

“Gak bisa Nay.. aku harus ngejaga Rosa”

“Kamu cinta Rosa ?”

“Enggak Nay”

“Lalu kenapa kamu…..”

“Ssstt Nay tolong dengerin aku..aku cuma ingin buktiin kalau aku juga bisa ngejalin hubungan dengan orang lain kayak kamu..kamu cinta kamu tapi aku gabisa balik lagi sama kamu..aku gamau nyakitin Rosa.. lebih baik disakitin Nay daripada menyakiti..”

“Maaaaaaaaafin aku Fajar, aku masih sayang kamu bangeeet”

Tuuuut…tuuuut…tuuuut…

♦♦♦

Hari demi hari berlalu, Naya harus tetap sekolah dan menjalani aktivitas seperti biasanya tanpa ada lagi Fajar. Hati Naya miris melihat akun facebook Fajar yang sedang ber-relationship-an dengan Rosa. Rasanya cemburu buta banget. Tiap hari pekerjaan Naya nyetalking facebook Fajar. Mulai status, foto, wall. Geramnya lagi kalau udah liat Rosa ngewall Fajar. Duh panas banget tuh hati.

“Duh secantik apa sih Rosa itu ?”. Geramnya sambil melototin foto Rosa

“iiiuuuh alay banget sih fotonya cantikan aku”. Puja Naya sendiri

Hati Naya makin tak karuan dan galau tingkat dewa yang maha dahsyat. Jari jemari sudah tak kuasa untuk tidak menghubungi Fajar. Dan akhirnya dengan tekad dan keberanian yang membara Naya mencoba mulai sms Fajar.

“Malem Fajar…”

Beberapa jam kemudian….

“Ada apa Nay?”

“Lagi pacaran ya?”

“Enggak kok kenapa ?” dan blaaaa…blaaaaa… dengan sejuta jurus aksi dan perhatian Naya mulai mencuri hati Fajar kembali. Mereka kembali lagi berkomunikasi.

Hingga suatu ketika…

Sorry..sorry dia mencintaiku lebih dari dia mencintaimu,

Ya sebait lagu inilah yang membuat Naya tertawa ala setan yang bahagianya tak karuan karena Fajar akhirnya lebih memilih Naya dan memutuskan Rosa. Cinta memang gak bisa dipaksain dan kita pun tidak bisa memilih kepada siapa kita akan jatuh cinta. Itulah yang dirasakan Fajar dan Naya.

♦♦♦

            Sehangat kopi dan semanis teh, seperti itulah hubungan mereka kembali lagi. Perasaan cemburu, dendam, marah, terluka, tersakiti ingin mereka buang dalam sebuah memori yang tidak perlu diungkit lagi tapi hanya perlu dikenang untuk sebuah pelajaran bahwa cinta tak harus dibagi dengan yang lain. Rasa curiga dan trauma yang masih menghantui menjadikan bumbu-bumbu cinta mereka yang membuat semankin dewasa. Tak terasa 3 tahun sudah mereka berpacaran dan saling mengenal. Naya merasa bahwa Fajarlah jodohnya, begitu sebaliknya. Naya merasa senang ketika dia diperkenalkan kepada keluarga Fajar dan Naya disambut dengan baik.

“Nay.. nikah yuk ?”

“Whaaaaaaaaaat? Serius ?”

“Iyaaa… J aku merasa aku nyaman sama kamu aku gak bisa dan gamau jatuh cinta sama wanita lain. Kamulah tulang rusuku Nay”

“Fajar… aku seneng banget kamu punya keseriusan sama aku. Aku juga merasa seperti itu gak bisa kalau gak sama kamu. Yuk nikah”

Perasaan Naya semakin berbunga-bunga mengetahui keseriusan Fajar. Lelaki yang diidamkan mengajaknya untuk menjalin sebuah keseriusan dan membawanya ke arah pelaminan.

♦♦♦

            Ujian lagi ujian lagi… Try out lagi try out lagi… ya namanya saja anak kelas 12 ya itulah makanan wajib kalau mau kelulusan. Naya bertempur dengan segala macam ujian dan Fajar fokus bekerja. Fajar selalu menyemangati Naya untuk bisa lulus dan lolos daftar perkuliahan. Adanya Fajar membuat Naya semangat untuk menggapai yang terbaik dan ternyata enegeri positif itu membuahkan hasil yang gemilang bagi Naya. Naya dinobatkan sebagai peraih nilai Ujian Nasional tertinggi di sekolahnya. Naya gembira bukan main apalagi dia mendapatkan jatah mengikuti SNMPTN jalur undangan. Naya tak menyia-nyiakan kesempatan ini dia memutuskan memilih mendaftar di Universitas Gajdah Mada Yogyakarta. Dia mulai berangan-angarn dan menceritakan cita-citanya pada Fajar. Dari sinilah Fajar mulai merasa minder dan tak pantas berdampingan lagi dengan Naya.

“Aku cuma lulusan SMK dan keryawan biasa Nay” keluh Fajar

“Loh ? Terus ? kamu kok ngomong gitu sih Fajar?”

“Aku merasa minder sama kamu”

“Fajar…jangan merasa gitu kita sama-sama dari keluarga sederhana aku begini ya kerana ada kamu yang semangatin aku. Aku gamau kamu merasa minder atau semacamnya. Kamu juga harus semangat bekerja buat masa depan kita nanti mulai zero to hero sayang” kata Naya dengan penuh optomis menyakinkan Fajar

“Iya Nay makasih ya udah nyemangatin. Kamu harus sukses Nay”

“Iya Fajar kamu juga ya sayang”

♦♦♦

                Malam itu tiba-tiba Fajar mengajak Naya bertemu. Naya sudah curiga dengan Fajar karena dia sudah tak menghubunginya selama 3 hari ini.

“Nay aku mau kita putus” kata Fajar

“Kamu ngajak ketemu cuma mau ngomong itu aja ? iya ?”

“Maaf Nay aku gak bisa ngelanjutin sama kamu”

“Lalu mana yang katamu sebuah keseriusan sebuah masa depan sebuah pernikahan?” tanya Naya sambil meneteskan air mata

“Maaf Nay aku minder sama kamu”

“Omongan kamu tuh gak bisa dipercaya ya kayak nasi yang dibiarin 2 hari Fajar basiiiiiiiiiiii…..” bentak Naya sambil lari dan meninggalkan Fajar.

♦♦♦

                          Hari ini adalah pengumuman seleksi SNMPTN jalur undangan. Hati dan pikiran Naya tak karuan menunggu hasil pengumuman itu. Dan ketika Naya melihat hasilnya ternyata takdir berkata lain “Maaf Anda Tidak Lolos Seleksi SNMPTN Undangan Tahun Ini” ya begitulah kalimat yang membuatnya nangis dan galau tidak karuan. Sudah jatuh eh tertimpa tangga pula pribahasa inilah yang cocok banget buat Naya, Sudah diputusin eh gak lolos snmptn undangan pula. Tapi hati Naya yang dulunya lembek cuma bisa mewek karena galau cinta kini dia menjadi lebih kuat dan tangguh setelah bekerja. Dia mulai bangkit untuk belajar dan move on untuk mengikuti SNMPTN jalur tulis. Saat bekerja di toko Naya tak lupa membawa buku kumpulan soal-soal SNMPTN. Waktu ujian yang tinggal beberapa minggu lagi dia manfaatkan dengan baik untuk bekerja sambil belajar. Ternyata Tuhan punya rencana lain Naya lolos SNMPTN jalur tulis dan di terima di Universitas Brawaijaya Malang. Naya kini telah membuktikan bahwa dia lebih kuat dan mampu melewati hari buruk tanpa Fajar. Tapi ya luka yang menganga masih terbuka lebar nih gara-gara Fajar. Sering galau tak menentu lah jadinya.

♦♦♦

                Hari demi hari berganti, tahun pun ikut berlalu dan selamat datang tahun 2013. Bagi Naya, Fajar tak pernah berlalu di hatinya meskipun cowok-cowok di kampusnya banyak yang lebih keren tapi Fajar tetap pemenang d hatinya…ecieeee. Suatu hari Fajar muncul di akun twitter dan memfollow Naya. Hati Naya pun riang gembira. Tak lama Naya berkomunikasi lagi dengan Fajar.

“Nay kamu tau gak kenapa aku dulu mutusin kamu?”

“Kenapa?”

“Aku…aku dulu disamping minder ya trauma”

“Terus kenapa sekarang muncul lagi Fajar?”

“Aku udah dijakarta Nay aku dapat kerja lebih baik dan aku janji pada diriku sendiri kalau aku sukses aku bakal mencarimu lagi”

“Kamu masih cinta aku ?”

“Sampek kapanpun aku bakal tetep cinta kamu Nay”

Dan kali ini Nay bener-bener gak bisa menolak Fajar untuk kembali padanya meskipun hatinya pernah terluka. Naya harus menjalani sebuah komitmen yang sering disebut long distance relationship ya itulah kenyataanya karena Naya di Malang dan Fajar di Jakarta. Ngejalanin hubungan jarak jauh membuat hati Naya tidak karuan apalagi kalau sudah merasakan kangen. Naya menjadi sering ngambek saat Fajar melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang membuat hatinya tak enak. Emosi, kangen, curiga itulah yang membuat Naya tak nyaman menjalani hubungan jarak jauh

♦♦♦

Fajar rasanya aku gakuat lagi ldr-an aku gak sanggup rasanya nunggu kamu pulang, lamaaa banget.

From : Naya

10/3/2013 20:19:60

Maaf kalau aku minta kamu ngejalani ldr-an, aku tau kamu akhir-akhir ini berubah Nay, ini toh sebabnya. Kamu sering marah-marah gak jelas sama aku, aku udah minta maaf dan mencoba sabar tapi kamu gak pernah mengerti Nay kamu selalu egois dan sekarang kamu mempermainkan komitmen kita. Kalau ini yang kamu mau silahkan. Aku capek kalau dibilang gak serius lagi

From : Fajar

10/3/2013 20:25:89

aku ragu fajar aku mau kamu ngeyakinin aku

From : Naya

10/3/2013 20:27:10

Nay kalau kamu udah gak kuat udah gamau nunggu aku, aku cuma minta 1 hal tinggalin aku dan yang kamu perlu tau aku sayang kamu aku cinta kamu. Makasih

From : Fajar

10/3/2013 20:34:12

Oke, aku mau tegas Fajar sebagai wanita aku siap meninggalkan dan ditinggalkan. Makasih

From : Naya

10/3/2013 20:40:09

            Naya terisak dan tak kuasa lagi meneteskan airmatanya dia tak menyangka perkataanya membuat hubunganya berakhir dengan Fajar. Kini tak ada lagi perhatian Fajar. Hari demi hari membuat Naya merasa kesepian  dan membuatnya menyesal telah menyia-nyiakan lelaki seperti Fajar. Dia takut jika Fajar tak akan lagi mencintainya dan memilih bersama orang lain. Kegelisahan sungguh menyelimuti hati Naya, tapi dia sadar satu hal bahwa dia memang terlalu egois untuk mengambil keputusan. Kini Naya tau apalah arti mencintai dan dicintai. Bahwa kita akan berarti ketika ada orang lain yang benar-benar mencintai kita. Ketika orang yang mencintaimu tak lagi mencarimu ketahuilah satu hal kalau ada orang yang telah membuat hidup kita bermakna yaitu kita pernah dicintai dan merasakan terluka daripada tidak sama sekali…

♦♦♦

                Mantan adalah sebagian kenangan dalam hidup kita. Pada dasarnya tiap orang yang datang dan pergi dalam hidup kita mempunyai tempat masing-masing yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Sebesar apapun cinta kita kepada orang itu, sekuat apapun kita mempertahankan hubungan kalau tidak berjodoh ya pasti kita tidak akan bersama. Setiap manusia harus selalu siap satu hal yaitu meninggalkan dan ditinggalkan. Allah tidak pernah salah memasangkan tulang rusuk dan pemiliknya begitulah rahmat Allah dimuka bumi ini. Untuk itu, orang yang ada dimasa lalu biarlah menjadi kenangan yang tidak perlu diungkit lagi tapi hanya kenanglah.

Cerpen Cinta: Ketika Jodohmu Menjadi Kenangan | wowman99 |
error: Content is protected !!