Keindahan Curug Maribaya, Pesona Alam Tak Tergantikan

Keindahan Curug Maribaya, Pesona Alam Tak Tergantikan

Satu lagi objek wisata di Bandung yang layak Anda kunjungi saat berlibur ke sana, yaitu bernama Curug Maribaya. Curug adalah air terjun yang dalam bahasa Inggris disebut waterfall. Sementara itu, Maribaya merupakan sebuah tempat atau lokasi keberadaan air terjun tersebut. Diketahui bahwa Maribaya berada di sebelah utara Kota Bandung, atau lebih tepatnya di sebelah timur Lembang. Keberadaannya masih dalam satu kawasan Taman Hutan Raya Djuanda. Kawasannya ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa mengunjungi air terjun Maribaya saja, tetapi juga beberapa destinasi wisata lainnya yang pastinya mempunyai daya tarik luar biasa hingga direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Terkait: Upside Down World Bandung, Tempat Wisata yang Instagramable Banget

Apakah Anda pernah mengunjungi sebuah curug atau air terjun? Jika sudah, tentu Anda bisa membayangkan sendiri suasana dan kondisi alamnya. Sementara bagi Anda yang belum pernah sama sekali mengunjungi air terjun secara langsung, tentu juga bisa membayangkan sendiri dari banyak tontonan perjalanan wisata di televisi atau dunia maya. Begitu juga Anda yang ingin mengunjungi Curug Maribaya perlu mengetahui informasinya mendetail segala pernak-perniknya agar tidak gagal paham saat nanti di sana. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Mengenal Curug Maribaya lebih dekat

Lokasinya berada di Kampung Cikondang, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug yang satu ini bisa dikunjungi melalui arah Kota Bandung atau Kota Subang. Anda yang ingin sekaligus mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu bisa melalui Subang karena memang satu jalur. Pemandangan di sepanjang jalan benar-benar indah dan melegakan mata. Apalagi udara sejuknya yang sangat terasa dan mungkin tidak Anda dapatkan saat di kota-kota besar yang padat dengan arus lalulintasnya. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan Anda liburan ke tempat-tempat alami, seperti perbukitan, pegunungan, air terjun, sungai, dan yang lainnya. Dengan begitu, Anda dapat menikmati suasana alamnya sekaligus me-refresh pikiran Anda.

Diketahui bahwa Maribaya lebih dulu populer dengan wisata pemandian air panas. Seiring perjalanan waktu, Maribaya dikelola lebih luas lagi dengan ditemukan beberapa objek wisata yang tidak alah menariknya, seperti terdapat curug. Pemandangan alami masih bisa dilihat sepuasnya. Mulai dari pohon-pohon tinggi menjulang, gemericik aliran sungai yang enak didengar, hingga air terjunnya itu sendiri. Curug Maribaya mempunyai tinggi sekitar 15 meter. Hempasan airnya cukup kencang hingga anginnya menerpa tubuh tiap orang yang ada di dekatnya.

Anda bisa bermain-main air hingga berenang di sungainya yang pasti menyenangkan. Sementara Anda yang tidak bisa berenang dan masih ingin bermain-main air, sebaiknya memakai ban atau jaket pelampung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu menjepret tiap momen menyenangkan saat di sana.

Baca: Mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika yang Penuh Sejarah

Setelah lelah bermain air dan basah-basahan, Anda pasti merasa kedinginan. Oleh karena itu, jangan lupa membawa bekal pakaian ganti saat mengunjungi Curug Maribaya. Rasa dingin di tubuh bisa diobati dengan berjalan-jalan sejenak di sekitar curug yang mempunyai pemandangan alam begitu indah. Jika hal tersebut masih belum bisa mengobati rasa dingin, silakan membeli makanan dan minuman hangat.

Pasalnya, di sana ada beberapa warung makan atau penjaja makanan yang menggelar dagangannya. Silakan Anda pilih sendiri makanan dan minuman yang disukai seperti selera. Harganya pun cukup bersahabat alias murah. Selain itu, Anda juga bisa membeli barang-barang suvernir atau cinderamata dan pernak-perniknya yang cantik untuk dijadikan oleh-oleh atau benda kenang-kenangan.

Liburan menyenangkan ke Curug Maribaya

Anda juga perlu mengetahui bahwa air terjun Maribaya mempunyai dua sumber air, yaitu dari Sungai Ciwakari dan Sungai Cigulung. Airnya begitu jernih terutama saat musim kemarau karena tidak terkontaminasi dengan air hujan. Meskipun kemarau, tetapi debit airnya masih cukup besar sehingga air terjun yang mengalir ke bawah tidak sedikit. Sementara saat musim penghujan, air terjunnya semakin melimpah tetapi berwarna keruh.

Baca: Menikmati Keindahan Panorama Gunung Tangkuban Perahu

Anda bisa mengunjungi Curug Maribaya bersama seluruh anggota keluarga dan orang tercinta saat berlibur ke Bandung. Memang benar, liburan ke Bandung tidak bisa dilupakan seumur hidup karena semua destinasi wisatanya hebat-hebat. Dalam arti, ada keunikan dan kekhasan dari tiap objek wisata di Bandung. Khususnya, wisata alamnya yang masih menonjolkan keperawanan alaminya yang hingga sekarang masih diburu banyak orang.

Keindahan alam yang dikombinasikan dengan suasana khas pegunungan memang membuat tiap orang yang merasakannya bisa betah dan berlama-lama di tempat tersebut. Apalagi mereka yang hampir tiap hari disuguhi pemandangan lalulintas macet di jalanan, asap kendaraan bermotor yang menyesakkan dada, gedung-gedung bertingkat yang megah, jalan aspal serta beton-beton pencakar langit. Ditambah sehari-hari hanya memandang layar monitor, televisi, dan gadget di tangan. Meskipun dibalut dengan teknologi canggih, tetapi lama-kelamaan pasti membosankan. Otak dan pikiran perlu disegarkan kembali dengan cara alami, yaitu liburan ke tempat-tempat alami dan merasakan langsung kesegaran, keindahan, serta kebaikan dari alam.

Sudah tepat Anda berkunjung ke Curug Maribaya untuk bisa menyegarkan kembali otak dan tubuh Anda. Setelah sekian lama hanya menikmati suasana dan kondisi di perkotaan, tidak ada salahnya memberikan pada tubuh Anda yang segar serta alami. Oleh karena itu, segera rencanakan untuk liburan ke Bandung pada musim liburan yang akan datang. Anda harus merencanakannya sedetail mungkin apalagi yang berdomisili jauh dari Bandung, serta akan membawa serta banyak orang.

Baca juga: Berwisata ke Alun-Alun Kota Bandung, Tempat Ikonik di Kota Kembang

Mulai dari budget keuangan, transportasi, akomodasi, tempat penginapan, dan lain sebagainya harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Bahkan, hal atau pernak-pernik terkecil juga harus dipersiapkan. Misalnya, obat-obatan pribadi dan gadget beserta kelengkapannya. Jangan sampai tak membawa gadget karena penting untuk mengabadikan tiap momen penting, langka, dan berharga saat liburan di Bandung tak terkecuali di air terjun Maribaya. Lebih eksis lagi di dunia maya jika foto-foto tersebut disebar dan dibagikan di akun sosial media Anda masing-masing.

Seperti halnya, tiket masuk Curug Maribaya yang perlu Anda ketahui informasinya agar bisa memperhitungkan sendiri berapa budget untuk membeli tiketnya. Diketahui bahwa tiket masuknya sebesar Rp 35.000/orang. Sementara itu, tempat wisatanya dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Persiapkan segalanya yang mungkin dibutuhkan di sana. Misalnya, Anda ingin camping di sekitar curugnya. Anda harus membawa peralatan dan perlengkapan camping sendiri karena tidak ada yang menyewakan. Selain itu, Anda harus menjaga keamanan, ketertiban, kesopanan, kesusilaan, dan kebersihan selama di sana. Semua itu dilakukan demi kelangsungan tempat wisatanya agar selalu aman dan nyaman saat dikunjungi oleh banyak orang.

Baca juga: Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona

Sekarang, Anda sudah semakin tahu dan paham mengenai Curug Maribaya sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang layak untuk dikunjungi. Selanjutnya, silakan untuk segera menindaklanjutinya. Tentu saja merencanakan untuk langsung mengunjunginya. Selamat liburan di Bandung dan semoga kita semua diberi kesehatan, sehingga bisa selalu bersenang-senang dan bersyukur.

Keindahan Curug Maribaya, Pesona Alam Tak Tergantikan | wowman99 |
error: Content is protected !!