Gerakan dan Manfaat Senam Nifas (Disertai Video)

Gerakan dan Manfaat Senam Nifas (Disertai Video)

Senam nifas jarang dilakukan oleh para ibu yang baru saja melahirkan. Setidaknya ada tiga alasan mengapa mereka tidak melakukannya. Pertama, karena mereka tidak mengetahui cara melakukan senam nifas. Kedua, karena mereka terlalu gembira dan perhatiannya hanya tersita untuk anak yang baru saja dilahirkannya. Ketiga, kata senam biasanya identik dengan rasa sakit.

Sebenarnya senam nifas sangat mudah dilakukan. Ibu yang baru saja melahirkan tidak perlu melakukan berbagai gerakan yang bermacam-macam. Kebanyakan gerakan dari senam nifas hanyalah duduk dan menyilangkan kaki. Bahkan, ketika ibu masih merasakan sakit dengan gerakan-gerakan tersebut, senam nifas juga dapat dilakukan dengan berbaring. Tentu saja semua hal yang dilakukan untuk pertama kalinya tidak akan mudah, karena tidak ada orang yang dapat langsung merasa sehat tanpa latihan dan olahraga rutin dan teratur.

Namun sebelum melakukan senam nifas, yang pertama kali harus diketahui adalah proses melahirkan yang sebelumnya dilakukan oleh sang ibu. Apabila sang ibu melahirkan secara normal, ibu sudah dapat melakukan senam nifas satu hari setelah melahirkan. Tentu saja saat melakukannya, ibu harus sudah merasa cukup kuat untuk melakukannya. Jika tidak, senam nifas dapat ditunda dan dilakukan 2-3 hari kemudian. Ketika ibu sudah merasa cukup kuat, senam nifas sudah dapat dilakukan.

Sebaliknya, pada ibu yang melahirkan melalui operasi, kondisi pelaksanaan senam nifas bervariasi. Jika ibu melakukan proses melahirkan dengan operasi, senam nifas tidak dapat langsung dilakukan seperti halnya ibu yang melahirkan dengan proses normal. Ibu harus menunggu hingga merasa cukup kuat dan tidak lagi merasa sakit saat bergerak. Tanyakan pada dokter kapan saat yang tepat untuk melakukan senam nifas.

Gerakan senam nifas sangat sederhana dan mudah, bahkan lebih mudah daripada senam hamil. Pertama, lakukan latihan pernafasan. Caranya adalah dengan menarik nafas dalam, tahan sebentar lalu hembuskan perlahan. Jika ibu belum pernah melakukan yoga sebelumnya, gerakan pertama pasti sangat mudah dilakukan. Sebisa mungkin lakukan dengan kaki menyilang. Namun jika masih merasakan sakit, ibu dapat melakukannya dengan berbaring. Gerakan pertama sangat berguna untuk mengembalikan daerah perut tengah yang meregang saat proses melahirkan.

Gerakan kedua adalah posisi terlentang. Setelah itu, lipat lutut ke dalam lalu gerakkan pergelangan kaki. Lipat kaki, lalu luruskan sedikit, jangan terlalu lurus, karena dapat terasa sakit, lalu lipat kembali. Lakukan gerakan ini ke kiri dan ke kanan berulang-ulang. Lakukan semampunya dan jangan dipaksakan.

Tiga gerakan di atas adalah adalah gerakan dasar sederhana dari senam nifas. Meskipun terlihat sederhana, namun bila dilakukan secara rutin akan membantu proses penyembuhan yang lebih cepat. Gerakan ini akan membuat tubuh sang ibu merasa lebih segar.

Gerakan dan Manfaat Senam Nifas (Disertai Video) | wowman99 |