Keindahan Mencengangkan Gunung Manglayang, Destinasi Seru Menantang

Keindahan Mencengangkan Gunung Manglayang, Destinasi Seru Menantang

Gunung Manglayang merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang menjadi destinasi liburan yang menyenangkan sekaligus menantang. Kenapa bisa disebut seperti itu? Pasalnya, di gunung yang belum banyak dijamah oleh para pendaki gunung atau pecinta alam ini memiliki keragaman alami yang begitu indah. Anda pun bisa sekedar berjalan-jalan di sana sambil refreshing untuk mencari suasana alami sekaligus kesegaran udara pegunungan. Jika ingin yang lebih menantang, silakan untuk mendaki sampai puncaknya. Namun sebelum mendakinya, Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan dan kebutuhannya agar pendakian berjalan lancar. Apalagi Anda yang berniat bermalam dengan cara camping di sana. Tentu perbekalan dan perlengkapannya lebih banyak lagi.

Berwisata ke sebuah gunung untuk camping, hiking, climbing, atau aktivitas outdoor lainnya memang identik dilakukan oleh para pecinta alam. Hal itu dikarenakan kita bisa mendekatkan diri dengan alam saat di gunung. Dengan begitu, kita juga akan semakin dekat dengan Tuhan yang telah menciptakan alam lingkungan beserta segala isinya tersebut. Jika sudah bisa dekat dengan alam, maka Anda pun akan semakin bersyukur kepada Tuhan.

Baca: Keindahan Curug Maribaya, Pesona Alam Tak Tergantikan

Lalu, informasi apa yang perlu diketahui perihal Gunung Manglayang sebagai salah satu objek wisata di Bandung? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Gunung Manglayang

Gunung Manglayang berlokasi di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1818 meter di atas permukaan laut. Tidak begitu tinggi sehingga cocok didaki oleh para pendaki pemula. Bukan hanya orang tua saja, tetapi anak-anak hingga remaja juga dipersilakan mendakinya. Dengan catatan, kondisi fisiknya sehat dan diawasi oleh orang tua masing-masing untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, kegiatan di luar ruangan yang cenderung ke alam bebas lebih beresiko, sehingga memang harus selalu dipastikan faktor keamanan dan keselamatannya.

Gunung yang satu ini memang tidak begitu populer di wilayah Bandung, Jawa Barat atau bahkan di Indonesia. Mungkin lebih terkenal Gunung Tangkupan Perahu, Gunung Burangrang, atau yang lainnya. Namun demikian, Malangyang memberikan daya tarik alamnya yang begitu mempesona. Mungkin hanya dari penggiat alam bebas asli Bandung dan sekitarnya saja yang sudah mengenal dan sering mendakinya. Pasalnya, mereka sangat mengetahui karakteristik dari gunung tersebut.

Daya Tarik Tersembunyi Gunung Manglayang

Dikarenakan kurang populer sehingga jarang dijamah oleh para pendaki itulah, lingkungan alam di Gunung Manglayang masih terjaga hingga sekarang. Belum banyak penebangan pohon, kebakaran hutan, aksi vandalisme yang mengotori, atau kegiatan merusak lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi Anda sekalian yang ingin liburan ke Bandung untuk menikmati petualangan menantang sekaligus mendapatkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Silakan mengunjungi Gunung Manglayang dengan merencanakannya dari sekarang.

Baca: Kawah Putih Bandung Selatan, Wisata Alam Meng”Adem”kan

Terutama Anda yang merasa sebagai pecinta alam sejati harus mengunjunginya serta mendakinya. Siapa tahu Anda di sana benar-benar menemukan sesuatu dan pengalaman baru yang bisa dijadikan kenangan seumur hidup. Anda yang ingin mendaki gunung ini bisa melalui beberapa jalur pendakian. Misalnya, jalur pendakian melalui bumi perkemahan situs Batu Kuda, Jalur Palintang, ataupun jalur Barubereum.

Anda yang belum pernah sama sekali mendakinya sebaiknya bertanya-tanya terlebih dulu kepada masyarakat sekitar atau petugas jaga di pos pendakiannya. Jangan merasa sok tahu dengan mendakinya melalui jalur sendiri yang bisa berakibat fatal. Pendaki gunung yang cerdas dan bijaksana akan selalu mematuhi aturan yang sudah diberlakukan di gunung yang bersangkutan. Selain itu, sang pendaki juga akan selalu menghormati adat istiadat setempat.

Wisata alam yang menyenangkan

Anda bisa mulai pendakian dengan memilih beberapa jalur yang ada. Tak perlu membuat jalur sendiri yang belum tentu aman untuk dilewati. Lagipula, Anda mengunjungi dan mendaki Gunung Manglayang bertujuan untuk berwisata, bukan? Maka dari itu, lebih baik mencari kesenangan dan keseruannya saja, tak pelu yang menyulitkan. Sementara itu, Anda yang hanya berniat untuk camping saja bisa menuju Situs Batu Kuda karena di situ terdapat camping ground atau bumi perkemahan.

Baca Juga: Ranca Upas Bandung, Tempat Wisata Ber-Pemandangan Cinta

Namun demikian, Anda juga bisa camping di sekitar atau lereng Manglayang. Cari saja tempat yang aman, nyaman, dan tidak begitu ramai. Jangan lupa membata peralatan dan perlengkapan camping sendiri agar lebih leluasa. Jika perlu, Anda bisa membawa sendiri bahan-bahan makanan dan minuman untuk dimasak di alam bebas. Tentu saja ada sensasinya tersendiri dengan cita rasa yang disesuaikan lidah dan keinginan Anda pribadi. Perkara enak tidaknya makanan tersebut memang relatif, tetapi yang penting suasana alamnya.

Anda yang tak bisa memasak, tak perlu khawatir. Masih ada beberapa warung makan yang menawarkan menu kuliner beragam. Silakan Anda membelinya untuk disantap bersama keluarga atau teman terdekat. Jadi, camping di Gunung Manglayang memang bisa dibuat dan disesuaikan dengan keinginan kita sendiri. Kesenangan berwisata dengan mendapatkan kedamaian di tengah alam yang masih asri. Kesenangan semacam itu tidak mungkin ditemukan di wilayah perkotaan asal domisili Anda. Oleh karena itu, nikmatilah sepuasnya mumpung masih di Manglayang. Jangan lupa selalu mengabadikan tiap momen seru, bahagia, dan menyenangkan saat di sana agar menjadi kenangan yang tak terlupakan. Anda pun bisa selalu teringat dan siapa tahu akan mengunjunginya lagi suatu saat nanti.

Tempat wisata gratis dan cocok bagi backpacker

Memang benar, Anda tidak dipungut biaya saat berkunjung dan mendaki Gunung Manglayang. Pasalnya, gunung ini memang belum dikelola sebagai tempat wisata secara profesional. Padahal keindahan dan potensi pariwisatanya begitu elok untuk dijadikan tempat wisata unggulan. Diharapkan Pemprov Jawa Barat bisa lebih memperhatikannya untuk dapat dikelola dan ditata menjadi objek wisata unggulan.

Meskipun gratis, tetapi Anda tentu membayar parkir kendaraan bermotor yang bisa dititipkan di rumah-rumah penduduk sekitar. Selain parkir, Anda yang membeli makanan dan minuman juga perlu membayarnya. Oleh karena itu, selalu siapkan budget uang yang mencukupi saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Bandung, meskipun jelas-jelas tak ada tiket masuknya di sana. Sementara untuk keamanan dan kenyamanan di Gunung Manglayang, Anda bisa memperkirakan sendiri.

Biasanya, tempat wisata yang gratis dan belum dikelola dengan sebaik-baiknya tingkat kenyamanan serta keamanannya masih rendah. Anda pun perlu memperhatikan lebih detail dan ekstra waspada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun secara umum, Anda bisa merasa aman dan nyaman karena penduduk sekitar Manglayang ramah dan baik hati. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda ditawari bertamu ke salah satu rumah penduduk untuk beristirahat sejenak sambil mencicipi segelas teh hangat.

Selanjutnya: Situ Patenggang Bandung, Keindahan Alam yang Tak Terbendung

Setelah membaca uraian di atas, diharapkan Anda semakin tahu dan paham mengenai Gunung Manglayang sebagai salah satu objek wisata di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Silakan Anda rencanakan untuk liburan ke Bandung dengan mengagendakan berkunjung ke Manglayang.

Keindahan Mencengangkan Gunung Manglayang, Destinasi Seru Menantang | wowman99 |
error: Content is protected !!