Gunung Papandayan, Surga Bagi Para Pendaki, Bahkan Untuk Pemula

Gunung Papandayan, Surga Bagi Para Pendaki, Bahkan Untuk Pemula

Masih ada satu gunung di sekitar Bandung, Jawa Barat yang pantas dan layak Anda kunjungi, yaitu Gunung Papandayan. Terutama Anda sekalian mengaku sebagai pecinta alam yang menyukai kegiatan alam bebas, seperti mendaki gunung, camping, survival di hutan, fotografi alam, dan sejenisnya. Jangan sampai melewatkan untuk mendapatkan pengalaman unik, menarik, dan menyenangkan yang mungkin tidak Anda temui di gunung atau tempat lain. Mulai dari jenis begetasi atau tumbuhannya, fauna, keindahan alam secara keseluruhan, kesegaran udara khas pegunungan, suasana pagi hari yang menyenangkan, dan masih banyak lagi. Semua suasana dan kondisi semacam itu belum tentu dan memang tak mungkin Anda temui di tempat tinggal masing-masing yang masuk wilayah perkotaan.

Terkait: Kawah Putih Bandung Selatan, Wisata Alam Meng”Adem”kan

Sebelum Anda mengunjungi atau bahkan melakukan pendakian ke Gunung Papandayan, sebaiknya mengetahui informasinya terlebih dulu secara detail dan valid. Khususnya Anda yang belum pernah sama sekali ke sana. Dengan begitu, Anda tidak seperti orang kebingungan saat berada di sana. Untuk lebih jelasnya perihal Gunung Papandayan, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Gunung Papandayan

Termasuk jenis gunung api strato yang berlokasi di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Letaknya sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Dengan begitu, Anda bisa menuju lokasinya dari arah Kota Bandung melalui jalur mengendarai kendaraan pribadi ataupun umum. Diketahui bahwa Gunung Papandayan mempunyai ketinggian sekitar 2.665 meter di atas permukaan laut. Cukup tinggi untuk didaki hingga di puncaknya, sehingga menjadi destinasi para pendaki gunung profesional seantero Indonesia. Bahkan, bukan tidak mungkin juga eisatawan sekaligus pendaki dari mancanegara.

Silakan Anda mengunjungi dan mendaki Gunung Papandayan hingga puncak karena pemandangannya sangat memukau. Bukan hanya Anda saja yang ingin mendakinya, tetapi banyak orang di luar sana yang juga ingin sampai puncaknya. Apalagi di akhir pekan atau musim liburan dipastikan pengunjungnya membludak. Ada yang ingin sekedar berjalan-jalan di lereng gunungnya saja, ber-camping ria, hingga mendaki hingga ke puncaknya. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria ataupun wanita. Mereka ingin menghabiskan waktu liburannya di Papandayan. Tentu saja ke sana tidak sendirian karena kurang menyenangkan. Namun, mereka ke sana bersama orang tercinta dan teman terdekat.

Jangan lupa membawa bekal yang mencukupi saat ingin ke sana. Selain itu, bawa perlengkapan dan peralatan yang standar serta memadai untuk mendaki gunung. Hal itu bisa menjaga Anda sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, kegiatan alam bebas apalagi di gunung dengan mendakinya memang cukup beresiko. Oleh karena itu, harus dipersiapkan secara matang semua kebutuhan dan perbekalannya sebelum mendaki. Bagi pendaki gunung profesional dan sudah berpengalaman, tentu mereka sudah mampu melakukannya. Berbeda dengan Anda yang mungkin baru pertama kali mau mendaki gunung.

Lalu, apa lagi yang menarik di Gunung Papandayan?

Anda akan menemui kawasan hutan yang masih alami dan terjaga hingga sekarang. Selain itu, ada camping ground di sana yang bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan berkemah. Namun yang paling menarik dan menyita perhatian banyak orang, yaitu di puncak Gunung Papandayan. Pasalnya, di puncaknya terdapat sekitar 14 kawah gunung berapi yang masih mengeluarkan uap panasnya. Hal tersebut pertanda bahwa gunung tersebut masih aktif dan bukan tidak mungkin mampu erupsi lagi di kemudian hari. Beberapa kawah tersebut bernama Kawah Mas, Kawah Nangklak, Kawah Baru, dan Kawah Manuk. Untuk bisa menikmati pemandangan kawah-kawahnya, sudah pasti Anda harus harus sampai ke puncaknya.

Baca juga: Ranca Upas Bandung, Tempat Wisata Ber-Pemandangan Cinta

Dijamin, pemandangannya benar-benar bagus dan memukau. Apalagi Anda yang bisa menikmati sunrise atau matahari terbit pagi hari di puncak gunungnya. Bila mampu menemukan momen tersebut, jangan sampai terlewatkan untuk mengabadikannya pada kamera atau gadget yang Anda miliki. Jadi, jangan sampai kelupaan untuk membawanya.

Rasa lelah, letih, capek, dan sakit yang dirasakan tubuh akan tergantikan dengan perasaan lega dan senang luar biasa saat sampai di puncak Gunung Papandayan. Untuk bisa sampai puncaknya, tentu saja harus dilakukan dengan kerja keras dan semangat tinggi. Namun, Anda yang masih pemula tak perlu terlalu bernafsu untuk mendaki sampai puncak. Nikmati saja proses perjalanannya karena tujuan awalnya adalah liburan.

Lalu, apa lagi daya tarik dari Gunung Papandayan?

Ternyata, bukan hanya kawah-kawah di puncak gunungnya saja yang menarik perhatian banyak orang. Ada sebuah areal di Gunung Papandayan yang diberi nama Blok Pondok Saladah. Sebuah areal padang rumpuh yang diperkirakan luasnya sekitar 8 hektar. Anda bisa membayangkan sendiri di gunung yang biasanya banyak pohon berukuran tinggi dan besar. Berbeda dengan di Papandayan yang ada areal padang rumput luas berwarna hijau yang sangat menyegarkan mata. Areal tersebut bisa Anda temui di ketinggian sekitar 2.288 meter di atas permukaan laut.

Anda yang ingin mendaki sampai puncak pasti akan melewatinya. Biasanya, para pendaki mendirikan tenda dan bermalam di situ sebelum ke puncak. Semua barang bawaan ditinggal di dalam tenda yang aman, lalu mereka melanjutkan perjalanan ke puncak tanpa membawa tas carier dan semua perlengkapan lainnya. Dengan begitu, perjalanan bisa lebih mudah dan cepat karena pendaki tidak terbebani barang bawaannya lagi.

Baca juga: Situ Patenggang Bandung, Keindahan Alam yang Tak Terbendung

Selain padang rumput luas, ada juga blok sumber air panas yang harus Anda kunjungi. Lokasinya di perbatasan blok Cigenah. Anda bisa berendam di pemandian air panasnya yang masih mengandung belerang alami. Air panas belerang tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit dan membuat tubuh segar kembali setelah lelah mendaki Gunung Papandayan. Nikmati saja kehangatan yang Anda rasakan pada tubuh agar segar kembali. Saat perut sudah keroncongan dan harus diisi, Anda bisa membeli makanan serta minuman dengan beragam menu pilihan. Pilih saja mana yang cocok dan disukai.

Berapa harga tiket masuknya?

Gunung Papandayan secara umum dan keseluruhan sudah dikelola sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Bandung dan Jawa Barat. Maka dari itu, jangan heran jika sudah dikomersilkan atau dengan kata lain Anda harus membayar untuk bisa masuk, mendaki, dan menikmati semua pemandangan alami di dalamnya. Tak perlu khawatir, harga tiketnya cukup terjangkau Rp 30.000/orang.

Sementara itu, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelolanya juga cukup lengkap, aman, nyaman, dan layak pakai. Misalnya, toilet, mushola, tempat parkir, rumah makan, tempat penginapan, dan yang lainnya. Semua fasilitas tersebut disiapkan agar Anda dan semua wisatawan yang berkunjung selalu merasa betah di sana.

Selanjutnya: Keindahan Mencengangkan Gunung Manglayang, Destinasi Seru Menantang

Itulah uraian selengkapnya mengenai Gunung Papandayan sebagai salah satu objek wisata unggulan di Jawa Barat. Anda yang ingin liburan ke Bandung dalam waktu dekat ini atau nanti, jangan lupa mengagendakan untuk mengunjunginya. Tentu saja dalam sebuah liburan yang seru dan menyenangkan bersama seluruh anggota keluarga dan orang tercinta. Selamat berlibur.

Gunung Papandayan, Surga Bagi Para Pendaki, Bahkan Untuk Pemula | wowman99 |