Tips Interview – Wawancara Kerja – Pertanyaan & Jawabannya

Tips Interview – Wawancara Kerja – Pertanyaan & Jawabannya

Saat lamaran telah diajukan dan ternyata anda mendapat panggilan dari perusahaan untuk melakukan interview alias wawancara kerja terkadang anda mendapatkan jantung anda berdebar dan menemukan rasa cemas tersendiri takut akan gagal dalam tes interview ini. Banyak yang gelisah bahkan ada rasa pesimis yang menyelimuti dihati. Sebenarnya kita tak perlu terlalu mencemaskan hal ini secara berlebihan, karena memang proses wawancara terkadang sangat diperlukan bagi perusahaan.

Ada banyak manfaat melakukan interview kepada calon pegawai sebelum akhirnya di rekrut menjadi karyawan. Diantaranya adalah pihak perusahaan bisa menemukan “kecenderungan-kecenderungan” dalam diri pelamar kerja yang tidak terbaca hanya dari berkas yang dikirimkan semata. Adapun beberapa kecenderungan yang dimaksud diantaranya adalah kecenderungan pelamar kerja apakah bisa memenuhi kualifikasi yang diperlukan, penelusuran potensi diri, keseriusan dalam bekerja dan bahkan terkadang bisa membaca kepribadian si pelamar dalam beberapa hal.

Saat interview anda harus percaya diri dan tetap tenang dengan situasi yang ada. Sebab banyak sekali hal yang nampak biasa saja menjadi terasa sulit ketika anda tidak percaya diri dan terlihat gugup. Nampak memang pengendalian diri harus dilatih mulai dari sekarang. Pertanyaan-pertanyaan yang datang dari si penguji hendaklah di cerna dengan baik sehingga anda tahu kemana arah jawaban yang tepat dan mencerminkan sikap serta sifat anda yang baik.

11 Contoh Pertanyaan Saat Wawancara Kerja (Plus Cara Menjawabnya)

1. Gambarkan Diri Anda

Banyak bayangan yang terlintas ketika menyeruak pertanyaan ini, pertanyaan yang mengarah pada diri sendiri seharusnya bisa dengan mudah kita lalui. Namun harus disadari betul ada konsekuensi yang patut diperhitungkan dengan matang saat menjawabnya. Ketika HRD bertanya tentang diri kita sendiri tentu arahnya adalah supaya HRD bisa menggali karakter anda yang sesungguhnya. Karakter pribadi dari seorang karyawan tentu menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan.

Usahakan memakai 3 kata utama dalam menjawabnya, tentu harus bersesuaian dengan diri anda yang sesungguhnya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah disesuaikan dengan posisi yang anda inginkan dalam perusahaan tersebut. Jangan memakai kata-kata negatif, ungkapkan karakter anda memakai kata atau kalimat positif semisal, mudah menyesuaikan diri, jujur, ulet, pantang menyerah, pandai berkomunikasi, pekerja keras dan lain-lain. Karakter yang anda sampaikan haruslah benar-benar karakter yang anda miliki.

2. Apa yang Diketahui Tentang Perusahaan Ini?

Nah saat memasuki pertanyaan ini, anda harus fokus dalam menjawabnya. Karena pada dasarnya jawaban anda akan menentukan langkah anda kedepannya. Anda sebagai pelamar harus menguasai penuh profil perusahaan yang dituju. Dalam fase ini, anda akan benar-benar diuji sejauh mana anda sebagai pelamar mengetahui visi maupun misi perusahaan yang sedang anda tuju.

Baca juga: 10+ Contoh CV – Daftar Riwayat Hidup – Inggris – Indonesia

Tips: Anda jawab dengan santai dan lugas, fokuskan pada dimensi positif perusahaan itu. Yang tidak boleh dilakukan adalah membandingkan dengan perusahaan anda sebelumnya. Anda harus berhasil menyampaikan keunggulan2 yang ada dalam perusahaan tsb, dan ungkapkan bahwa kelebihan-kelebihan perusahaan itulah yang membuat anda makin tertarik untuk bekerja disana. Jawaban anda seperti ini akan memberi nilai tambah tersendiri.

3. Mengapa Tertarik Bergabung ke Perusahaan ini?

Mungkin kamu termasuk orang yang akan menjawab seperti ini,”suasana kerja yang enak dan gaji yang besar”. Kamu jangan sampai terlena, pertanyaan ini sejatinya untuk menguak motivasi kamu yang sebenarnya kenapa mau kerja di perusahaan ini. Tentu yang diharapkan perusahaan adalah karyawan yang loyal, jadi jangan sampai kamu menjawab dengan alasan gaji yang lebih baik dan hal sejenisnya. Dan terlebih, jangan sampai kamu mengungkapkan ketidaknyamanan diperusahaan lama kamu terdahulu. Karena dikhawatirkan, kamu akan dinilai sebagai orang yang tidak mampu menyesuaikan diri dan bukanlah tipe orang yang mau kerja lebih keras.

Tips: jawablah pertanyaan ini memakai sisi pemicu positif. Kamu bisa memakai alasan seperti mau memberikan kontribusi lebih besar lagi dalam menyalurkan bakat. Kamu juga bisa mengemukakan jawaban seperti, posisi jabatan yang kamu lamar sangat bersesuaian dengan latar belakang pendidikan kamu.

4. Prestasi Apa yang Telah Diraih Dalam Karier?

Ini pertanyaan memang biasa ditanyakan karena tentu saja suatu perusahaan maunya dapetin karyawan yang the best. Jadi wajar kalau perusahaan itu ingin mengorek keterangan lebih jauh tentang apa saja pencapaian anda selama ini.

Cara jawabnya: Utarakan dengan jelas jenis pekerjaan dan apa saja yang telah anda perbuat di tempat kerja anda sebelumnya. Berikan contoh konkret hal yang telah anda lakukan. Beri semua bukti tentang keberhasilan anda selama ini.

5. Jelaskan Rencana Anda ke Depan!

Apa makna dari pertanyaan ini? Yaitu ingin lebih memahami berapa lama sih anda mau kerja ditempat kerja baru anda tersebut. Tentu saja maksud dari pertanyaan itu adalah agar perusahaan yang anda tuju bukan mempekerjakan seorang yang sering pindah-pindah tempat kerjanya.

Cara jawabnya: Anda bisa memaparkan maksud anda untuk sesuatu yang sifatnya jangka panjang. Tentu strategi jangka panjang yang anda maksud adalah dengan mengaitkan pada perusahaan tersebut. Pikirkan dengan matang poin-poin yang akan anda paparkan, agar tidak terkesan menjawab seperlunya saja.

6. Berikan Gambaran Tentang Pekerjaan yang Dilamar!

Anda sebagai pelamar tentu harus memastikan terlebih dahulu posisi yang mau dilamar. Anda harus mampu memaparkan tugas yang nanti akan anda emban. Anda harus memposisikan diri bahwa anda betul-betul sangat mengerti dengan tugas anda nantinya. Jangan sampai menimbulkan kesan bahwa anda belum memahami secara menyeluruh posisi anda diperusahaan itu sekiranya nanti anda diterima.

Jadi, sebaiknya anda menggali secara lebih dalam informasi tentang tanggung jawab apa yang akan anda pikul jika diterima di perusahaan itu nantinya. Saat anda menjawabnya dengan bijak, perusahaan akan berpikir bahwa anda mungkin adalah orang yang tepat mengisi jabatan di perusahaan itu.

7. Terlalu Berpengalaman!

Untuk pertanyaan ini, anda tidak boleh merasa jumawa. Hati-hati terkecoh karena pada dasarnya si penanya (pihak perusahaan) mau menguji watak anda. Apakah anda akan terkesan sombong ketika anda dibilang terlalu berpengalaman, tentu hal itu tergantung bagaimana anda menjawabnya nanti.

Jawablah pertanyaan atau lebih tepatnya pernyataan itu dengan santun. Ungkapkan dengan rendah hati dan sampaikan rasa terima kasih atas pujian tadi. Anda harus tetap bijak menjawabnya dan harus ditekankan sekali lagi jangan sampai anda terkesan besar kepala serta ada rasa angkuh maupun terkesan cepat berpuas diri.

8. Mengapa Berhenti?

Maksud dari pertanyaan ini adalah kenapa anda berhenti dari perusahaan sebelumnya? Bagian ini termasuk pertanyaan kunci, Disini, orientasi anda akan dinilai oleh si penanya. Alasan seseorang berhenti kerja sering kali berkaitan dengan watak dan orientasinya.

Jadi, sangat disarankan untuk menjawabnya dengan alasan profesionalitas kerja, bukan disebabkan alasan yang sifatnya pribadi. Jangan pula dijawab dengan alasan berupa konflik dengan atasan atau sesama karyawan dll. Anda harus mampu fokus menjawabnya dengan alasan seperti mau mendapatkan posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat yang anda miliki.

9. Apa Pendapat Tentang Lembur?

Tujuan pertanyaan ini sebenarnya ingin mengorek lebih jauh tentang komitmen anda dalam bekerja. Berikan jawaban yang bijak, jangan lebay dan jangan pula seadanya.

Harus diakui memang banyak yang kurang nyaman kalau harus kerja lembur, tapi anda harus mampu mengutarakan dengan kalimat tepat bahwa pekerjaan yang berada dibawah tanggung jawab anda, anda pasti akan berkomitmen untuk menyelesaikannya se-efektif dan se-efisien mungkin. Ketika memang harus lembur, sampaikan bahwa tenggat waktu lembur yang diberikan masih dalam taraf yang bisa ditolerir alias masih wajar.

10. Berapa Gaji yang Diinginkan?

Sulit memang ketika harus menjawab pertanyaan yang satu ini. Bisa jadi, diantara pelamar kerja, dalam posisi yang sama, mereka meminta gaji yang berbeda-beda. Anda harus benar-benar berpikir secara tepat untuk mengutarakannya.

Sebisa mungkin anda mencari info terlebih dahulu tentang standar gaji yang ada diperusahaan itu. Anda harus mampu membuat perhitungan tentang beberapa faktor semisal tingkat kesulitan yang anda emban dan juga pengalaman yang anda miliki selama ini. Paparkan ekspektasi yang ada dalam benak anda. Tapi anda harus tetap memegang prinsip bahwa hal tersebut masih masuk dalam standar perusahaan itu. Jadi, ada kemungkinan anda mendapatkan angka maksimal dari standar yang ada diperusahaan itu.

11. Saat dalam tekanan dan stress karena pekerjaan, apa yang anda lakukan untuk menenangkan diri?

Inti dari pertanyaan tersebut adalah mau mengetahui tingkat kesabaran anda dan juga ingin memahami seberapa bertanggung jawab kah anda. Selain itu juga ingin menggali lebih jauh apakah anda mudah menyerah atau pantang menyerah.

Anda harus jujur dalam menjawabnya. Semisal saja, anda biasanya minum teh sejenak untuk merefreshing kan pikiran, atau jalan-jalan sebentar keluar dari area kantor, atau jika benar-benar stress anda mengambil cuti 1 hari untuk liburan. Dalam hal ini, tidak ada jawaban yang salah. Yang salah adalah ketika anda menjawabnya dengan tidak jujur, karena kesan bohong akan ditangkap dengan mudah, dan tentu hal itu bukanlah sesuatu yang baik dalam sesi wawancara kerja.

Selanjutnya: 25+ Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar (Inggris + Indo)

Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa ketika tes wawancara, yang dinilai bukan saja jawaban-jawaban yang keluar dari mulut kita, namun juga bagaimana ketenangan kita saat menjawabnya. Gerak-gerik kita dan mimik ataupun ekspresi wajah terkadang juga menjadi penilaian tersendiri. Itulah sebabnya sangat penting sekali dibutuhkan pengendalian diri yang tangguh.

Tips Interview – Wawancara Kerja – Pertanyaan & Jawabannya | wowman99 |