Mengunjungi Istana Bogor yang Penuh dengan Sejarah

Mengunjungi Istana Bogor yang Penuh dengan Sejarah

Siapa yang belum pernah berkunjung ke Istana Bogor? Bagi Anda yang penasaran, istana ini sendiri menjadi salah satu istana kepresidenan yang dimiliki oleh Indonesia. Mengingat, cukup banyak istana kepresidenan yang ada di Indonesia. Bangunan yang megah dan indah ini bahkan sudah diakui oleh kalangan luar negeri, seperti Salman bin Abdulaziz al Saud (Raja Arab Saudi) dan Barack Obama (Mantan Presiden AS). Bagi masyarakat yang ingin masuk ke kawasan ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket. Karena rupanya, tiket masuk ke dalam lokasi ini digratiskan untuk umum. Namun, istana ini hanya dibuka pada momen-momen tertentu. Jadi, tidak bisa dikunjungi setiap hari ya.

Salah satu wisata di Kota Bogor ini sendiri memiliki pemandangan alam yang cantik layaknya Puncak Bogor. Tak hanya itu, nilai-nilai historis juga sangat kental disana. Istana yang ada di Bogor ini memiliki model bangunan bergaya Eropa. Luas gedungnya sendiri mencapai 14.892 meter persegi dengan halaman seluas 28,4 hektar yang dikelilingi oleh kawanan rusa di bagian depan dan samping.

Awalnya, istana ini dibangun dengan tujuan untuk tempat pertanian dan peristirahatan bagi para gubjen yang menyukai dengan kedamaian yang ada di kawasan ini. Namun ternayta, siapa sangka jika istana ini pernah mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1850 dan digantikan dengan gaya Eropa. Istana ini sendiri direnovasi akibat luluh lantak karena akibat letusan Gunung Salak pada tahun 1834.

Bagi yang penasaran dengan bentuk bangunannya. Bangunan instana ini memiliki tiga tingkat dengan gaya arsitektur yang menyerupai kediaman Duke Malbrough yang terletak di Oxford Inggris yang dikenal dengan sebutan Blehheim Palace. Namun, bangunan ini kemudian dirombak setelah menjabatnya Herman Willem Daendles dan Sir Stamford Raffles yang bertindak sebagi gubernur pada masa itu.

Alamat
Bagi yang belum mengetahui lokasi Istana Bogor. Istana ini sendiri terletak di Jalan Ir. H. Juanda No 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya, lokasi ini berjarak kurang lebih 60 KM dari pusat Kota Jakarta atau 43 KM dari Cipanas. Berada di pusat Kota Bogor dengan luas 28, 86 meter persegi dan tinggi 290 di atas permukaan laut membuat udara disana cenderung sejuk dan masih segar.

Hal yang Menarik di Istana Bogor
Setiap wisata tentu memiliki daya tarik masing-masing yang membuat banyak orang ingin berkunjung kesana bukan? Istana yang satu ini juga rupanya memiliki sejumlah daya tarik bagi pengunjungnya. Bangunan istana ini memiliki bangunan utama, yang terdiri dari empat kamar tidur di sebelah kanan untuk kepala negara yang berkunjung, enam kamar tidur di sebelah kiri untuk menjamu tamu kenegaraan, kantor pribadi milik Presiden Indonesia, perpustakaan yang menyimpan sebanyak 4.500 jenis buku., ruang makan, ruang sidang menteri, ruang Garuda yang digunakan untuk acara resmi, ruang Teratai untuk menerima tamu kenegaraan, dan lima buah paviliun yang letaknya terpisah dengan bangunan utama.

Selain daya tarik dari segi bangunannya, ada juga daya tarik dari segi koleksi karya seni yang memang dikoleksi oleh Presiden Soekarno. Beberapa karya seni itu, seperti Patung Presiden Yugoslavia (Josef Broz Tito), Patung Sarinah karya Trubus, dan Patung Kepala Buddha dari Myanmar yang letaknya berada di perpustakaan. Selain itu, di ruang kerja terdapat lukisan upacara perkawinan Rusia karya Makowski, lukisan flamboyan karya Addolf, Patung Jatayu Merah, patung wayang dari uang kepeng, keramik Thailand, dan keramik hadiah dari Perdana Menteri Uni Soviet (Nikita Khruschev).

Berikut beberapa tempat menarik yang juga bisa Anda kunjungi di kawasan istana:

  • Gereja GPIB Zebaoth
  • Kolam Istana
  • Masjid Istana Bogor
  • Patung Herkules
  • Patung Pegasus
  • Patung Tangan Tuhan
  • Rusa Nepal

Harga Tiket Masuk
Agar dapat masuk ke Istana Bogor Anda tidak perlu membayar biaya masuknya alias gratis. Namun, ada sejumlah persyaratan yang wajib Anda penuhi, seperti dilarang membawa kamera dan mengambi gambar, membawa barang bawaan kecuali dompet, minimal usia 10 tahun, serta diwajibkan mengenakan pakaian batik atau kemeja.

Fasilitas
Selain bangunan utama istana, terdapat sejumlah fasilitas lainnya yang dapat juga Anda kunjungi. Bangunan di sayap kiri dengan jumlah enam kamar tidur biasa digunakan untuk menjamu tamu dari negara asing. Sementara itu, di bagian kanan terdapat empat kamar tidur bagi kepala negara yang tengah berkunjung kesana. Terdapat juga lima buah paviliun yang sudah berdiri sejak tahun 1964 sebagai tempat istirahat presiden beserta keluarga yang dinamai Dyah Bayurini. Adapun, lainnya merupakan kantor pribadi kepala negara, perpustakaan, ruang makan, ruang sidah menteri dan ruang pemutaran film, tempat upacara resmi (Ruang Garuda), tempat penyambutan tamu kenegaraan (Ruang Teratai), serta ruangan kaca seribu.

Rute Jalan Menuju ke Tempat Wisata
Rute perjalanan yang harus Anda tempuh untuk menuju ke istana berbeda-beda tergantung dari mana arah Anda bertolak. Sebaiknya, gunakan alat transportasi umum saja jika Anda bingung mengendarai kendaraan sendiri. Anda bisa lebih leluasa bertanya kepada orang bagaimana agar dapat mencapai lokasi ini.

Tips Berwisata ke Istana Bogor:
Bagi Anda yang ingin berwisata, tentu Anda harus memiliki tips-tips khusus sebelum berangkat:

  1. Mempersiapkan Barang Bawaan
    Persiapan yang matang menjadi tolok ukur untuk pergi berwisata dengan aman dan nyaman. Persiapkan barang bawaan Anda sesuai dengan kebutuhan dan hindari membawa barang yang tidak diperlukan.
  2. Menjaga Kondisi Badan Tetap Fit
    Agar badan tetap fit dan terjaga selama pergi berwisata, maka wajib bagi Anda menjaga pola asupan makanan, pola tidur, dan juga perbanyaklah mengonsumsi air putih.
  3. Merancang Jadwal Perjalanan
    Rancangan jadwal perjalanan ternyata sangat penting bagi Anda untuk bisa mengatur waktu wisata Anda. Jangan sampai, tanpa adanya rancangan dan jadwal yang jelas membuat Anda malah batal mengunjungi sejumlah tempat yang sudah Anda pikirkan sejak awal karena kehabisan waktu.
  4. Datang Lebih Awal
    Datang lebih awal dari waktu yang sudah Anda rencanakan menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan selama berwisata. Ketika Anda datang lebih awal, Anda bisa bersosialisasi, mengenal lokasi, dan bersantai sejenak sebelum berkeliling ke tempat wisata yang Anda tuju.
  5. Menjaga Barang Bawaan
    Menjaga barang bawaan Anda masing-masing menjadi hal utama yang sangat penting. Awasi dan bawa barang-barang Anda dengan aman dan jangan sampai meninggalkannya di lokasi wisata karena rawan hilang atau tertinggal.
  6. Menjaga Lokasi Wisata dengan Baik
    Biasakan untuk memerhatikan dan tetap menjaga kondisi lokasi wisata yang Anda kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak sarana dan prasarana yang ada disana.
  7. Mengabadikan Momen dengan Lucu
    Hal utama yang tidak boleh Anda lewatkan dari sebuah perjalanan wisata adalah mengabadikan setiap momen yang ada dengan baik untuk kemudian dishare ke sosial media Anda atau menjadi kenangan tersendiri.
Mengunjungi Istana Bogor yang Penuh dengan Sejarah | wowman99 |