Jantung dan Sistem Peredaran Darah

Jantung dan Sistem Peredaran Darah

Bersamaan dengan setiap detak jantung, darah dikirim ke seluruh bagian tubuh, membawa oksigen dan nutrisi ke setiap sel. Setiap harinya, 2.000 galon darah bepergian berkali-kali melalui hampir 60.000 mil pembuluh darah yang bercabang dan saling menyilang, menyambungkan sel organ dan bagian tubuh. Sistem peredaran tubuh dibuat oleh jantung dan pembuluh darah, termasuk arteri, vena, dan kapileri.

Tubuh kita sebenarnya memiliki dua sistem peredaran darah: Peredaran darah paru-paru adalah satu putaran pendek dari jantung ke paru-paru dan kembali lagi, dan peredaran darah sistem (sistem yang biasa kita kira sebagai sistem peredaran darah kita) yang mengirim darah dari jantung ke semua bagian tubuh kita yang lain lalu kembali lagi.

Jantung adalah organ kunci dari sistem peredaran darah. Sebagai pompa yang berongga dan berotot, fungsi utamanya adalah untuk mendorong darah ke seluruh tubuh. Biasanya akan terjadi 60-100 kali denyut darah per menit, namun bisa saja bertambah cepat jika dibutuhkan. Darah berdenyut sekitar 100.000 kali dalam sehari, lebih dari 30 juta kali per tahunnya, dan sekitar 2,5 miliar kali pada usia 70 tahun.

Jantung mendapatkan pesar dari tubuh yang memberi tahu kapan jantung harus memompa darah lebih banyak atau lebih sedikit tergantung dari kebutuhan orang tersebut. Ketika kita tidur, jantung memompa darah yang cukup untuk menyediakan sejumlah kecil oksigen yang dibutuhkan tubuh kita saat beristirahat. Ketika kita berolahraga atau ketakutan, jantung memompa lebih cepat untuk meningkatkan kiriman oksigen.

Jantung memiliki empat ruang yang dihubungkan dengan dinding yang tebal dan berotot. Terletak di antara jantung dan berada di sebelah kiri dari tengah rongga dada. Bagian bawah jantung terbagi menjadi dua ruang yang disebut kamar jantung kiri dan kanan, yang memompa darah keluar dari jantung. Sebuah dinding yang disebut interventricular septum membagi dua kamar jantung tersebut.

Bagian atas dari jantung terbuat dari dua ruang jantung, atrium kanan dan kiri. Atrium kanan dan kiri menerima darah yang masuk ke jantung. Sebuah dinding yang disebut interatrial septum membagi atrium kanan dan kiri, yang dipisahkan dari kamar jantung oleh katup atrioventricular. Katup tricuspid memisahkan atrium kanan dari kamar jantung kanan, dan katup mitral memisahkan atrium kiri dengan kamar jantung kiri.

Katup jantung lain memisahkan kamar jantung dan pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung. Ini disebut katup pulmonal, yang memisahkan kamar jantung kanan dengan arteri pulmonalis yang mengarah ke jantung, dan katup aorta, yang memisahkan kamar jantung kiri dengan aorta, pembuluh darah terbesar pada tubuh.

Arteri membawa darah keluar dari jantung. Ini adalah pembuluh darah paling tebal, dengan dinding otot yang mengkerut untuk menjaga darah bergerak dari jantung ke seluruh tubuh. Dalam sirkulasi sistemik, darah yang kaya akan oksigen dipompa ke jantung ke dalam aorta.

Jantung dan Sistem Peredaran Darah | wowman99 |