Berwisata Seru ke Kebun Raya Bogor

Berwisata Seru ke Kebun Raya Bogor

Liburan panjang memang menjadi momen tersendiri bagi masyarakat untuk mulai merencanakan bepergian mengunjungi tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat wisata yang ada di kawasan Bogor dan cukup terkenal adalah Kebun Raya Bogor. Kebun Raya ini memang kerap kali menjadi destinasi wisata bagi para warga di sekitar kawasan Bogor ataupun luar kota yang ingin menikmati wisata jalan-jalan yang menarik.

Alamat
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Lokasi wisata ini berada di kawasan Jalan Ir. H. Juanda No.13, Desa Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kawasan wisata ini sendiri berada di pusat kota dan disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung adalah dengan menaiki kendaraan umum. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari kemacetan yang mungkin saja terjadi.

Hal yang Menarik
Sebuah tempat wisata banyak dikunjungi karena memiliki daya tarik tersendiri bukan? Rupanya, Kebun Raya Bogor juga menyimpan daya tarik tersendiri yang digunakan sebagai magnet pengunjung. Lantas apa yang menarik dari lokasi wisata ini? Lokasi wisata ini memiliki luas yang cukup untuk melakukan penjelajahan oleh para wisatawan yang berkunjung kesana. Tak hanya itu, kepingan-kepingan sejarah di dalamnya membuat banyak orang menjadi penasaran ingin mengetahuinya.

Sosok penemu Bunga Bangkai bernama Rafles juga dikulik disana. Sosoknya yang sudah menyumbangkan ilmu pengetahuan dan perkembangan pariwisata di Indonesia tentu sangat menarik untuk diketahui. Meski begitu, ada kisah mistis yang ada di lokasi danau yang terletak di kebun raya ini. Konon katanya, sering kali ada penampakan noni Belanda yang menampakkan dirinya di sekitar danau ini.

Selain itu, ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa Anda lihat. Misalnya: halaman belakang Istana Presiden sebagai tempat jamuan tamu. Disana, Presiden terbiasa berbincang santai dalam rangka menyambut para tamunya. Tak hanya itu, ada juga patung tangan Tuhan. Patung ini memiliki bentuk sebuah tangan yang sedang menjunjung seorang laki-laki yang kepalanya dalam posisi menengadah dan mulutnya terbuka. Patung ini berisi sejarah tentang Irian Jaya dan merupakan sumbangan dari Swedia.

Bahkan, bagi Anda yang belum mengetahuinya. Di dalam kebun raya ini tersimpan rapi areal pemakaman Belanda Kuno yang masih terawat hingga kini. Bagi Anda yang menyukai taman, sebuah taman bernama Taman Soedjana Kasan bisa coba untuk Anda kunjungi. Kawasan ini merupakan kawasan yang paling indah dan menyimpan lambang negara disana. Disana ada banyak akar gantung yang kukuh dan bisa dijadikan sebagai tempat berayun atau sekadar berselfie ria.

Harga Tiket Masuk
Bagi Anda yang penasaran dengan harga tiket untuk bisa masuk ke dalam Kebun Raya Bogor, Anda tidak perlu khawatir dengan harganya. Harga tiket masuk wisata ini adalah Rp 15.000,00 per orang untuk WNI dan Rp 25.000,00 untuk WNA. Bagi Anda yang khawatir lelah mengeliling kebun raya ini, maka Anda bisa berkeliling menggunakan mobil yang telah disediakan pihak pengelola dengan membayar sebesar Rp 30.000,00 saja. Namun, jika Anda ingin bersepeda ria dengan onthel Anda cukup membayar Rp 5.000,00 untuk menyewanya.

Fasilitas
Di Kebun Raya Bogor terdapat fasilitas wisata yang bisa Anda manfaatkan, antara lain sebagai berikut:

  • Monumen Lady Raffles
    Monumen Lady Raffles didedikasikan untuk mengenang mendiang istri dari Sir Thomas Raffles yang turut berperan dalam reformasi Pulau Jawa. Monumen ini didirikan tepatnya di kebun raya yang terletak di Bogor ini.
  • Laboratorium Botani Treub
    Di lokasi wisata ini, Anda bisa menemukan sebuah laboratorium botani yang digunakan untuk meneliti tumbuhan tropis oleh Melchior Treub yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu laboratorium molekuler, laboratorium anatomi morfologi, laboratorium konservasi biji, laboratorium ekologi konservasi dan paranet, serta rumah kaca.
  • Penangkaran Bunga Bangkai
    Sebanyak 220 jenis bunga bangkai yang ada di seluruh dunia. Kebun Raya ini menyimpan 26 jenis bunga bangkai yang dilindungi disana. Selain di tempat asalnya, yaitu Aceh dan Lampung Anda dapat menemukan bunga bangkai ini di kebun raya.
  • Museum Zoologi
    Di dalam museum ini, Anda dapat menyaksikan kerangka hewan-hewan yang diawetkan. Koleksi yang tersimpan di museum ini, sebagian berasal dari Indonesia dan sebagian lagi berasal dari Jepang. Agar dapat berkunjung ke museum ini, Anda bisa menyusuri jalanan yang berada di Laboratorium Treub dan Nusa Indah Guest House.
  • Tugu Reinwarwardt
    Salah satu spot menarik di kebun raya ini adalah sebuah patung Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der capellen ahli botani dan kimia yang menjadi Menteri Pertanian, Seni, dan Ilmu Pengetahuan di Pulau Jawa. Ia merupakan penggagas didirikannya kebun raya ini dan ia juga menambah koleksi tanaman disana hingga 900 jenis.

Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata
Bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, sebaiknya menggunakan alat transportasi umum saja. Anda bisa mulai turun dari Stasiun Bogor, kemudian berjalan ke arah trotoar dan ikuti saja jalanan yang ada. Setelah Anda tiba di pertigaan yang mana di bagian tengah terdapat tugu berupa jam belok ke arah kanan. Menyeberanglah sejauh 200 meter dan di kiri Jalan Juanda Anda akan menemukan pintu masuk ke kebun raya.

Tips Berwisata
Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Kebun Raya Bogor ini. Pastikan Anda sedang dalam kondisi tubuh yang fit. Hal ini sangat penting mengingat kondisi luas kebun raya yang cukup besar, dapat membuat kelelahan ketika mengelilinginya dengan berjalan kaki. Berikut beberapa tips berwisata yang dapat Anda lakukan.

  1. Mengenakan sepatu atau sandal yang nyaman dikenakan
    Mengenakan alas kaki yang nyaman saat berwisata, tentu menjadi hal penting bagi Anda. Anda tidak ingin bukan jika nantinya kaki Anda lecet atau terluka?
  2. Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah
    Biasanya meski di lokasi wisata menjual makanan dan minuman berbagai macam. Membawa bekal sendiri di rumah dapat menghemat budget berwisata Anda.
  3. Hindari membawa banyak barang bawaan
    Membawa banyak abrang bawaan ketika berwisata tentu akan sangat merepotkan selama perjalanan Anda sehingga bawalah barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Membawa kamera mumpuni untuk mengabadikan momen
    Jangan sampai tertinggal untuk membawa kamera ketika Anda berkunjung ke tempat-tempat wisata. Karena Anda harus mengabadikan setiap momen yang ada dengan apik dengan memanfaatkan kamera yang Anda bawa.
  5. Hindari berkunjung di akhir pekan
    Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian, maka Anda bisa menghindari untuk datang ke tempat wisata pada waktu akhir pekan. Hal ini dikarenakan, biasanya tempat-tempat wisata banyak diserbu oleh pengunjung yang ingin menikmati akhir pekan bersama dengan keluarga. Berkunjung di akhir pekan tentunya membuat volume pengunjung tempat wisata menjadi lebih meningkat dan ramai sehingga akan sangat mengganggu bagi Anda yang tidak suka dengan keramaian.
Berwisata Seru ke Kebun Raya Bogor | wowman99 |
error: Content is protected !!