Laju Endap Darah : Nilai Normal, Tinggi dan Rendah

Laju Endap Darah : Nilai Normal, Tinggi dan Rendah

Laju endap darah, atau disebut juga Erythrocyte Sedimentation Rate atau Westergren ESR, adalah laju pengendapan sel darah merah dalam jangka waktu satu jam. Ini adalah tes hematologi umum, dan ukuran tidak spesifik dari peradangan. Untuk melakukan tes ini, darah antikoagulasi ditempatkan pada tabung tegak lurus, yang dikenal dengan nama tabung Westergren, dan laju sel darah merah di dalamnya diukur serta dilaporkan dalam satuan mm/jam.

Sejak dikenalkannya alat analisis otomatis pada laboratorium kesehatan, tes ESR telah dilakukan secara otomatis.

Laju endap darah diatur oleh keseimbangan antara faktor pro-pengendapan, biasanya fibrinogen, dan faktor yang menghambat pengendapan, yang disebut zeta potential. Ketika proses peradangan terjadi, proporsi fibrinogen yang tinggi dalam darah mengakibatkan sel darah merah saling melekat satu sama lain. Sel merah tersebut membentuk tumpukan yang disebut ‘rouleaux’. Formasi rouleaux juga dapat terjadi karena beberapa penyakit lymphoproliferative yang membuat satu atau lebih immunoglobulin disekresikan dalam jumlah yang besar. Formasi rouleaux dapat, bagaimanapun, menjadi penemuan fisiologi normal pada kuda, kucing, dan babi.

Laju endap darah meningkat karena berbagai sebab atau fokus pada peradangan. Laju endap darah meningkat saat kehamilan, peradangan, anemia atau rheumatoid arthritis, serta berkurang saat polycythemia, sickle cell anemia, hereditary spherocytosis, dan gagal jantung kongestif. Laju endap darah juga dapat meningkat pada kanker ginjal. Pada dasarnya laju endap darah biasanya lebih tinggi pada wanita.

NILAI NORMAL

Catatan: mm/jam = milimeter per jam.

Nilai normal asli dari Westergren adalah (Laki-laki 3mm dan wanita 7mm) yang tidak dipengaruhi oleh usia. Pada tahun 1967 dikonfirmasi bahwa nilai laju endap darah cenderung meningkat tergantung usia dan biasanya lebih tinggi pada wanita. Nilai tersebut akan naik apabila menderita anemia, dan juga di kalangan orang berkulit hitam.

Orang Dewasa

Rumus yang digunakan secara luas untuk menghitung nilai laju endap darah pada orang dewasa (dengan batas ketepatan 98%) adalah sebuah rumus yang dirancang pada tahun 1983:

Laju Endap Darah (mm/hr) ≤ Usia (dalam satuan tahun) + 10 (apabila wanita) / 2

Anak-anak

Nilai normal laju endap darah sekitar 1 hingga 2mm/jam saat lahir, naik hingga 4mm/jam 8 hari setelah dilahirkan, dan menjadi 17mm/jam di hari ke 14.

Jangkauan normalnya adalah:

  • Bayi baru lahir: 0 sampai 2mm/jam
  • Setelah dilahirkan hingga masa puber: 3 sampai 13mm/jam, tapi penelitian lain menunjukkan batas nilai normal tertinggi adalah 20.

Tes laju endap darah ini ditemukan pada tahun 1897 oleh dokter asal Polandia Edmund Biernacki. Di beberapa belahan dunia lainnya tes disebut Reaksi Biernacki (singkatan dalam bahasa Polandia: OB = Odczyn Biernackiego). Pada 1918 ahli patologi Robert Sanno Fahraeus menyatakan hal yang sama dan, bersama dengan Alf Vilhelm Albertsson Westergren, dikenal dengan tes Fahraeus-Westergren-nya (disingkat sebagai tes FW; di Inggris disebut dengan istilah Tes Westergren), yang menggunakan spesimen sodium citrate-anti-coagulated.

Laju Endap Darah : Nilai Normal, Tinggi dan Rendah | wowman99 |
error: Content is protected !!