15 Makanan Penambah Darah Terbaik Untuk Fight Anemia

15 Makanan Penambah Darah Terbaik Untuk Fight Anemia

Bagi wanita yang sedang dalam program diet, resiko penurunan darah atau anemia akan lebih besar karena asupan nutrisi yang dikonsumsi. Sell darah merah (hemoglobin) sangat penting untuk kesehatan, karena darahlah yang mengedarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Apabila terjadi penurunan jumlah darah, hal ini dapat mengakibatkan gejala awal anemia seperti lemah, lesu dan kelelahan.

Apabila mengalami penurunan hemoglobin, jangan terburu-buru mengkonsumsi suplemen penambah darah. Langkah pertama adalah dengan mengatasi penurunan darah, Anda dapat memilih cara yang lebih alami yaitu dengan memakan makanan sehat yang dikenal sebagai makanan penambah darah terbaik seperti berikut ini:

  • Daging – Daging dapat meningkatkan hemoglobin dan kaya zat besi. Sebagai tambahan, daging juga dengan mudah diserap oleh pencernaan sehingga tidak mengakibatkan penyumbatan gastrointestinal. Namun, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena hal ini dapat meningkatan resiko serangan jantung. Konsumsilah daging rendah lemak dengan program diet yang sesuai.
  • Sayuran – Makanan yang terbuat dari sayuran adalah salah satu makanan penambah darah terbaik. Namun, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran seperti bayam, ubi, kacang polong, kacang merah, kol, kentang, brokoli adalah beberapa sayuran penambah darah. Dari kesemuanya, ubi adalah pilihan alami terbaik untuk menambah jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, yang mengubah sel darah merah dan meningkatkan oksigen dalam darah.
  • Buah-buahan – Buah-buahan seperti apel, anggur dan melon, tidak hanya meningkatkan aliran darah, tapi juga meningkatkan jumlah sel darah merah. Jeruk dan jeruk nipis juga dapat menambah zat besi dalam tubuh.
  • Almond – Beberapa jenis kacang-kacangan dapat mengatasi kekurangan darah, terutama almond. 1 ons almond setiap harinya menyediakan 6 persen zat besi di dalam tubuh. Sebagai tambahan, harga almond relatif lebih murah daripada kacang-kacangan yang lain.
  • Roti, Oatmeal, dan Sereal – Makanan ini menyediakan 20 persen zat besi jika Anda rutin mengkonsumsinya setiap hari. Gandum membuat tubuh lebih sehat sehingga harus dimasukkan ke dalam daftar makanan pada program diet Anda. Gandum juga mengandung sejumlah besar zat besi yang mengurangi resiko anemia parah.

Apabila diet Anda berfokus pada lemak dan gula dan Anda merasa lemah serta lesu, cobalah beberapa makanan yang meningkatkan metabolisme tubuh secara alami. Banyak makanan alami yang mengandung zat besi dan protein tinggi serta mengandung vitamin B yang dibutuhkan untuk penyerapan sel. Nutrisi pada makanan-makanan ini mengolah sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan nutrisi yang merupakan bahan bakar utama untuk metabolisme.

10 Makanan Lain Yang Bisa Untuk Menambah Darah

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi dan vitamin B, Anda akan secara otomatis mengkonsumsi beragam jenis makanan yang menyediakan nutrisi penting lainnya demi sebuah diet yang lebih baik, seperti diet serat, kalsium, potasium dan magnesium.

15 Makanan Penambah Darah Terbaik Untuk Fight Anemia | wowman99 |