Wisata Religi di Masjid Al Imtizaj Bandung, Adem Menenangkan!

Wisata Religi di Masjid Al Imtizaj Bandung, Adem Menenangkan!

Masjid Al Imtizaj Bandung menjadi destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Kota Kembang. Dikarenakan tempat ibadah masjid yang akan dikunjungi, otomatis Anda sekalian melakukan perjalanan wisata religi. Terutama Anda sekalian yang beragama Islam dan sudah sampai di Kota Bandung. Mungkin Anda baru saja melakukan perjalanan jauh dari luar kota, luar provinsi, atau bahkan luar pulau Jawa. Anda bersama rombongan keluarga tercinta dan orang-orang terdekat jauh-jauh melakukan perjalanan dari kampung halaman menuju Kota Bandung.

Baca juga: Review Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Bandung, Rute, Profil DLL

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang sekaligus ibukota Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Sudah pasti tempat-tempat tersebut menjadi destinasi wisata yang layak dan pantas dikunjungi oleh semua wisatawan tanpa terkecuali. Bukan hanya wisatawan lokal dan domestik saja, tetapi juga dari mancanegara. Pasalnya, wisata Bandung juga sudah dipromosikan sampai ke luar negeri.

Mah, salah satu tempat wisata religi yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Masjid Al Imtizaj. Sebuah masjid yang terletak di tengah atau pusat Kota Bandung, sehingga mudah untuk menjangkaunya. Tentu saja ada kekhasan, keunikan, serta daya tarik yang luar biasa dari masjid yang satu ini, sehingga direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Salah satu daya tariknya adalah interior dan eksterior masjidnya.

Lalu, bagaimana sebenarnya daya tarik yang dimaksud dan informasi apa saja yang perlu diketahui dari Masjid Al Imtizaj Bandung? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga menjadi bahan referensi yang menarik bagi Anda sekalian.

Informasi umum Masjid Al Imtizaj Bandung

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa Masjid Al Imtizaj berlokasi di pusat Kota Bandung. Tepatnya di ruas Jalan ABC, Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. Anda yang sudah menjangkau Kota Bandung bisa segera menuju lokasinya dengan mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Khususnya Anda yang mengendarai kendaraan umum, silakan bertanya kepada masyarakat sekitar tentang keberadaan masjid yang satu ini. Anda juga bisa memanfaatkan taksi atau ojek online yang bisa dipanggil lebih mudah.

Baca juga: Review Sunrise Point Cukul Bandung, Spot Foto, Harga Tiket, Rute DLL

Daya tarik utama dari Masjid Al Imtizaj adalah gaya arsitektur yang bisa dilihat dari interior dan eksteriornya. Hal itu dikarenakan ada perpaduan yang menarik saat melihat arsitektur masjidnya secara keseluruhan. Ada yang identik dengan nuansa Tiongkok atau China dimana warna merah yang lebih menonjol. Namun demikian, interior di dalamnya yang bergaya Sunda juga tidak bisa ditinggalkan. Anda masih bisa melihatnya pada pernak-pernik di dalam Masjid Al Imtizaj. Selain itu, ornamen-ornamen pada dinding dan lantainya juga lebih menarik untuk dilihat.

Suasana di lingkungan masjidnya juga terada dingin. Mulai dari luar hingga dalam masjid begitu sejuk, meskipun cuaca panas menyengat di luar sana. Maka dari itu, tidak heran jika di siang hari cukup banyak orang yang mengunjungi Masjid Al Imtizaj untuk sekedar beristirahat sejenak, mengikuti sholat berjamaah di masjid, atau yang ingin berwisata religi. Memang benar, mereka yang datang ke masjid ini bisa mengambil foto maupun video seperti yang diinginkannya karena arsitektur bangunannya benar-benar menawan. Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa peralatan gadget Anda masing-masing saat mengunjungi Masjid Al Imtizaj Bandung. Dengan begitu, Anda bisa mengambil foto atau video dengan background bangunan masjid yang indah. Selanjutnya, tidak ada salahnya membagikannya di akun jejaring sosial media Anda agar lebih eksis di dunia maya.

Akan tetapi, Anda sebagai salah satu wisatawan yang mengunjungi Masjid Al Imtizaj Bandung harus tetap menjaga ketertiban, kekhusyukan, dan kenyamanan di sana. Terutama saat menjalankan ibadah sholat berjamaah. Jika waktunya bertepatan dengan sholat berjamaah, ikutilah seperti jamaah lainnya dengan khusyuk. Setelah selesai melakukan prosesi sholat, Anda bisa berkeliling sebentar untuk mengetahui lebih dekat dengan Masjid Al Imtizaj. Tentu saja ada batasannya, yaitu antara tempat sholat dan wudhu pria wanita dipisahkan. Sudah seharusnya Anda mengetahui batasan tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namanya saja tempat ibadah, tentu saja ada aturan ketat di dalamnya yang disesuaikan dengan ketentuan agaman dan kepercayaan tertentu. Dalam hal ini adalah ketentuan syariat agama Islam.

Wisata religi untuk menenangkan hati dan pikiran

Tidak selalu liburan menghabiskan waktu dengan bersenang-senang, berfoya-foya, melakukan hal-hal yang diinginkan, serta menghabiskan uang. Liburan juga bisa diisi dengan menenangkan hati dan pikiran agar lebih segar sekaligus dingin. Salah satu cara yang efektif, yaitu melakukan wisata religi dengan mengunjungi tempat-tempat ibadah. Bukan hanya mengunjunginya saja, tetapi juga mengikuti prosesi peribadatan yang dilakukan di dalamnya sesuai agama dan kepercayaan tertentu. Begitu juga saat Anda berwisata religi di Masjid Al Imtizaj Bandung. Silakan mengunjungi tempat ibadahnya, lalu mengikuti prosesi peribadatan dan segala pernak-perniknya di masjid tersebut.

Baca juga: Liburan Menantang di Arung Jeram Sungai Palayangan, Seru+Tegang!

Anda bisa merasa tenang dan nyaman saat beribadah. Biasanya di hari Minggu ada kajian Keislaman di Masjid Al Imtizaj Bandung. Silakan mengikutinya untuk menambah pengetahuan mengenai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, ketenangan pikiran dan hati bisa Anda rasakan. Kondisi tubuh dan mental semacam itu sangat dibutuhkan untuk semua orang. tidak peduli mereka pekerja sibuk, ibu rumah tangga, atau pengangguran sekalipun. Tiap orang pasti ingin hidupnya tenang dan nyaman. Mereka bisa selalu menyelesaikan tiap maalah yang datang setiap waktu. Oleh karena itu, perlu ada penyejuk qolbu dalam wujud wisata religi dengan mengunjungi Masjid Al Imtizaj.

Tidak menutup kemungkinan di akhir pekan, seperti hari Sabtu dan Minggu kondisi di Masjid Al Imtizaj semakin ramai oleh pengunjung. Mereka ada yang ingin beribadah di masjid atau sekedar ingin melihat lebih dekat keunikan dan daya tarik di masjid tersebut. Meskipun ramai, tetapi kebersihan tetap terjaga di lingkungan Masjid Al Imtizaj Bandung. Pasalnya, ada petugas kebersihan dibantu takmir masjid yang selalu siap membersihkan lingkungannya. Namun demikian, tiap jamaah atau pengunjung masjid harus selalu menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah di beberapa tempat sampah yang sudah disediakan. Begitu juga di toilet, kamar mandi, dan tempat wudu juga harus dijaga kebersihannya. Dengan begitu, Masjid Al Imtizaj akan selalu aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Namanya saja masjid, Anda tak perlu membayar tiket masuk untuk masuk ke dalamnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga menyedekahkan sedikit uang Anda untuk dimasukkan ke dalam kotak amal masjid. Setelah selesai di masjid, Anda yang merasa lapar bisa menuju ke luar karena ada rumah atau warung makan di sekitar masjid. Dijamin, Anda merasa puas melakukan wisata religi di Masjid Al Imtizaj.

Next: Review Situ Cileunca Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL

Itulah informasi mengenai Masjid Al Imtizaj Bandung sebagai salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Selamat liburan dan bersenang-senang di Bandung.

Wisata Religi di Masjid Al Imtizaj Bandung, Adem Menenangkan! | wowman99 |