Berwisata Religi ke Masjid Pusdai Bandung, Seru dan Mengasyikkan!

Berwisata Religi ke Masjid Pusdai Bandung, Seru dan Mengasyikkan!

Apakah Anda pernah mengunjungi Masjid Pusdai Bandung? Khususnya Anda sekalian yang beragama Islam, direkomendasikan mengunjungi salah satu masjid di Bandung tersebut. Bukan hanya masjid sebagai tempat beribadah sholat berjamaah saja, tetapi juga untuk mengetahui sejarahnya. Dengan begitu, Anda bisa berwisata religi yang mampu menyejukkan qolbu. Selain itu, keimanan Anda sebagai umat Islam juga akan meningkat untuk semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Wisata religi yang biasanya dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat keramat, seperti makam tokoh tertentu atau yang sejenisnya. Namun untuk di Bandung, wisata religi bisa dilakukan dengan mengunjungi masjid di sana.

Baca juga: Review Cisangkuy Market Bandung, Lokasi, Daftar Kuliner DLL

Ada beberapa masjid yang juga sekaligus dijadikan tempat wisata di Bandung. Ada Masjid Agung Bandung yang terletak di pusat Kota Kembang. Masjid kebanggaan masyarakat Bandung yang sudah populer hingga pelosok Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Selain Masjid Agung, masih ada beberapa masjid ladi di Kota Bandung yang mempunyai kekhasan, keunikan, dan daya tarik tersendiri. Dengan begitu, tidak sedikit wisatawan yang mengunjunginya untuk melihat dan membuktikan sendiri keunikan di masjid tersebut. Tak lupa mereka akan mengabadikan bangunan masjidnya dalam bentuk foto maupun video untuk dibagikan di dunia maya melalui jejaring sosial media. Nah, salah satu masjid yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat Anda liburan ke Bandung adalah Masjid Pusdai.

Lalu, informasi apa saja yang perlu diketahui mengenai Masjid Pusdai Bandung beserta pernak-perniknya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang bisa Anda jadikan bahan referensi sebelum benar-benar mengunjunginya nanti.

Informasi umum Masjid Pusdai Bandung

Masjid yang satu ini berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 63 Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya yang berada di tengah Kota Bandung sangat mudah dan strategis menjangkaunya. Anda yang sudah sampai di Kota Bandung dari perjalanan jauh luar kota, silakan langsung menuju Masjid Pusdai. Di situ Anda bisa melepas lelah sambil menanti waktu sholat fardhu agar bisa melaksanakannya berjamaah. Anda juga membersihkan tubuh dan berganti pakaian di toilet yang sudah disiapkan, baik untuk pria ataupun wanita. Dikarenakan termasuk tempat ibadah dan umum, maka masuk ke dalamnya tidak dipungt biaya alias gratis. Bahkan, parkir kendaraan di depan masjid juga digratiskan, tetapi harus rapi dan tertib.

Masjid Pusdai di Bandung merupakan salah satu masjid yang selalu ramai oleh jamaah khususnya yang ingin sholat berjamaah. Diketahui bahwa mayoritas penduduk di Kota Bandung memeluk agama Islam. Terutama di sekitar Masjid Pusdai yang masyarakatnya taat menjalankan ibadah sholat. Maka dari itu, mereka akan berbondong-bondong menuju masjid saat mendengar azan berkumandang dari Masjid Pusdai. Perlu Anda ketahui juga bahwa Pusdai merupakan singkatan dari Pusat Dakwah Islam. Dengan begitu, masjidnya menjadi pusat kegiatan berdakwah di Kota Bandung.

Baca juga: Review Babakan Siliwangi Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL

Ada cukup banyak kegiatan ibadah yang diselenggarakan oleh takmir Masjid Pusdai, baik yang sudah rutin dilakukan maupun sifatnya insidental. Mereka yang sudah menjadi jamaah Masjid Pusdai tetap tentu sudah hapal dengan kegiatan-kegiatan tersebut karena sangat mungkin mengikutinya. Anda sebagai wisatawan yang ingin mengetahui atau bahkan mengikuti kegiatan keislaman di Masjid Pusdai bisa membaca di papan pengumuman/informasi yang disediakan.

Silakan untuk beristirahat dan rebahan atau melakukan aktivitas lainnya, asalkan tidak mengganggu atau bertentangan dengan syariat Islam. Pasalnya, masjid merupakan tempat ibadah sehingga harus selalu dijaga ketertiban, kesopanan, dan kesuciannya. Tidak sedikit orang atau wisatawan yang mengunjungi Masjid Pusdai Bandung mengambil foto atau video dengan gadget yang mereka bawa. Berfoto selfie dengan background bangunan atau bagian interior masjid. Silakan saja melakukannya dengan tertib dan menjaga kebersihan serta tidak mengotori, apalagi merusaknya. Pasalnya, Masjid Pusdai merupakan tempat umum untuk beribadah yang tiap orang Islam dipersilakan masuk ke dalamnya.

Apa lagi daya tarik dari Masjid Pusdai Bandung?

Sebagai tempat ibadah, masjid memang digunakan untuk sholat berjamaah. Itulah kegiatan utamanya yang dilakukan rutin setiap hari lima kali, disesuaikan dengan ibadah sholat fardhu lima kali. Selain sholat berjamaah, masih ada beragam kegiatan lain yang berkaitan dengan peribadatan dan keislaman. Misalnya, pengajian rutin tiap minggu, makan pagi bersama, dan lain sebagainya. Daya tarik itulah yang menjadikan masjid di berbagai pelosok Indonesia selalu ramai dengan para jamaah yang mengunjunginya.

Begitu juga di Masjid Pusdai Bandung juga mempunyai banyak kegiatan serupa yang sudah terprogram dan terjadwal. Kegiatan-kegiatan keislaman yang bisa terbagi lagi untuk anak-anak, remaja, umum, atau yang lainnya. Selain itu, ada juga kegiatan rutin yang sebenarnya bukan program dari takmir masjid, tetapi sudah identik dengan Masjid Pusdai, yaitu pasar tiban atau pasar kaget. Memang benar, ada pasar dadakan di depan Masjid Pusdai tiap hari Jumat. Di situ berkumpul banyak pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya masing-masing. Biasanya, pasar kaget dimulai pada pagi hari dan semakin ramai menjelang dan sesudah sholat Jumat.

Baca juga: Review Tebing Citatah Bandung, Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas DLL

Pada hari Jumat, memang jamaah di Masjid Pusdai Bandung semakin banyak karena ada kegiatan sholat Jumat yang wajib dilakukan oleh pria atau laki-laki. Pada saat itulah pasar kaget ada dan semakin ramai suasana di Masjid Pusdai. Anda yang ingin merasakan suasana lebih ramai dan seru silakan mengunjungi Masjid Pusdai pada hari Jumat. Selanjutnya, silakan berkeliling di depan masjidnya untuk sekedar melihat-lihat barang dagangan yang dijual oleh para PKL. Siapa tahu ada yang mencuri perhatian dan harganya cocok, sehingga Anda bisa membelinya. Tak perlu ragu untuk menawar harganya untuk menemukan harga yang paling cocok. Tidak sedikit penjual jajanan makanan kecil yang mungkin belum pernah Anda cicipi.

Anda bisa membeli barang, suvernir, pernak-pernik, makanan kecil, dan lain sebagainya di pasar kaget Masjid Pusdai. Akan tetapi, Anda tetap harus menjaga lingkungan di sekitar masjid agar selalu bersih. Jangan membuang sampah sembarangan karena hanya mengotori saja. Buanglah sampah di tempat sampah yang sudah disediakan oleh pihak takmir masjid. Tidak ada salahnya juga Anda berinfak dengan memasukkan uang ke dalam kotak amal di dalam masjidnya. Terserah berapa pun nominalnya yang penting Anda ikhlas. Selalu berdoa dan berharap infak tersebut mendapat pahala sekaligus membantu kemakmuran di Masjid Pusdai.

Jadi, bukan hanya wisata alam, wisata shoping, wisata kuliner, atau jenis wisata lainnya yang bisa Anda lakukan saat liburan di Bandung. Namun, Anda juga bisa berwisata religi yang tujuannya untuk mempertebal keimanan sekaligus mencari suasana baru saat liburan. Berwisata religi dengan mengunjungi Masjid Pusdai sebagai salah satu masjid kebanggaan masyarakat Bandung. Khususnya Anda sekalian yang beragama Islam, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga tercinta dan orang-orang terdekat saat mengunjungi Masjid Pusdai Bandung.

Selanjutnya: Review Tempat Wisata Jalan Braga Bandung Yang Sudah Tersohor Itu

Itulah informasi mengenai Masjid Pusdai Bandung sebagai salah satu objek wisata religi yang bisa Anda kunjungi. Selamat liburan di Bandung dan semoga Anda sekalian diberikan kesehatan.

Berwisata Religi ke Masjid Pusdai Bandung, Seru dan Mengasyikkan! | wowman99 |