Pengertian Membran Sel, Fungsi Dan Sifatnya

Pengertian Membran Sel, Fungsi Dan Sifatnya

Sebuah penelitian yang diterbitkan secara online di Immunity memaparkan bahwa dengan menstimulasi sel imun yang dispesialisasi untuk mengidentifikasi protein membran sel asing yang tersebar pada spesies bakteri, peneliti mungkin dapat mengembangkan vaksin dengan jangkauan yang lebih luas. Penelitian dari Children’s Hospital of Pittsburgh of UPMS dan University of Pittsburgh School of Medicine mengatakan bahwa strategi ini dapat membuktikan keuntungan dalam mencegah infeksi yang diakibatkan organisme yang tahan terhadap berbagai macam obat.

Pengertian, Fungsi dan Struktur Membran Sel

Keturunan genetis organisme seperti katak, kerang dan ikan menunjukkan bahwa keluarga molekul yang memberikan sinyal-sel yang diberi nama interleukin-17 (IL-17) melakukan proses evolusi lebih dulu daripada sel T, salah satu anggota penting sistem imun pada manusia. Gen IL-17 pada manusia berubah menjadi sekelompok sel imun yang dispesialisasi dalam turunan sel-pembantu T, yang dikenal dengan nama sel Th17.

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan uji coba bakteria Klebsiella pneumoniae pada tikus, penyebab umum infeksi paru-paru. Ketika tikus tersebut sembuh dari radang paru-paru beberapa minggu kemudian, peneliti kembali melakukan uji coba bakteria yang sama dan menemukan bahwa dalam kedua percobaan tersebut, kehadiran kuman berakibat meningkatkan jumlah sel Th17 di paru-paru dan limfa tikus. Namun, ketika peneliti melakukan blok IL-17, mereka menemukan bahwa tikus tersebut masih mengembangkan imunitas pada infeksi, yang ditunjukkan bahwa antibodi yang dikontrol oleh sel B merespon dan tidak membutuhkan IL-17 untuk dapat aktif.

Sistem Transpor Membran

Kemudian percobaan dilanjut dengan menggunakan tikus yang dibesarkan dengan kekurangan sel B, yang memproduksi antibodi, dan mengujinya dengan Klebsiella pneumonia, dan menemukan bahwa tikus tersebut berpotensi menghasilkan imun dari serangan infeksi yang berulang dan menghasilkan IL-17, sehingga membuat sel Th17 mengembangkan ingatan imun terhadap bakteria Klebsiella.

Mereka juga menemukan bahwa sel Th17 merespon protein kompleks dalam membran sel sama seperti reaksi gula kompleks (polysaccharides) dalam mantel bakteri atau kapsul. Protein tersebut, yang merupakan kesatuan dengan struktur membran sel, secara umum sama dengan serangan bakteri.

Membran sel adalah sebuah membran biologis yang memisahkan isi dalam semua sel dari lingkungan luarnya. Membran sel dapat berpori untuk ion dan molekul organik dan mengelola pergerakan dari zat di dalam dan di luar sel. Fungsi dasar membran sel adalah untuk melindungi sel dari sekitarnya. Membran sel terdiri dari lapisan lipid ganda dengan protein di dalamnya. Membran sel berhubungan dengan sejumlah proses sel seperti pelekatan sel, konduktivitas ion, dan sinyal sel serta bertugas sebagai penghubung permukaan untuk beberapa struktur ekstrasel, termasuk dinding sel, glycocalyx, dan cytoskeleton. Membran sel dapat dibuat kembali dalam bentuk membran sel buatan.

Mengetahui lebih lanjut mengenai interaksi membran sel dapat membantu kita mengenali resiko kesehatan manusia. Selain itu, kita dapat menggunakannya untuk aplikasi bioteknologi, seperti membuat sistem pengobatan, terapi kanker dan tujuan biologis lainnya.

Pengertian Membran Sel, Fungsi Dan Sifatnya | wowman99 |
error: Content is protected !!