Monumen Bandung Lautan Api, Wisata Menarik Bersejarah

Monumen Bandung Lautan Api, Wisata Menarik Bersejarah

Monumen Bandung Lautan Api merupakan tempat mengenang sekaligus penghormatan atas peristiwa heroik para pejuang di Bandung dalam melawan penjajah Belanda. Anda tentu mengetahui perihal peristiwa Bandung Lautan Api, bukan? Peristiwa yang berlatar di Kota Bandung tersebut hingga sekarangterus dikenang. Salah satunya dengan mengunjungi monumennya yang juga berlokasi di Bandung. Bahkan, monumennya tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata dan direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur ke Bandung.

Dengan begitu, wisatawan bisa berwisata sejarah yang lebih spesifiknya sejarah perjuangan masyarakat Bandung dalam melawan Belanda hingga terjadi peristiwa heroik Bandung Lautan Api yang sangat terkenal tersebut. Maka dari itu, Anda yang sudah mengetahui peristiwanya tidak ada salahnya untuk mengunjungi langsung monumennya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sendiri atmosfer perjuangan rakyat Bandung saat itu.

Menarik: Kota Baru Parahyangan, Destinasi Wisata Keren Menyenangkan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung mempunyai banyak tempat liburan ataupun destinasi wisata yang pantas dan layak dikunjungi. Semua objek wisata yang dimilikinya juga beragam dilihat dari temanya. Salah satunya adalah wisata sejarah dengan mengunjungi Monumen Bandung Lautan Api. Terutama Anda yang belum pernah ke Bandng atau belum pernah mengunjungi tempat wisata ini. Silakan membaca uraian di bawah ini karena akan menginformasikan lebih lengkap dan detail mengenai monumen tersebu. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Monumen Bandung Lautan Api

Diketahui bahwa Monumen Bandung Lautan api berlokasi di Desa Dayeuhkolo, Bandung, Jawa Barat. Bangunan monumennya mempunyai tinggi sekitar 45 meter dengan sisi-sisi sebanyak 9 bidang. Lokasinya berada di kawasan Lapangan Tegallega, sehingga cukup mudah untuk dijangkau oleh banyak orang. Khususnya para wisatawan yang ingin mengunjungi museumnya bisa ditempuh mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Jika masih kebingungan menemukan lokasinya, jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar yang ditemui di sepanjang jalan. Mereka pasti dengan senang hati membantu Anda dengan menunjukkan arah jalannya. Untuk lebih mudah dan praktisnya lagi menemukan lokasi monumennya, silakan memanfaatkan fitur Google Map di gadget yang Anda bawa. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat menemukan dan mengunjungi monumennya.

Baca Juga: Berkunjung ke Trans Studio Bandung Dijamin Seru & Menyenangkan

Monumen ini didirikan bertujuan mengenang sejarah Bandung Lautan Api, dimana para pejuang dan rakyat Bandung dengan gagah berani melawan penjajah Belanda yang didukung sekutunya hingga titik darah penghabisan. Rakyat tidak mau menyerahkan Kota Bandung ke tangan penjajah. Mereka terus mempertahankan Kota Bandung agar tidak diambil oleh Penjajah, meskipun kenyataannya mengeahui bahwa tidak mungkin menang melawan penjajah yang didukung oleh persenjataan berat dan mematikan.

Wisata Sejarah Menambah Wawasan

Rakyat Bandung hanya memanfaatkan senjata api hasil rampasan, senjata tajam, serta bambu runcing saja untuk melawan pasukan musuh. Hanya semangat dan tekad yang pantang menyerah saja didukung ingin merdeka dari penjajahan. Dengan begitu, pasukan penjajah melawan kegigihan para pejuang Indonesia. Para pejuang kemerdekaan akhirnya membunguhanguskan kota Bandung agar saat dikuasai penjajah tidak ada yang bisa dimanfaatkan.

Mereka merelakan Kota Bandung ludes dilalap api agar pasukan penjajah hanya menemukan bangunan yang hancur dan terbakar saja. Tidak ada yang tersisa dari Kota Bandung setelah peristiwa Bandung Lautan Api. Rakyat bersama pejuang mengungsi dari kota Bandung agar tidak tertangkap dan menjadi tawanan pasukan musuh. Setiap tanggal 23 Maret masyarakat Bandung akan selalu terkenang dan memperingati peristiwa tersebut.

Wisata bersejarah untuk menambah nasionalisme

Memang benar, Anda berwisata di Monumen Bandung Lautan Api dapat menambah rasa nasionalisme. Bahasa sederhananya, Anda bisa merasa semakin memiliki Indonesia seutuhnya. Dengan begitu, Anda akan semakin sencintai negara ini dengan seluruh perbedaan dan keberagamannya. Semangat perjuangan para pejuang dan rakyat Bandung dalam melawan penjajah Belanda akan ‘menulari’ diri Anda sedikit demi sedikit. Para pejuang tersebut rela kehilangan harta benda maupun nyawa untuk mempertahankan wilayah Bandung agar tidak direbut oleh musuh. Anda pun juga bisa mengaplikasikan rasa perjuangan tersebut pada kehidupan sehari-hari yang masih bertujuan mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tentu saja tidak dalam perjuangan dengan berperang secara fisik karena masa perang kemerdekaan sudah usai. Kita sudah merdeka dan harus mempertahankan kemerdekaan tersebut selamanya. Salah satu cara mempertahankannya, yaitu menunjukkan yang terbaik dari bidang profesi atau pekerjaan kita masing-masing. Dengan begitu, nama bangsa bisa semakin harum dan dihormati oleh negara lain. Sebagai contoh, pahlawan-pahlawan Indonesia di bidang olahraga yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia karena kemenangannya. Mereka yang berhasil menang dalam cabang olahraga tertentu bukan hanya mendapatkan hadiah berupa medali, piala, atau uang saja. Namun, mereka juga mendapatkan kebanggaan diri karena berhasil membawa nama bangsa Indonesia semakin berkibar di dunia internasional.

Terkait: Liburan ke Stone Garden Bandung yang Instagramable Banget

Nah, rasa nasionalisme yang diwujudkan dalam perilaku mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut bisa dimulai dari perbuatan yang sepele, ringan, tetapi bisa dibalut dalam kegiatan liburan. Oleh karena itu, silakan mengunjungi objek wisata Monumen Bandung Lautan Api di Bandung, Jawa Barat. Ajaklah serta keluarga tercinta dan orang terdekat liburan ke sana. Atau mungkin, Anda yang berasal dari institusi sekolah di jenjang tertentu dapat merencanakan studytour ke Bandung. Dengan mengajak banyak siswa/siswi sekolah mengunjungi banyak tempat menarik di Bandung yang khususnya berunsur pendidikan. Seperti halnya mengunjungi Monumen Bandung Lautan Api agar bisa mendekatkan diri jiwa dan semangat nasionalisme serta mencintai Tanah Air kepada generasi muda Indonesia.

Tiket masuk dan jam buka

Sebelum meengunjungi Monumen Bandung Lautan Api dalam sebuah liburan yang seru dan menyenangkan, Anda juga perlu mengetahui perihal informasi harga tiket masuk dan jam bukanya. Diketahui bahwa Anda tak perlu membayar tiket masuknya saat berkunjung ke sana alias gratis. Oleh karena itu, Anda tak perlu khawatir saat mengunjunginya nanti. Namun demikian, bukan tidak mungkin Anda membeli pernak-pernik barang suvernir yang cantik-cantik. Selain itu, Anda juga tidak menutup kemungkinan membeli makanan dan minuman saat di sana untuk mengisi perut yang keroncongan. Oleh karena itu, selalu siapkan budget uang meskipun mengunjungi tempat wisata di Bandung yang menggratiskan tiket masuknya.

Lalu, bagaimana dengan jam masuk di Monumen Bandung Lautan Api? Diketahui bahwa tempat liburan ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Silakan Anda mengunjunginya pada jam tersebut agar bisa menikmati keseruan dan kesenangan semuanya. Jangan lupa membawa dan menyiapkan gadget masing-masing untuk bisa mengabadikan tiap momen seru di sana. Dijamin, Anda akan merasa senang dan mendapatkan pengetahuan banyak.

Selanjutnya: Menikmati Keindahan Panorama Gunung Tangkuban Perahu

Itulah uraian mengenai objek wisata Monumen Bandung Lautan Api yang bisa diinformasikan di sini. Setelah membacanya, semoga Anda sekalian tertarik untuk segera mengunjunginya saat berwisata ke Bandung di musim liburan yang akan datang. Selamat liburan dan bersenag-senang di Bandung.

Monumen Bandung Lautan Api, Wisata Menarik Bersejarah | wowman99 |
error: Content is protected !!