Museum Barli Bandung, Kreasi Seni Rupa Yang Mengagumkan

Museum Barli Bandung, Kreasi Seni Rupa Yang Mengagumkan

Satu lagi museum yang harus Anda kunjungi saat liburan ke Bandung, yaitu Museum Barli Bandung. Diketahui dari namanya memang cukup aneh. Namun demikian, keanehan itulah yang membuat banyak orang menjadi penasaran untuk mengetahuinya lebih dekat dan lengkap. Namanya saja sudah unik, apalagi isi atau benda-benda yang dipamerkan dalam museumnya.

Anda mungkin salah satu orang yang sudah pernah mengunjungi museum tersebut, sehingga bisa bercerita panjang lebar. Berbeda dengan sebagian lainnya yang belum pernah mengunjunginya. Bahkan, mereka juga belum pernah liburan ke Bandung. Jika kondisinya seperti itu, sudah seharusnya mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tempat-tempat wisata di Bandung. Salah satunya adalah Museum Barli.

Terkait: Taman Cempaka Bandung, Surga Bagi Pehobi Fotografi

Namanya saja museum, sehingga banyak benda, barang, atau pernak-pernik yang dipamerkan di dalamnya. Tentu saja tiap museum memiliki benda koleksi yang dipamerkan berbeda-beda. Tergantung dari tema yang diusung tiap museum yang bersangkutan. Begitu juga Museum Barli yang lebih menonjolkan unsur art atau kesenian. Anda yang merasa suka dengan kesenian dan segala macam pernak-perniknya sudah seharusnya mengunjungi museum ini. Namun, jangan ke sana sendirian karena kurang seru dan menyenangkan. Ajaklah serta seluruh anggota keluarga tercinta dan orang terdekat. Dengan begitu, Anda bisa merasakan langsung kesenangan dan keseruan berlibur di Bandung bersama orang-orang tersayang.

Lalu, informasi apa yang perlu diketahui perihal objek wisata Museum Barli Bandung? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Museum Barli Bandung

Museum Barli berlokasi di Jalan Prof. Ir. Sutami Nomor 91 Sukarasa, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada di tengah Kota Bandung, sehingga mudah dijangkau. Anda yang sudah sampai di Kota Bandung bisa mengaktifkan Google Maps pada gadget yang dimiliki untuk mengetahui lokasi sendiri dan Museum Barli yang ingin dituju. Selanjutnya, Anda bisa menelusuri jalan-jalan untuk bisa sampai ke gedung museumnya. Museum Barli berdiri sejak tahun 1990, tetapi baru diresmikan pada bulan Oktober 1992 oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi yang dijabat Soesilo Soedarman.

Anda mungkin bertanya, kenapa museumnya diberi nama Barli? Perlu Anda ketahui bahwa Barli merupakan nama seorang seniman pelukis asli Indonesia yang sudah meninggal dunia pada tahun 2006 silam. Pada awalnya, Barli mendirikan semacam galeri yang menyimpan hasil seni lukis yang pernah dibuatnya. Seiring perjalanan waktu, galeri tersebut banyak yang mengunjungi untuk sekedar melihat lukisan, berdiskusi perihal kesenian Indonesia, jual beli lukisan, dan lain sebagainya.

Bahkan, beberapa pelukis juga menitipkan hasil karyanya di galeri Barli. Makin lama koleksi lukisan di dalam galerinya makin banyak, sehingga Barli memutuskan untuk membuka museum pribadi yang isinya memamerkan banyak lukisan. Bukan hanya lukisan miliknya saja, tetapi juga milik pelukis lain.

Baca juga: Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi Penuh Daya Tarik

Selanjutnya, Pemkot Bandung menegosiasikan dengan Barli agar museum tersebut dibuka secara umum dengan dukungan pemerintah. Tentu saja dengan gedung museum yang lebih besar serta koleksi yang dipamerkan lebih banyak. Barli mengiyakan, lalu mulai museumnya dibenahi dan direnovasi. Sekarang, bukan hanya lukisan saja yang dipamerkan, tetapi juga sejumlah patung hasil karya para pematung profesional asli Indonesia.

Program Kesenian yang Bisa di ikuti Masyarakat Umum

Selain itu, Museum Barli Bandung juga sudah memiliki dan membuka beberapa program kesenian yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Misalnya, sekolah melukis, sekolah pematung, pameran lukisan, pameran lukisan keliling, dan lain sebagainya. Semua orang bisa berpartisipasi dalam program-program yang diselenggarakan oleh Museum Barli.

Bahkan, Museum Barli Bandung juga aktif menyebarluaskan berbagai informasi kepada masyarakat luas mengenai bidang kesenian secara umum. Bukan hanya kesenian di Indonesia saja, tetapi juga perkembangan dunia kesenian di luar negeri. Dengan begitu, semua orang bisa mengenal perkembangan bidang kesenian lebih luas baik dari dalam maupun luar negeri. Secara langsung atau tidak, Museum Barli mampu memberikan informasi di bidang kesenian lebih luas dan lengkap bagi banyak orang di luar sana. Bukan hanya sebatas para seniman yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya saja, tetapi juga masyarakat luas. Bahkan, para wisatawan juga ikut serta ditargetkan dalam program yang satu ini.

Terkait: Liburan ke Stone Garden Bandung yang Instagramable Banget

Pada akhirnya, Museum Barli Bandung sudah menjadi salah satu objek wisata di Kota Kembang yang direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan tanpa terkecuali. Mulai dari wisatawan lokal, domestik, hingga mancanegara. Tidak sedikit wisatawan mancanegara yang terlihat di Museum Barli untuk bisa menikmati semua benda seni yang dipamerkan di dalamnya.

Bukan tidak mungkin ada juga wisatawan yang tertarik dengan salah satu lukisannya, sehingga mau membelinya untuk dijadikan benda koleksi yang berharga disimpan di rumahnya. Pihak pengelola museum memang memperbolehkan pengunjung membeli lukisan-lukisan di sana, tetapi tidak semuanya. Pasalnya, lukisan-lukisan peninggalan Barli sudah menjadi benda seni nasional yang dilindungi oleh pemerintah, sehingga tidak boleh diperjualbelikan.

Berwisata menyenangkan sambil menikmati benda seni

Meskipun berwujud museum, tetapi Museum Barli Bandung masih bisa disebut Instagramable. Buktinya, tidak sedikit yang mengupload tempatnya dengan beragam angle di akun Instagramnya masing-masing. Mulai dari anak-anak hingga orang tua dipersilakan untuk mengunjungi tempat liburan tersebut. Anda yang ingin belajar melukis bisa bergabung dengan program yang diselenggarakan oleh pihak pengelola museumnya. Atau mungkin Anda hanya ingin sekedar menikmati banyak benda seni yang dipamerkan di dalam museumnya. Silakan saja melakukan berbagai aktivitas yang sesuai dengan keinginan Anda masing-masing.

Di dalam gedung museumnya juga terdapat semacam kafe kecil yang bisa dijadikan tempat nongkrong dan mencari makan minum. Silakan Anda beristirahat sebentar di cafe tersebut untuk sekedar mengisi perut atau yang lainnya. Beberapa fasilitas pendukung juga siap dipakai oleh para pengunjung, seperti toilet, mushola, dan yang lainnya. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat mengunjungi Museum Barli Bandung karena semua kebutuhan sudah sudah ada dan terjamin. Ada yang sifatnya gratis, ada juga yang tidak. Seperti halnya tiket masuk ke dalam museumnya.

Harga Tiket dan Jam Buka

Diketahui bahwa tiket masuk saat ingin masuk ke dalam Museum Barli, yaitu seharga Rp 10.000/orang untuk pelajar dan Rp 15.000/orang untuk non pelajar atau dewasa. Sepertinya, harga tiket masuknya cukup terjangkau untuk semua orang dan kalangan. Anda yang ingin mengunjungi museumnya bersama rombongan besar, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dulu via telepon agar saat di sana lebih aman dan nyaman.

Silakan Anda mengunjungi museumnya setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB. Terutama di akhir pekan, hari libur nasional, atau musim liburan, museumnya semakin banyak pengunjung. Namun demikian, pihak pengelola akan selalu siap melayani setiap pengunjung yang datang.

Selanjutnya: Berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang Penuh Daya Menarik

Itulah tulisan singkat yang menginformasikan perihal Museum Barli Bandung sebagai salah satu tempat liburan di Bandung yang direkomendasikan Anda kunjungi. Terutama Anda yang berencana liburan ke Bandung jangan lupa mengagendakan untuk mengunjungi museumnya. Selamat liburan.

Museum Barli Bandung, Kreasi Seni Rupa Yang Mengagumkan | wowman99 |