Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi Penuh Daya Tarik

Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi Penuh Daya Tarik

Anda pun direkomendasikan berkunjung ke Museum Geologi Bandung saat liburan ke Kota Kembang dan sekitarnya. Dibaca dari nama tempatnya saja sudah sangat identik dengan sains atau ilmu pengetahuan alam. Lebih spesifiknya, yaitu ilmu geologi. Lalu, apa itu geologi? Geologi adalah salah satu disiplin ilmu pengetahuan alam yang mempelajari bagaian-bagian bumi, seperti komposisinya, struktur, sifat fisik, sejarah, serta proses pembetukannya. Dengan mempelajari geologi, maka kita dapat mengetahui asal-usul bumi secara umum dan keseluruhan.

Pembelajaran geologi tersebut bisa dilakukan dengan cara melihat dan mengamati langsung penampakan-penampakan alam di luar sana untuk dikembangkan dan dianalisis. Dalam proses pembelajaran tersebut, bukan tidak mungkin geolog atau orang yang ahli di bidang geologi menemukan bukti-bukti kuat perihal cabang ilmu ini. Buktinya dapat berubapa berang atau benda dari ukuran kecil hingga besar. Selain itu, buktinya juga bisa dalam bentuk lainnya.

Baca juga: Kota Baru Parahyangan, Destinasi Wisata Keren Menyenangkan

Nah, bukti-bukti penemuan di bidang geologi tersebut disimpan sekaligus dipamerkan di sebuah museum yang ada di Bandung. Itulah Museum Geologi Bandung yang juga menjadi salah satu destinasi wisata. Anda yang ingin liburan ke Bandung dipersilakan untuk mengunjungi museum ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan di bidang geologi. Lalu, apa saja informasi terkait tempat liburan yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Museum Geologi Bandung

Museum Geologi berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 57 Bandung. Lokasinya di tengah Kota Bandung, sehingga mudah dijangkau, yaitu dekat dengan Gedung Sate. Diketahui gedung museumnya dibangun pada tanggal 16 Mei 1928. Setelah bangunnya berdiri, sempat direnovasi dengan bantuan dana dari Japan International Cooperation Agency atau disingkat JICA. Setelah renovasi gedung museumnya selesai, diresmikan oleh Wakil Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

Dengan begitu, Museum Geologi Bandung dibuka untuk masyarakat umum tanpa terkecuali. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita. Semua dipersilakan mengunjungi museum tersebut. Museum geologi ini termasuk monuman bersejarah sehingga di bawah perlindungan pemerintah Indonesia. Benda atau barang yang disimpan dan dipamerkan di dalam museumnya merupakan peninggalan nasional yang harus selalu dijaga dan dilindungi.

Terkait: Berkunjung ke Trans Studio Bandung Dijamin Seru & Menyenangkan

Diketahui ada banyak benda atau barang yang terkait bidang geologi khususnya di Indonesia. Misalnya, batuan, mineral, fosil, dan segala pernak-perniknya. Semua koleksi benda-benda geologinya dikumpulkan sejak tahun 1850 dalam proses kerja lapangan yang dilakukan oleh para geolog Indonesia. Bahkan, tidak menutup kemungkinan koleksi benda geologi yang disimpan bertambah lagi, seiring dengan penemuan-penemuan di bidang ini. Semua benda, barang, serta pernak-pernik geologi yang disimpan di dalam museum dirawat dengan sebaik-baiknya. Anda pun bisa melihat serta membaca informasi dari semua benda koleksinya. Dengan begitu wawasan Anda akan semakin terbuka dan menambah pengetahuan di bidang ini.

Daya Tarik Saintis

Anda mungkin seorang yang awam di bidang geologi sebagai salah satu cabang disiplin sains. Namun demikian, tidak ada salahnya mengenal ilmu geologi melalui mengunjungi Museum Geologi Bandung. Pengenalannya tidak melalui membaca buku-buku diktat yang tebal, seperti anak kuliahan. Hal tersebut pasti sangat membosankan. Namun, Anda mengenalnya melalui pengamatan dari banyak benda atau barang peninggalan geologi yang ditemukan oleh para geolog dari seluruh pelosok Nusantara.

Cara pengenalan yang tidak membosankan, tetapi malahan cenderung menyenangkan. Maka dari itu, museum geologi ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang direkomendasikan untuk semua wisatawan yang liburan ke Bandung agar mengunjunginya. Lalu, apakah Anda tertarik mengunjunginya? Jika iya, silakan untuk merencanakan dan mempersiapkan liburannya.

Liburan menyenangkan dan mendapatkan pengetahuan bermanfaat

Tujuan berwisata atau liburan jangan hanya bersenang-senang sepuasnya saja sambil berhura-hura dan menghabiskan uang. Namun, liburan juga sudah seharusnya bertujuan mencari pengalaman baru yang bermanfaat. Pengalaman baru tersebut bisa berwujud pengetahuan dan wawasan yang bisa membuka cakrawala kita semua.

Informasi yang didapatkan belum tentu Anda dapatkan di tempat lain, sehingga benar-benar bermanfaat. Seperti saat Anda mengunjungi Museum Geologi Bandung dalam rangka liburan yang menyenangkan. Jangan sampai Anda lewatkan mendapatkan informasi mengenai sejarah pembentukan bumi pada umumnya dan daratan Indonesia pada khususnya. Anda dapat mengetahuinya dari melihat, memperhatikan, membaca, dan memahami dengan saksama beragam barang yang dipamerkan di dalam museum.

Baca: Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Pesona Alam Jernihkan Mata

Anda yang belum paham dan mengerti, bisa bertanya langsung kepada petugas yang berjaga di situ. Mereka pasti akan menjawab dan menerangkan secara gamblang. Dengan begitu, Anda dapat semakin tahu dan paham mengenai hal-hal khusus masih berkaitan bidang geologi. Jika masih belum puas, silakan mengambil gambar atau foto dari barang atau pernak-pernik di dalam museum dengan alat gadget masing-masing yang Anda bawa.

Ber-selfie Ria diantara Benda-Benda Geologi

Bahkan, Anda masih bisa berfoto selfie dengan background benda-benda geologi peninggalam masa lampau yang tidak kalah menariknya. Tentu saja Anda harus tetap menjaga kebersihan, kesopanan, dan kesusilaan selama di dalam Museum Geologi Bandung. Jangan sampai berbuat onar, keributan, atau perbuatan memalukan lainnya karena bisa diusir dari museum.

Perlu diperjelas lagi bahwa semua koleksi yang ada di dalam Museum Geologi Bandung dilindungi oleh pemerintah karena termasuk peninggalan nasional. Maka dari itu, semua pengunjung tanpa terkecuali harus bisa ikut serta menjaga dan merawatnya. Jangan malahan melakukan vandalisme atau pengrusakan pada bnda-benda geologinya yang bisa melanggar hukum. Jadi, tak perlu memegang benda atau barang yang dipamerkan, dan Anda hanya cukup melihat, memperhatikan, dan membaca informasi yang tertera di situ. Selain itu, selalu jagalah kebersihan di dalam maupun lingkungan museumnya. Misalnya, selalu membuang sampah atau kotoran di tempat-tempat yang sudah disiapkan.

Berapa harga tiket masuknya?

Informasi selanjutnya yang perlu Anda ketahui perihal Museum Geologi Bandung adalah harga tiket masuknya. Memang tidak gratis karena setiap orang yang ingin masuk ke dalamnya harus membeli tiketnya terlebih dulu. Tiket masuknya cukup murah dan terjangkau untuk semua orang dan kalangan. Rp 2000/orang untuk pelajar dan mahasiswa. Rp 3000/orang atau masyarakat umum. Rp 10.000/orang untuk wisatawan asing. Sangat murah, bukan? Maka dari itu, silakan mengunjunginya bersama keluarga tercinta dan orang terdekat. Anda bisa berwisata edukasi untuk mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas pendukung di museumnya? Anda tak perlu khawatir, pihak pengelolanya sudah menyiapkan banyak fasilitas pendukung yang pantas dan layak pakai. Misalnya, toilet, mushola, tempat duduk, dan lain sebagainya. Diketahui bahwa museum geologi tutup pada hari Jumat dan hari libur nasional. Selain hari-hari tersebut, museumnya buka untuk masyarakat umum.

Selanjutnya: Monumen Bandung Lautan Api, Wisata Menarik Bersejarah

Jadi, silakan untuk rencanakan liburan ke Bandung di musim liburan yang akan datang karena banyak tempat unik sekaligus menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Museum Geologi Bandung yang informasi detaimnya sudah dijabarkan di atas. Selamat berlibur dan bersenang-senang.

Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi Penuh Daya Tarik | wowman99 |