Museum Sri Baduga, Tempat Wisata Edukatif yang Menyenangkan

Museum Sri Baduga, Tempat Wisata Edukatif yang Menyenangkan

Salah satu museum yang ada di Bandung dan perlu Anda kunjungi adalah Museum Sri Baduga. Kenapa direkomendasikan untuk dikunjungi? Tentu saja ada alasannya dan hal tersebut berkaitan dengan pengetahuan dan wawasan kebangsaan Indonesia. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari berbagai bidang kehidupan manusia saat mengunjungi museum yang satu ini. Dibaca dari namanya saja juga terkesan aneh. Nama Sri Baduga sendiri tidak begitu populer untuk masyarakat awam Indonesia. Pastinya juga berkaitan dengan sejarah Indonesia secara umum. Oleh karena itu, memang seharusnya Anda ketahui informasinya secara lengkap dan detail, sehingga mampu menambah pengetahuan Anda sebagai salah satu warga Indonesia.

Terkait: Keindahan Curug Maribaya, Pesona Alam Tak Tergantikan

Ternyata, bukan hanya warga atau masyarakat Indonesia saja yang direkomendasikan mengunjungi Museum Sri Baduga. Namun, para turis asing atau mancanegara yang kebetulan berwisata di Bandung. Mereka juga dipersilakan mengunjungi museumnya. Hal tersebut terbukti dari keberadaan turis asing di museum.

Lalu, apa yang menarik dari Museum Sri Baduga dan perlu diketahui informasinya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Kenapa dinamakan Museum Sri Baduga?

Nama Sri Baduga ternyata mempunyai sejarah tersendiri. Masih berkaitan dengan sosok terkenal di zaman dulu. Tepatnya di zaman kerajaan dimana pada zaman itu Kerajaan Pajajaran dipimpin oleh seorang raja dengan gelar Sri Baduga Maharaja. Hal tersebut diketahui dari tulisan di Prasasti Batutulis. Lokasi kerajaan Pajajaran yang sekarang di Provinsi Jawa Barat yang sangat tepat diambil namanya untuk penamaan sebuah tempat khusus. Tempat yang di dalamnya menyimpan sekaligus memamerkan kepada masyarakat umum banyak peninggalan bersejarah, baik berasal dari Indonesia maupun mancanegara. Museum yang memberikan banyak pengetahuan bermanfaat bagi orang-orang yang mengunjungi dan membaca informasi di dalamnya. Itulah yang bernama Museum Sri Baduga.

Diketahui bahwa museum tersebut dikelola oleh pihak Pemprov Jawa Barat hingga sekarang. Pertama kali dibangun pada tahun 1974 dengan merenovasi bangunan lama bekas gedung pemerintahan atau Kawedanan Tegallega. Diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang saat itu dijabat Daoed Joesoef. Dengan peresmian tersebut, Museum Sri Baduga dibuka untuk umum. Setiap orang dipersilakan mengunjunginya dan masuk ke dalamnya. Seiring berjalannya waktu, museum ini dijadikan salah satu destinasi wisata yang diunggulkan di Jawa Barat pada umumnya dan di Bandung pada khususnya. Tidak hanya wisatawan lokal dari masyarakat Bandung dan sekitarnya saja yang dipersilakan mengunjunginya. Namun, wisatawan domestik dari seluruh pelosok Indonesia juga direkomendasikan untuk berkunjung ke museum ini. Bahkan, wisatawan asing juga diarahkan untuk mengunjunginya seiring semakin maju dan pesat sektor pariwisata di Bandung.

Terkait: Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona

Tentu saja seiring banyaknya pengunjung di Museum Sri Baduga akan berdampak positif bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitarnya. Pasalnya, mereka bisa meningkatkan perekonomian keluarga masing-masing dengan memberdayakan usaha kreatif dan berskala rumah tangga. Misalnya, membuka warung makan, toko oleh-oleh khas Bandung, menjual suvernir atau cinderamata, dan lain sebagainya. Secara langsung atau tidak, keberadaan museum ini memang membawa berkah bagi banyak orang. Sementara itu, Anda mungkin salah satu orang yang belum pernah mengunjungi museum tersebut. Jika demikian, silakan segera merencanakan untuk liburan ke Bandung dengan menargetkan mengunjungi Museum Sri Baduga. Selain bersenang-senang dan liburan, Anda juga perlu mendapatkan kegiatan bermanfaat serta menambah pengetahuan. Salah satunya dengan mengunjungi Museum yang satu ini.

Lalu, apa yang menarik di Museum Sri Baduga?

Tiap objek atau tempat wisata pasti ada yang menarik perhatian, sehingga direkomendasikan untuk dikunjungi. Ada daya tarik menarik yang luar biasa hingga mampu membat banyak orang atau wisatawan mengunjunginya. Tentu saja daya tarik tersebut masih berkaitan dengan hiburan dan bersenang-senang yang menjadi tujuan dari wisatawan liburan ke Bandung. Begitu juga saat disarankan untuk mengunjungi Museum Sri Baduga dimana tempat tersebut juga mempunyai daya tarik menarik. Pasalnya, di dalam museumnya menyimpan dan memamerkan beragam barang serta pernak-pernik koleksi dari 10 kelompok bidang ilmu, yaitu Geologi, Arkeologi, Sejarah, Etnografika, Biologi, Keramikologika, Nurismatika, Teknologi, Heraldika, dan Seni Rupa.

Baca: Berwisata ke Alun-Alun Kota Bandung, Tempat Ikonik di Kota Kembang

Anda pun bisa membayangkan sendiri sepuluh bidang kehidupan manusia itu sejak dulu hingga sekarang tentu berubah, berinovasi, dan membuahan hasil-hasil karya luar biasa. Meskipun tidak semua karya dan peristiwa dipamerkan di dalam Museum Sri Baduga, tetapi isinya cukup lengkap. Bahkan, Anda bisa dibuat tertegun dengan semua yang dipamerkan di dalamnya.

Wisata Penuh Edukasi

Tiap barang atau benda yang dipamerkan dilengkapi dengan informasi pendukung yang bisa Anda baca di samping atau bawahnya. Silakan Anda baca informasinya agar bisa lebih paham. Namun jika masih kurang paham juga, bertanya saja kepada petugas di sana yang berjaga. Jadi, Anda tak perlu malu, ragu, apalagi bingung saat mengunjungi museumnya. Nikmati saja semua barang atau sesuatu yang ditampilkan di dalam museum. Baca informasi pendukungnya. Anda pun bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih banyak. Informasi yang mungkin belum pernah Anda baca, tonton, atau ketahui di tempat lain.

Baca juga: Mengunjungi Museum Konferensi Asia Afrika yang Penuh Sejarah

Lagipula, ada sepuluh bidang berbeda yang menjadi tema dasar dari semua barang atau benda yang dipamerkan di museum ini. Anda bisa mencari yang paling bagus, menarik, serta disesuaikan dengan ketertarikan sendiri. Sebagai contoh, Anda menyukai bidang Biologi yang kebetulan sama dengan latar belakang pendidikan di perguruan tingginya. Ternyata, ada cukup banyak fenomena yang berkaitan dengan dunia Biologi di dunia yang Anda belum mengetahuinya. Anda pun bisa mecatat dan mengabadikannya dalam banyak foto. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai dokumentasi yang menarik sekaligus kenang-kenangan tak terlupakan karena pernah mengunjungi Museum Sri Baduga.

Harga tiket yang murah meriah

Sebelum Anda berlibur ke Bandung dan mengunjungi Museum Sri Baduga nanti, tentu harus mendapatkan informasi yang selengkapnya. Tak terkecuali, informasi perihal tarif masuk ke museum atau harga tiket masuknya. Pasalnya, pihak pengelola memang tidak menggratiskan tiap orang atau pengunjung yang ingin masuk ke dalam museum. Ada tiket masuk yang harus dibayar, tetapi Anda tak perlu khawatir karena nominalnya sangat terjangkau.

Diketahui harga tiket masuknya sebesar Rp 3000/orang untuk pelajar SMA, SMA, dan orang dewasa atau masyarakat umum. Selain itu, ada tiket lain sebesar Rp 2000/orang untuk anak-anak usia TK hingga SMP. Sangat murah, bukan? Fasilitas yang disediakan di dalam museumnya juga cukup lengkap, aman, dan nyaman. Misalnya, toilet, tempat duduk, mushola, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Berkunjung ke Museum 3D Bandung, Sensasi Wisata Kekinian

Oleh karena itu, silakan Anda sekalian mengunjungi Museum Sri Baduga yang berlokasi di Jalan BKR Nomor 185 Astanaanyar, Kota Bandung. Diperkirakan ada lebih dari 6000 koleksi benda atau barang dari 10 bidang kehidupan manusia yang dipamerkan di dalamnya. Anda bisa melihat dan membaca sepuasnya. Jangan lupa untuk mengabadikan tiap momen di sana yang seru dengan gadget yang Anda miliki masing-masing.

Museum Sri Baduga, Tempat Wisata Edukatif yang Menyenangkan | wowman99 |
error: Content is protected !!