Wisata Seni Mengagumkan di Nuart Sculpture Park Bandung

Wisata Seni Mengagumkan di Nuart Sculpture Park Bandung

Masih ada satu lagi tempat wisata di Bandung yang Instagramable banget, yaitu Nuart Sculpture Park. Dari namanya saja, sangat keren dan unik memakai bahasa Inggris. Hal tersebut banyak mengundang tanya dan penasaran banyak orang. Terutama Anda sekalian yang belum pernah mengunjunginya atau bahkan belum pernah liburan ke Bandung. Sebaiknya Anda mengetahui beragam informasi mengenai beragam tempat liburan ke Bandung yang ternyata begitu banyak. Bukan hanya objek-objek wisata yang sudah populer dan diberitakan saja. Namun, Bandung juga memiliki masih banyak tempat yang bisa disebut antimainstream sekaligus kekinian. Tempat-tempat tersebut direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan, baik lokal, domestik, maupun mancanegara.

Baca juga: Wot Batu Bandung, Tempat Wisata yang Instagramable + Antimainstream

Bila sudah mendapatkan informasinya, rencanakan secara detail semua kebutuhan dan kelengkapan untuk melakukan liburan ke Bandung. Khususnya Anda yang berdomisili jauh dari Bandung atau bahkan di luar pulau Jawa. Pasalnya, Anda tak mungkin menjelajahi dan mengunjungi tempat wisata menarik di Bandung hanya satu dua hari saja. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Nuart Sculpture Park. Lalu, apa sebenarnya tempat tersebut dan apa yang menarik di dalamnya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Nuart Sculpture Park

Apa itu Nuart Sculpture Park? Perlu Anda ketahui bahwa tempat yang satu ini merupakan sebuah museum galeri seni patung. Di dalamnya tersimpan sekaligus dipamerkan banyak patung, lukisan, dan benda seni lainnya yang pastinya menarik untuk dilihat. Lokasinya berada di Jalan Setraduta KII/11, Kota Bandung, Jawa Barat. Terletak di pusat Kota Bandung sehingga mudah untuk menemukan dan menjangkaunya. Anda yang sedang liburan di Bandung dipersilakan untuk mengunjunginya bersama seluruh anggota keluarga dan orang terdekat. Anda bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi atau umum saat sudah sampai di Kota Bandung.

Nuart Sculpture Park dibedakan menjadi beberapa bagian lainnya. Dimulai dari Sculptur Park merupakan taman seni patung yang berada di luar gedung museum. Saat Anda ingin masuk ke dalam museumnya, pasti akan melewati deretan patung yang mempunyai model dan bentuk beraneka ragam.

Diketahui bahwa patung-patung tersebut merupakan hasil karya seorang seniman patung asal Bali, Nyoman Nuarta. Silakan Anda berkeliling dan melihat seni patung yang dipamerkan sebelum masuk gedung museumnya. Bahkan, proses pembuatan beberapa bagian patung Garuda Wisnu Kencana yang dikerjakan oleh Nyoman Nuarta, juga dilakukan di situ. Sekarang, patung Hindu terbesar di Indonesia tersebut hanya bisa dijumpai di Bali.

Baca juga: Taman Gesit Bandung, Wisata Nuansa Hijau, Aktif & Menyehatkan

Selanjutnya, silakan masuk ke dalam gedung Nuart Sculpture Park. Anda akan masuk dan disuguhi pemandangan Galerry yang terdiri atas dua lantai. Lantai pertama menyimpan dan memamerkan hasil karya seni dari Nyoman Nuarta selain seni patung. Didominasi oleh seni lukisan yang pernah dibuat oleh seniman besar tersebut. Namun, ada juga seni pahat dan beberapa pernak-pernik benda seni yang tak kalah menariknya. Sementara di lantai dua, menyimpan dan memamerkan hasil karya seni dari seniman lain.

Bukan hanya seniman asal Bandung dan sekitarnya saja, tetapi juga dari seluruh pelosok Indonesia. Anda pun bisa melihat dan menemukan banyak benda seni yang unik, menarik, serta mempunyai estetika tinggi. Bukan hanya pecinta dan penggemar seni saja yang bisa terhibur, tetapi juga masyarakat umum yang mengunjungi Nuart Sculpture Park. Mereka dapat menikmati keindahan seni dari benda-benda karya sastra para seniman Indonesia.

Masih ada tempat menarik lain lagi di kawasan Nuart Sculpture Park, yaitu N Cafe. Sebuah kafe yang menawarkan kuliner khas Bali. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh mengunjungi Bali hanya untuk ingin menikmati makanan dan minumannya yang khas serta populer. Anda cukup mengunjungi N Cafe, lalu pilih sendiri menu makanan dan minuman yang ingin dicicipi. Dijamin, Anda tidak akan kecewa karena citarasanya menggugah selera. Sambil beristirahat dan melepas lelah, silakan Anda menikmati kuliner khas Bali yang bisa ditemukan di Kota Bandung.

Lalu, apa lagi yang menarik di Nuart Sculpture Park?

Ada yang bernama Craft Boutique. Sebuah tempat yang membuat serta menjual miniatur benda-benda seni karya Nyoman Nuarta. Selain itu, miniatur karya patung dari seniman atau desiner lain juga dibuat sekaligus dijual di situ. Anda pun bisa memilih sendiri mana yang ingin dibeli untuk dijadikan oleh-oleh atau sekedar sebagai barang kenang-kenangan karena pernah mengunjungi Nuart Sculpture Park. Harganya pun bervariasi tergantung dari ukuran, kualitas, dan tingkat kesulitan membuat benda seninya. Anda yang ingin membeli salah satunya juga perlu menyesuaikan dengan budget keuangan yang dimiliki masing-masing. Namun demikian, semua benda seni yang dijual di Craft Boutique berkualitas bagus.

Masih ada satu tempat lagi di Nuart Sculpture Park yang bisa Anda kunjungi, yaitu bernama Workshop. Sebuah tempat yang difungsikan sebagai ruangan pribadi Nyoman Nuarta. Di situ sang seniman merenung, berpikir, serta membuat berbagai benda seni yang bernilai tinggi. Anda yang ingin masuk ke dalamnya silakan mengunjunginya di hari Minggu saja. Pasalnya, ruangan Workshop dibuka untuk masyarakat umum pada akhir pekan saja.

Terkait: Stadion Si Jalak Harupat, Alternatif Tempat Wisata yang Ikonik

Sementara untuk hari-hari biasa digunakan sepenuhnya beraktivitas serta berkesenian bagi Nyoman Nuarta dan beberapa seniman lainnya. Mereka tak bisa bekerja dan berkonsenrasi tinggi untuk menghasilkan benda seni bagus jika di dalam ruangannya terlalu ramai. Saat masuk di dalam ruangan tersebut, Anda bisa ikut berkesenian dengan membuat benda seni seperti yang diinginkan. Misalnya, lukisan, batik, patng, atau bend seni lainnya. Ada petugas yang akan membimbing Anda saat ingin membuatnya.

Bahkan, kawasan Nuart Sculpture Park juga dapat disewa atau digunakan untuk acara spesial. Misalnya, pernikahan, gathering, arisan, atau yang lainnya. Tentu saja Anda yang ingin menyewa tempatnya harus menghubungi pihak pengelolanya untuk membicarakan segala sesuatunya. Itulah semua tempat yang ada di dalam kawasan Nuart Sculpture Park dan bisa Anda kunjungi dan nikmati. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan mengunjungi tempat wisata tersebut saat Anda liburan ke Bandung.

Bagaimana dengan tiket masuk dan fasilitas pendukungnya?

Anda yang ingin masuk ke dalam Nuart Sculpture Park memang tidak gratis. Anda harus membeli tiketnya terlebih dulu dengan harga Rp 50.000/orang. Harga tiket tersebut sebanding dengan keseruan dan kesenangan yang akan Anda nikmati di dalamnya. Sementara untuk fasilitas pendukung, pihak pengelola tempat liburan ini sudah menyiapkan beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Misalnya, tempat parkir yang luas, toilet bersih, tempat duduk nyaman, mushola, tempat makan, dan yang lainnya. Anda bisa seharian betah berlama-lama saat mengunjunginya. Jangan lupa mengabadikan tiap momen seru dan bahagia dengan gadget yang dibawa masing-masing.

Next: Review Kebun Binatang Bandung, Tiket, Lokasi, Sejarah DLL

Itulah informasi mengenai objek wisata bernama Nuart Sculpture Park yang harus Anda kunjungi. Anda bisa mengunjunginya saat liburan menyenangkan di Bandung. Selamat berlibur dan bersenang-senang.

Wisata Seni Mengagumkan di Nuart Sculpture Park Bandung | wowman99 |