3 Alternatif Obat Batuk Kering Paling Efektif

3 Alternatif Obat Batuk Kering Paling Efektif

Seringan apapun, sakit pastinya akan membuat kondisi tubuh tidak enak. Salah satu penyakit yang tidak menyebabkan masalah yang serius, namun amat mengganggu adalah batuk. Pada batuk berdahak, orang harus membuang dahak yang berlebihan, namun sebaliknya, pada batuk kering biasanya tenggorokan rasanya begitu kering dan perih sehingga batuk dan dada biasanya akan merasa sakit.

Jika batuk kering dibiarkan berlanjut, maka biasanya akan terjadi luka di tenggorokan sehingga penderita batuk akan merasa semakin sakit ataupun malah kehilangan suaranya. Lama-kelamaan, penderita batuk kering yang tidak dapat mengobati batuknya akan mengalami permasalahan pada pita suaranya. Ancaman terhadap pita suara tidak terjadi pada batuk berdahak, oleh karenanya, sebaiknya penderita batuk kering berhati-hati dan memberikan obat batuk kering begitu mengalami masalah yang satu ini.

Ketika membeli obat batuk kering yang dijual bebas di apotek, hendaknya para penderita batuk menanyakan secara teliti kepada apoteker ataupun yang bertugas bahwa yang dibutuhkan adalah obat khusus untuk mengobati batuk kering. Ini karena macam batuk amatlah beraneka ragam, ada batuk berdahak dan ada pula batuk karena alergi. Jika obat yang dibeli adalah obat batuk karena alergi, maka sudah barang tentu batuk tidak akan kunjung sembuh. Baca juga peringatan dan cara minumnya sebelum mengkonsumsi obat tersebut.

Pastikan bahwa obat yang diminum tidak mengandung obat tidur sehingga tidak mengganggu aktifitas pekerjaan sehari-hari atau jika memang obat batuk tersebut mengandung obat tidur, maka sebaiknya obat tersebut diminum hanya ketika malam hari. Jika memang setelah mengkonsumsi obat batuk kering, penderita belum merasa lebih baik, maka konsultasi pada dokter adalah jalan yang terbaik untuk menghindarkan diri dari masalah pita suara.

Untuk meringankan berbagai gejala batuk kering, penderita batuk bisa juga melakukan berbagai hal seperti di bawah ini:

  1. Minum air putih
    Air putih merupakan salah satu yang membantu mengobati batuk, terutama batuk kering. Ketika tenggorokan terasa begitu kering, maka minum air putih langsung akan membuat penderita merasa lebih baik. Selain itu, jika tenggorokan dibasahi terus-menerus dengan air putih, maka tenggorokan tidak akan lecet.
  2. Makan permen pelega tenggorokan
    Carilah permen pelega tenggorokan yang sesuai dengan selera penderita dan rasakan betapa permen akan membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Permen ini biasanya tersedia dalam berbagai pilihan rasa serta pilihan kekuatan. Jika penderita batuk suka dengan rasa yang kuat, maka bisa saja memilih permen yang lebih pedas, namun demikian jika tidak, maka bisa memilih permen yang lebih manis.
  3. Minum cuka apel
    Cuka apel bisa didapatkan di berbagai supermarket terdekat. Untuk melegakan tenggorokan, cukup dengan mencampur cuka apel dengan air hangat dan kemudian diminum perlahan-lahan.
3 Alternatif Obat Batuk Kering Paling Efektif | wowman99 |