Atasi Batuk dengan 4 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

Atasi Batuk dengan 4 Obat Batuk Alami Paling Ampuh

Pergantian musim merupakan masa dimana kita sering terserang berbagai penyakit seperti flu, batuk dan pilek. Jika batuk sendiri menjadi parah, maka tidurpun akan sering terganggu dan dada akan terasa sakit karena terus-terusan didera batuk. Jika sudah begitu, maka pastinya segala kegiatan sehari-hari akan menjadi terganggu.

Bukan saja flu, batuk dan pileknya saja yang akan mengganggu, namun bahkan berabagai macam pengobatan yang dijual di pasaranpun memang akan mengagggu kegiatan karena biasanya mengandung efek samping yang membuat orang menjadi mengantuk. Karena itulah banyak yang akhirnya mencoba mengobati penyakit ini dengan obat batuk alami.

Apakah obat alami manjur? Bisa saja obat alami ampuh dalam menyembuhkan batuk jika si penderita sendiri memahami jenis batuk yang dialaminya sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat.

Batuk tidak hanya menyerang mereka yang sakit flu saja. Ternyata batuk sendiri memang sering menjadi pertanda akan adanya penyakit lain seperti alergi ataupun asma. Selain itu, batuk bisa jadi merupakan efek samping dari pengobatan yang diberikan kepada penyakit darah tinggi atau alergi. Tidak jarang pengobatan tersebut akan menyebabkan batuk yang kronis.

Walaupun batuk memang mengganggu, tapi sebenarnya batuk biasanya bisa dirawat sendiri di rumah dan tidak membutuhkan bantuan dokter kecuali jika memang penderita batuk termasuk dalam kategori kelompok beresiko tinggi atau sudah mencoba berbagai macam pengobatan sendiri namun tidak juga sembuh.

Apa saja yang mampu membantu agar batuk dapat dikendalikan?

  • Memperbanyak konsumsi air putih
    Batuk atau flu menyebabkan adanya infeksi di bagian pernafasan atas sehingga terjadi dahak. Jumlah dahak yang menumpuk akan menggelitik tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Mengkonsumsi air putih akan membantu untuk mengencerkan dahak yang ada di bagian belakang hidung ini. Lakukan ini terutama pada saat udara terasa kering.
  • Mengkonsumi minuman tertentu
    Musuh dari batuk adalam mentol dan jahe. Ketika batuk dan tenggorokan terasa sakit, cobalah minum seduhan teh hangat yang dicampur dengan mentol atau jahe. Minuman hangat ini akan membantu untuk mengurangi batuk dan menghilangkan rasa sakit yang ada di tenggorokan. Bahkan minuman inipun telah terbukti secara klinis untuk dapat membantu mengurangi batuk.
  • Mandi air panas
    Mandi dengan menggunakan air panas memang dapat mengurangi dahak dan batuk. Ini karena pada saat mandi air panas, pernafasan akan menghirup uap.
  • Menjaga kebersihan udara
    Salah satu penyebab batuk mugkin adalah sinus kronis ataupun alergi. Kedua penyakit ini hanya dapat disembuhkan jika memang udara yang dihirup adalah udara yang bersih dari alergen ataupun penyebab kambuhnya sinus. Jika salah satu anggota keluarga di rumah mengalami alergi yang masuk dari udara, maka sebaiknya para perokok menjauh.

Atasi Batuk dengan 4 Obat Batuk Alami Paling Ampuh | wowman99 |