Berwisata ke Observatorium Bosscha Bandung, Tiket Masuk, Jadwal DLL

Berwisata ke Observatorium Bosscha Bandung, Tiket Masuk, Jadwal DLL

Apa itu Observatorium Bosscha? Apakah Anda sudah mengetahuinya atau belum? Apakah Anda sudah pernah melihat dan mengunjunginya atau belum? Jika sudah, berarti tidak menutup kemungkinan Anda pernah mengunjungi salah satu tempat unik dan menarik di Bandung ini. Atau mungkin, Anda mengetahui tempatnya setelah membaca informasi di Google atau sejenisnya, tetapi belum pernah mengunjunginya.

Jika demikian, Anda tentu bisa bercerita atau berbicara banyak mengenai Observatorium di Bosscha tersebut. Berbeda dengan Anda yang belum pernah mengetahuinya, apalagi mengunjunginya. Namun tenang saja, di sini Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas perihal tempat liburan tersebut. Jadi, silakan membaca tulisan ini hingga tuntas untuk menambah wawasan serta menjadikannya bahan referensi.

Baca juga: Review Situ Cileunca Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL

Mengapa Observatorium Bosscha disebut tempat liburan? Hal itu dikarenakan tempat yang satu ini memang dibuka untuk masyarakat umum. Dengan kata lain, tiap orang dipersilakan masuk dan mengunjunginya. Lalu, melihat, membaca, dan mengetahui banyak informasi di dalam tempatnya yang sarat akan pengetahuan serta teknologi. Oleh karena itu, direkomendasikan kepada Anda sekalian untuk mengunjunginya.

Terutama bagi yang belum pernah sama sekali mengunjunginya. Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga tercinta dan orang-orang terdekat. Pasalnya, objek wisata ini cocok untuk segala umur. Mulai dari anak kecil hingga orang tua, pria maupun wanita. Bukan hanya wisatawab lokal dan domestik saja yang mengunjunginya, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Lalu, informasi apa saja yang perlu diketahui perihal Observatorium Bosscha di Bandung tersebut? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca tulisan berikut yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Observatorium Bosscha

Penjelasan bisa dimulai dari apa itu Observatorium? Sebuah tempat khusus yang berfungsi untuk mengamati berbagai benda di ruang angkasa yang masih dalam ruang lingkup bidang astronomi atau ilmu perbintangan. Dikarenakan tempatnya berfungsi seperti itu, maka jangan heran jika di dalamnya terdapat benda, barang, maupun peralatan yang bisa digunakan untuk mengamati benda-benda di ruang angkasa. Misalnya, teleskop atau teropong bintang yang berukuran besar. Dimana alat tersebut digunakan untuk mengamati beragam bintang dan benda luar angkasa lainnya. Selain teropong bintang, masih banyak peralatan lainnya dengan fungsi yang sama.

Baca juga: Review Perkebunan Teh Malabar Pangalengan Bandung, Rute, Profil DLL

Lalu, apa itu Observatorium Bosscha? Sebuah observatorium bernama Boscha yang terletak di wilayah Bandung, Jawa Barat. Sudah pasti ada daya tarik maupun keistimewaan dari tempat tersebut hingga dijadikan objek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi banyak orang. Salah satu daya tariknya adalah terdapat teropong bintang tertua di Indonesia. tentu saja teropong bintang tersebut masih berfungsi baik dan dapat digunakan hingga sekarang. Bahkan, para pengunjung di observatoriumnya juga dapat mencoba teropong bintang tersebut. Namun, tidak boleh mencobanya sendiri karena sudah ada pemandu atau petugas yang siap untuk memberitahu cara penggunaannya.

Anda bisa mendaoatkan pengetahuan yang lebih di bidang astronomi. Mulai dari perkembangan bidang astronomi di Indonesia dan dunia, penemuan-penemuan di bidang astronomi, sejarah Observatorium Bosscha itu sendiri, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui bidang astronomi lebih dalam, Anda bisa memahami bahwa bumi ternyata bukan satu-satunya planet di alam semesta yang sangat luas ini. Anda pun bisa lebih bersyukur kepada Tuhan yang mampu menciptakan alam semesta dengan seisinya. Oleh karena itu, jangan menunggu lebih lama lagi untuk segera merencanakan liburan ke Bandung, yang salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Observatorium di Bosscha.

Lalu, apa lagi daya tarik di Observatorium Bosscha?

Selain teropong bintang tertua di Indonesia, masih banyak hal menarik di observatorium ini. Beragam peralatan astronomi, foto-foto, kumpulan dokumen, film dokumenter, dan lain sebagainya. Semuanya bisa menambah pengetahuan Anda di bidang astronomi. Terutama para generasi atau kawula muda yang biasanya lebih tertarik untuk mengenal sesuatu yang belum pernah mereka temui atau ketahui sebelumnya. Oleh karena itu, cukup banyak muda-mudi yang mengunjungi Observatorium Bosscha. Ada yang sendirian, berduaan saja, hingga rombongan dengan teman-temannya. Selain itu, ada juga yang berkunjung secara rombongan dari sekolah atau perguruan tinggi tertentu. Misalnya, acara study tour atau sejenisnya dengan mengunjungi beberapa objek wisata di Bandung dan sekitarnya.

Baca juga: Review Sunrise Point Cukul Bandung, Spot Foto, Harga Tiket, Rute DLL

Mulai dari perjalanan menuju Observatorium Bosscha sudah cukup menarik karena ada di pegunungan. Anda pun bisa melihat pemandangan perkebunan teh yang menghampar di sisi kanan dan kiri jalan. Tidak ada salahnya juga berhenti sebentar untuk sekedar menikmati pemandangan perkebunan teh tersebut sembari menghirup udara yang menyegarkan. Sesampainya di observatorium, Anda akan disuguhi pemandangan yang tidak kalah bagusnya di sekitar lokasi. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan beristirahat sejenak dengan duduk-duduk di sekitar observatorium, sebelum memasukinya. Bahkan, ada juga yang menggelar tikar atau matras untuk menyantap makanan dan minuman yang dibawanya bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Silakan saja makan dan minum di sekitar Observatorium Bosscha, tetapi harus tetap menjaga kebersihan lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan karena hanya akan mengotori lingkungan di sekitar observatorium. Silakan membuang sampah bekas wadah atau sisa makanan dan minuman di tempat sampah yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Dengan begitu, Anda bisa turut menjaga kebersihan di situ. Begitu juga saat berada di dalam observatorium, Anda harus menjaga kebersihan, ketertiban, dan kesopanan. Jangan sampai melakukan hal-hal yang sifatnya merusak atau sejenisnya. Tujuannya agar di dalam observatorium tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya.

Berapa harga tiket masuknya?

Untuk bisa masuk ke dalam Observatorium Bosscha dan menikmati pengetahuan di dalamnya, Anda harus membayar tiketnya terlebih dulu dengan harga Rp 25 ribu per orang. memang tiketnya cukup mahal, jika dibandingkan dengan objek-objek wisata alam di Bandung. Namun demikian, nominalnya masih cukup terjangkau untuk semua orang. Selain itu, harga tiket masuknya tersebut sudah sebanding dengan pegetahuan, wawasan, serta beragam hal menarik lainnya. Oleh karena itu, silakan membeli tiketnya terlebih dulu. Sementara jika Anda ingin ke observatorium dengan rombongan besar, sebaiknya menghubungi terlebih dulu pihak pengelolanya melalui sambungan telepon atau lainnya. Siapa tahu ada potongan harga tiket yang diberikan pihak pengelola kepada Anda dan rombongan.

Beragam fasilitas juga sudah disiapkan oleh pihak pengelola Observatorium Bosscha untuk semua pengunjung tanpa terkecuali. Hal itu bertujuan agar semua pengunjung merasa betah, aman, dan nyaman saat mengunjungi observatorium. Dengan begitu, mereka bisa berlama-lama di dalamnya. Beberapa fasilitas yang disediakan, antara lain tempat parkir kendaraan bermotor, toilet, mushola, tempat duduk, tempat sampah, dan masih banyak lagi. Silakan Anda menggunakan seluruh fasilitas tersebut dengan bertanggung jawab dan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk mengantri dan bergantian dengan pengunjung lain.

Next: Wisata Religi di Masjid Al Imtizaj Bandung, Adem Menenangkan!

Itulah informasi mengenai Observatorium Bosscha sebagai salah satu objek wisata di Bandung yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Selamat liburan di Bandung dan bersenang-senang sepuasnya.

Berwisata ke Observatorium Bosscha Bandung, Tiket Masuk, Jadwal DLL | wowman99 |