Pantai Baron Yogyakarta, Hamparan Surga Sejauh Mata Memandang

Pantai Baron Yogyakarta, Hamparan Surga Sejauh Mata Memandang

Jika Anda menuju ke arah timur dari Yogyakarta melewati Wonosari, Anda akan segera menyadari apa yang akan Anda temukan. Terdapat banyak sekali pantai-pantai indah dengan pemandangannya yang luar biasa. Salah satunya, berlokasi di kota pinggir pantai dekat Gunung Kidul Kemadang yang dikenal dengan nama Pantai Baron.

Pantai Baron Jogja

Pantai Baron memiliki pesona lain jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di seluruh Yogyakarta. Berbeda dengan pantai lain, ombak di sini tidak terlalu besar. Dua sisi bukit yang mengapit Baron, mungkin adalah alasan mengapa ombaknya tidak terlalu besar.

Selain itu, salah satu keistimewaan lainnya adalah batu-batu pantai yang terdapat di sana. Tidak ada yang tahu pasti mengapa batu-batu di sekitar Pantai Baron berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan batu-batu pantai lainnya.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini salah satunya adalah bermain bola pantai. Karena garis pantainya yang cukup panjang, pantai ini memiliki permukaan yang cukup datar. Jika Anda lelah setelah bermain bola pantai, Anda dapat beralih ke kegiatan lain, contohnya memancing. Di atas pegunungan di sebelah kiri pantai ini, Anda dapat melempar pancing di sepanjang pantai.

Memancing ikan di pantai lepas seperti ini biasanya bukanlah kegiatan yang bisa Anda lakukan sehari-hari, sehingga ini dapat memberikan Anda sensasi kegembiraan yang cukup berbeda daripada kegiatan pantai biasanya. Sebagai tambahan, beberapa pegunungan yang mengitari pantai ini memiliki titik aman yang cocok untuk tempat bermain anak-anak.

Pantai Baron adalah pantai yang indah di pandang mata. Butiran pasir pantai yang berwarna gelap berpadu dengan cahaya matahari, terlebih cahaya matahari senja dapat memberikan nuansa pemandangan matahari tenggelam yang berbeda daripada tempat-tempat lainnya. Apabila langit menjadi semakin gelap, namun Anda tidak berani mendekati pantai yang sudah mulai gelap, Anda masih bisa naik ke bukit di sebelah kiri untuk tempat yang tepat mendirikan tenda atau sekedar menikmati pemandangan malam yang aman.

Seperti layaknya wisata pantai lainnya, Pantai Baron menyediakan berbagai pilihan menu makanan yang dapat dipilih di sepanjang pantai. Tentu saja hampir semuanya menawarkan sajian hidangan laut. Ini adalah pilihan yang tepat untuk memanjakan perut Anda dengan makanan laut segar yang baru saja diambil dari laut. Makanan ini tentu saja akan lebih lezat daripada makanan di restoran, karena ikan yang Anda santap, baru saja dibawa oleh nelayan dan masih dalam keadaan segar.

Salah satu kegiatan yang rutin digelar di pantai ini adalah tradisi Upacara Sedekah Laut yang dilaksanakan oleh komunitas nelayan lokal di setiap bulan Suro berdasarkan kalender Jawa. Ini merupakan sebuah kegiatan untuk menunjukkan rasa terima kasih para nelayan kepada Tuhan atas berkah hasil laut yang melimpah yang telah diberikan sepanjang tahun sehingga para penduduk dapat menikmatinya. Jika Anda kebetulan akan bepergian ke Pantai Baron bersamaan dengan waktu diadakannya acara ini, tidak ada salahnya untuk menjadi saksi salah satu tradisi lama yang masih dilestarikan hingga di masa modern seperti ini.

Pantai Baron Yogyakarta, Hamparan Surga Sejauh Mata Memandang | wowman99 |