Pantai Klayar Pacitan, Wisata Hamparan Sejuta Keindahan

Pantai Klayar Pacitan, Wisata Hamparan Sejuta Keindahan

Pantai Klayar adalah pantai yang berlokasi di Kabupaten Pacitan. Pantai Klayar berlokasi di daerah Kalak, wilayah Donorojo, kira-kira 45 km di Pacitan Barat dan dapat dicapai dengan mobil atau sepeda motor. Untuk dapat menuju ke pantai ini, pengunjung harus melalui medan yang sempit, berliku-liku, dengan tikungan tajam. Perjalanan ini seakan menggambarkan bagaimana indahnya tempat yang harus dilalui dengan perjuangan panjang ini. Meskipun begitu, Pantai Klayar tidak akan mengecewakan perjalanan sulit itu dengan pemandangan hijau di sekeliling pantainya serta gunung dan lembah yang masih murni dan asri.

Berkunjung ke Pantai Klayar cukup menyenangkan terlebih karena tempat ini belum terlalu dikenal luas di kalangan turis. Jika bukan di hari libur, pantai ini hanya diisi oleh nelayan yang sedang memancing di pantai. Pantai dengan pasir putih dan ombak besar yang berkejaran setiap saat menambah keindahan alami Pantai Klayar yang tidak bisa dilewatkan. Dari bukit Anda dapat melihat ujung pantai sejauh mata memandang serta pemandangan indahnya. Keindahannya bahkan tidak bisa digambarkan lagi di atas kertas atau gambaran lainnya.

Pantai ini diapit oleh tebing-tebing yang tinggi. Terdapat tebing di kiri-kanannya yang berdiri layaknya menara pengawas pantai. Pantainya sendiri didominasi oleh koral dan batuan vulkanis. Sayangnya Anda tidak dapat mandi atau berenang di pantai Klayar layaknya di pantai-pantai lainnya. Batu karang di Pantai Klayar memiliki bentuk yang unik. Bentuknya didapat dari tiupan angin serta ombak tiap harinya selama bertahun-tahun sehingga mengikis batu karang di sekitar pantai. Beberapa orang menyebutnya seperti Spinx di Mesir. Bentuknya yang unik tampak seperti buatan tangan seorang perajin yang sangat hebat.

Suara debur ombak pantai ini mengalun layaknya seruling. Udara yang keluar dari batu karang bercampur dengan suara ombak dan air laut terdengar seperti air terjun dari kejauhan. Bila Anda menikmati keindahan pantai ini dari bukit, berjalanlah ke arah timur, Anda akan menemukan sungai kecil yang mengalir langsung ke pantai lalu membelah ke laut. Sungai ini tidak terlalu dalam sehingga kita dapat menyeberanginya secara langsung, di beberapa titik, tingginya hingga seukuran paha orang dewasa.

Membicarakan tentang pantai biasanya berhubungan erat dengan matahari terbit dan tenggelam, begitu pula di Pantai Klayar di mana Anda dapat melihat pemandangan indah dari matahari terbit. Keindahan matahari yang perlahan muncul dari ufuk timur membuat Anda takjub dan mungkin takkan berhenti mengabadikannya dengan kamera Anda.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Klayar adalah restoran makanan laut, tempat parkir serta pasar ikan dan masjid untuk dapat memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang untuk mengunjungi Pantai Klayar. Pantai ini tidak mengalami terlalu banyak perubahan setelah bertahun-tahun, sehingga keindahan serta kealamiannya masih terjaga.

Pantai Klayar Pacitan, Wisata Hamparan Sejuta Keindahan | wowman99 |
error: Content is protected !!