Pasir Pantai Yang Luar Biasa

Pasir Pantai Yang Luar Biasa

Menuju ke Pantai Papakolea di Hawaii tidaklah mudah – wisatawan harus menahan panas dan kasarnya jalan mendaki di lereng laut untuk mencapainya. Namun orang-orang tetap melakukannya setiap hari. Kenapa? Karena pasir pantai Papakolea tidaklah berwarna emas atau putih – atau bahkan hitam. Pantai Papakolea memiliki pasir pantai berwarna hijau.

Kebanyakan dari kita akan menikmati perjalanan ke pantai. Tapi ketegangan tertentu saat menenggelamkan jari-jari kakimu ke dalam tanah di tepi pantai yang unik – seperti Papakolea, tentu terlihat luar biasa seperti adegan dalam film.

Penduduk Amerika dikenal menyukai pantai. Kira-kira 85 persen dari penduduk Amerika akan mengunjungi pantai saat liburan tiba, menurut Stephen P. Leatherman, Ph.D., alias Dr. Pantai, direktur dari Laboratorium Penelitian Pantai di Universitas Internasional Florida. “Tidak ada yang menandingi pantai,” kata Leatherman. “Anda punya pasir, air, dan ombak, ditambah udara yang sejuk dan segar. Ditambah lagi faktor kenangan: semua orang menyukai pasir saat masih kanan-kanak.”

Pantai yang unik menambah tingkat kenikmatan pantai. Fakta bahwa alam telah menciptakan pantai-pantai yang aneh ini mungkin adalah hal yang paling mencengangkan. Tidak ada tangan manusia yang ikut campur – hanya semua campuran geologis dari udara, air, temperatur, dan tekanan.

Hawaii penuh dengan hal-hal seperti itu. “Hawaii memiliki pasir-pasir pantai berwarna hitam, hitam dan hijau, hitam dan merah, hijau, dan abu-abu,” kata Ken Hon, Ph.D., asisten profesor geologi di Universitas Hawaii di Hilo. “Semua pantai berwarna berhubungan dengan aktivitas volkanik, kecuali pantai berpasir putih, yang berhubungan dengan erosi terumbu karang.”

Di bagian bumi lain, erosi yang terjadi bertahun-tahun membentuk bebatuan yang melingkar di sepanjang pantai Cape Town. Saat ini, Pantai Boulders adalah tempat yang paling disukai untuk berenang, berjemur, dan melihat pinguin Afrika dalam bayangan bebatuan besar tersebut.

Bahkan pantai berpasir putih yang lazim ditemuipun memiliki keunikannya sendiri. Contohnya adalah Pantai Siesta, di Sarasota Florida. Meskipun secara kasat mata pantai ini tidak memiliki perbedaan mencolok dengan pantai-pantai lain, tapi pasir pantai di sini terbuat dari 99,9 persen kristal kuarsa. Pasir pantai ini tidak pernah menjadi panas dan sangat alami sehingga pasir ini akan terasa seperti gula bubuk saat kamu berjalan di atasnya.

Orang-orang biasanya melakukan tindakan pencegahan sebelum pergi ke pantai. Mereka menggunakan pelindung matahari untuk menghindari terbakar matahari dan menghindari gelombang besar jika mereka bukan perenang yang baik. Namun mereka tidak pernah takut jatuh sakit karena menggali atau bermain di pasir pantai.

Sayangnya, pasir pantai mungkin saja mengandung bakteria yang lebih berbahaya dibanding air yang digunakan untuk mandi. Peneliti dari Universitas Carolina Utara di Chapel Hill dan Universitas Johns Hopkins meneliti hubungan positif antara kontak dengan pasir pantai dan penyakit gastrointestinal sebagai salah satu contoh polusi mikroba di pasir pantai.

Pasir Pantai Yang Luar Biasa | wowman99 |