Pentingnya Gerakan Senam Pada Anak-Anak

Pentingnya Gerakan Senam Pada Anak-Anak

Kenapa Anda harus mengikutsertakan anak Anda pada kelas senam? Kelas senam dapat menyediakan pelajaran gerakan senam yang komperehensif untuk para anak-anak yang masih kecil. Yang dimaksud dengan anak kecil di sini adalah anak-anak yang berusia di antara 18 bulan sampai 6 tahun. Senam membentuk dasar yang akan membantu anak-anak dalam setiap olahraga yang mereka pilih serta kesempatan untuk membangun kemampuan sosial serta belajar.

Senam modern berakar pada program pelajaran fisik yang dikembangkan hampir seabad lalu untuk digunakan di sekolah-sekolah dan akademi militer demi kebugaran dan pelatihan. Saat ini, senam adalah olahraga kompetitif namun juga masih memiliki nilai sebagai bentuk terbaik pelajaran fisik, terutama program kelas senam yang dikembangkan untuk anak-anak kecil.

Senam mengembangkan kekuatan dan kelenturan bersamaan dengan keseimbangan dan pertumbuhan otot. Kemampuan yang dibentuk dari setiap gerakan dibagi menjadi beberapa bagian dan diajarkan secara bertahap. Bahkan kemampuan yang paling dasar yang dapat dipelajari oleh seorang anak dapat kemudian dipermudah apabila anak tersebut mengalami kesulitan dengan gerakan atau posisi tubuh. Sementara jumlah koordinasi latihan akan tetap sama, seorang anak dapat meningkatkan koordinasinya selama berlatih.

Kekuatan dan kelenturan membutuhkan waktu untuk berkembang dan anak-anak merasakan keberhasilannya ketika mereka menyadari tubuhnya menjadi lebih kuat dan dapat melakukan hal-hal yang diajarkan dengan lancar. Senam membentuk keseluruhan tubuh. Melompat dan memanjat membangun kekuatan lengan, sementara palang serta handstand membentuk kekuatan tubuh bagian atas. Kebanyakan gerakan senam yang dipelajari oleh anak-anak akan sangat berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari. Anak-anak menyadari kekuatan tubuhnya melalui senam dan dapat mulai mengerti pentingnya kesehatan dalam kehidupannya.

Semua tipe anak bisa mendapatkan keuntungan dari senam. Anak yang aktif punya kesempatan menggunakan energinya namun harus belajar mengelolanya untuk dapat berjalan meniti balok keseimbangan atau berpegangan pada tali saat berayun. Anak yang pemalu dapat dibujuk untuk mencoba berguling atau memanjat sehingga dapat memperluas zona nyamannya. Senam di tingkat pra sekolah adalah sebuah lingkungan yang diawasi dengan baik di mana anak-anak pemalu dapat meningkatkan kemampuan mereka secara percaya diri dan membantu mereka mengurangi ketakutannya.

Penelitian otak dan neuroscience menganjurkan agar gerakan-gerakan senam dapat dikembangkan dan diubah sesuai dengan pengalaman sang anak terutama anak-anak di usia-usia awal. Gerakan-gerakan yang tidak digunakan mulai hilang saat anak tersebut memasuki usia sekolah dasar. Sehingga anak-anak yang tidak mempelajari gerakan baru maupun tidak terbiasa dengan bermacam gerakan akan mengalami kesulitan mempelajari kemampuan tersebut saat usia mereka bertambah. Mencoba hal-hal baru adalah inti dari kehidupan dan pengalaman baru dapat membantu otak membentuk potensi terbaiknya. Senam juga dapat menyediakan perkembangan bahasa karena kata-kata akan sangat berkaitan artinya dengan gerakan yang dilakukan. Sebagai contoh, anak-anak melangkah atau merangkak. Aktivitas fisik dan pembelajaran dapat terjadi di kelas senam.

Pentingnya Gerakan Senam Pada Anak-Anak | wowman99 |