Wisata Edukatif ke Puspa Iptek Sundial Padalarang Bandung

Wisata Edukatif ke Puspa Iptek Sundial Padalarang Bandung

Nama Puspa Iptek Sundial memang belum populer sebagai salah satu objek wisata di Bandung. Namanya yang aneh, tidak terkenal, serta informasinya yang kurang. Dengan begitu, tidak sedikit wisatawan yang melewatkan untuk mengunjunginya. Bagi masyarakat yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya, tentu mereka sudah mengetahui bahkan mengunjungi tempatnya. Berbeda dengan wisatawan yang berdomisili jauh dari Bandung hingga berasal dari mancanegara. Jika mereka belum mengetahui dan membaca informasi perihal tempat ini, tentu saja tidak akan pernah mengunjunginya. Maka dari itu, perlu disosialisasikan dan diinformasikan mengenai tempat wisata tersebut lebih luas, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Baca juga: Review Kebun Binatang Bandung, Tiket, Lokasi, Sejarah DLL

Mereka yang sudah pernah mengunjungi Puspa Iptek Sundial tentu dapat berbicara banyak, baik keseruan, kesenangan, maupun apa saja yang bisa dilihat di sana. Sementara Anda yang belum pernah mengunjunginya, silakan membaca tulisan berikut yang akan menginformasikannya untuk Anda sekalian. Informasi ini bisa Anda jadikan dasar dan panduan untuk nanti berkunjung ke sana. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Puspa Iptek Sundial

Apa itu sebenarnya Puspa Iptek Sundial? Anda yang baru pertama kali mengetahuinya tentu penasaran ingin melihat lebih jelas dan dekat. Perlu Anda ketahui bahwa Puspa Iptek Sundial merupakan sebuah tempat atau wahana di bidang pendidikan yang berlokasi di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Terdapat lebih dari 180 alat peraga sains dipamerkan di dalamnya. Dengan begitu, tiap pengunjung bisa melihat, memperhatikan, hingga mencoba alat peraga sainsnya.

Misalnya, baterai tangan, lonceng elektron, air menari, sumur gravitasi, dan masih banyak lagi. Anda yang tertarik dengan dunia sains pasti menyukainya. Anda bisa memperhatikan cara kerja alat sains tertentu, bahkan mencobanya sendiri. Dengan begitu, Anda bisa mengenal sendiri fungsi dan manfaat dari alat yang bersangkutan. Tentu saja tiap alat yang dipamerkan di situ mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda. Otomatis cara kerjanya juga berlainan dan Anda pun bisa mencobanya langsung.

Terkait: Wot Batu Bandung, Tempat Wisata yang Instagramable + Antimainstream

Diketahui bahwa Puspa Iptek Sundial diresmikan dan dibuka untuk masyarakat umum pada tanggal 11 Mei 2002 yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Hal ini semakin memantabkan bahwa keberadaan gedung Iptek ini sebagai upaya untuk semakin mewujudkan Kota Baru Parahyangan sebagai kota mandiri yang berkonsep pendidikan. Bahkan, sangat mungkin koleksi alat peraga sains yang dipamerkan akan bertambah.

Dengan begitu, semakin banyak koleksi alat peraganya, maka diharapkan akan berbanding lurus dengan jumlah orang yang mengunjunginya. Secara langsung maupun tidak, penemuan-penemuan di bidang Iptek yang berwujud beragam alat peraga sains tersebut mendorong kemajuan Iptek di Indonesia. Lagipula, sebagian besar penemuan alatnya ditemukan oleh para pelajar dan mahasiswa yang memang tertarik di bidang ini. Diharapkan semua penemuan di bidang Iptek ini bisa bermanfaat bagi masyarakat umum di kemudian hari.

Lokasi

Perlu Anda ketahui juga bahwa Puspa Iptek Sundial bertempat di sebuah gedung yang juga berfungsi sebagai jam matahari. Jam matahari horizontal dan jam matahari vertikal yang menjadi satu kesatuan. Sebuah gedung sekaligus tempat yang unik, sehingga menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi serta melihatnya lebih jelas. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan untuk mengunjunginya saat liburan ke Bandung.

Anda bisa menuju lokasinya dari Kota Bandung dengan mengendarai kendaraan pribadi ataupun umum. Tidak tanggung-tanggung, Puspa Iptek Sundial mendapatkan dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas keunikan gedung yang dikombinasikan dengan jam matahari tersebut. Penghargaan pertama, yaitu jam matahari horizontal terbesar di Indonesia.

Penghargaan kedua, yaitu jam matahari horizontal dan vertikal terpadu pertama di Indonesia. Sepertinya hingga sekarang, belum ada tempat lain yang menyamai atau mengalahkan gedung Puspa Iptek ini. Maka dari itu, silakan untuk mengunjungi gedungnya saat liburan ke Bandung nanti. Anda bisa melihat, merasakan, dan mencoba sendiri secara langsung keunikan-keunikan di sana. Pastinya, semua keunikan tersebut tidak bisa Anda lihat dan temui di tempat lain. Jangan sampai Anda menyia-siakan untuk datang ke sana.

Berwisata pendidikan dan mengenal perkembangan Iptek lebih jauh

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa Kota Baru Parahyangan Bandung merupakan kota satelit yang dibangun dan ditata dengan konsep pendidikan. Jadi, ada cukup banyak tempat, lembaga, dan fasilitas pendidikan di sana beserta pendukung serta pernak-perniknya. Pendidikan mulai dari jenjang playgroup atau taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi sudah disiapkan institusi maupun lembaganya. Dengan begitu, masyarakat yang berdomisili di sana tak perlu repot jauh-jauh ke kota/kabupaten lain untuk bersekolah atau berkuliah. Atau mungkin, orang tua yang ingin menyekolahkan buah hatinya tak perlu khawatir lagi karena di Kota Baru sudah lengkap dan banyak pilihan.

Artikel Pilihan: Taman Gesit Bandung, Wisata Nuansa Hijau, Aktif & Menyehatkan

Bukan hanya lembaga atau institusi pendidikan yang formal saja ada di Kota Baru Parahyangan. Namun, museum yang menampilkan banyak benda dan alat peraga sains juga ada di sana yang bernama Puspa Iptek Sundial. Tempat yang super unik dan antimainstream untuk dikunjungi oleh setiap orang tanpa terkecuali. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita. Oleh karenanya, silakan mengunjungi tempat unik dan menarik tersebut. Jangan lupa untuk mengajak ikut serta seluruh anggota keluarga dan orang terdekat agar bisa bersenang-senang bersama-sama. Anda dapat berjalan-jalan di Kota Baru untuk menikmati segala aktivitas yang ada di dalamnya.

Selanjutnya, silakan mengunjungi Puspa Iptek Sundial yang di dalamnya menyimpan banyak alat peraga sains yang pastinya sangat menarik. Teknologi yang diterapkan pada alat peraganya mulai dari yang sederhana atau manual hingga komputerisasi. Anda pun bisa belajar menggunakan atau memfungsikan alat peraganya dengan bantuan petugas yang berjaga. Jadi, semua alat peraga sains tetap diawasi oleh petugas.

Mereka membantu para pengunjung untuk menerangkan dan mengajari cara penggunaannya, serta menjaga agar alat-alatnya tidak rusak. Pasalnya, pengunjung yang ingin mencoba alat peraganya satu per satu bukan tidak mungkin membuat alatnya rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Anda pun sebagai salah satu pengunjung juga harus lebih berhati-hati saat mencoba alat peraganya agar tidak rusak.

Harga Tiket

Lalu, berapa harga tiket masuk Puspa Iptek Sundial? Masuk ke dalam tempat liburan sekaligus hiburan ini memang tidak gratis. Anda harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 12.000/orang. Sementara jika Anda ingin menonton pertunjukan film 4D yang unik dan menarik, harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 24.000/orang. Anda yang belum pernah menonton film 4 dimensi harus mencobanya. Dijamin seru dan menyenangkan, apalagi menontonnya bersama keluarga atau orang terdekat pasti lebih seru lagi.

Next: Wisata Seni Mengagumkan di Nuart Sculpture Park Bandung

Itulah informasi yang bisa disampaikan di sini mengenai Puspa Iptek Sundial sebagai salah satu tempat liburan di Bandung. Silakan untuk merencanakan liburan ke Bandung dan jangan lupa mengunjungi Puspa Iptek.

Wisata Edukatif ke Puspa Iptek Sundial Padalarang Bandung | wowman99 |