Ranca Upas Bandung, Tempat Wisata Ber-Pemandangan Cinta

Ranca Upas Bandung, Tempat Wisata Ber-Pemandangan Cinta

Ranca Upas Bandung bisa disebut tempat berwisata alam yang komplit atau lengkap. Pasalnya, di dalam kawasannya terdapat beberapa spot menarik yang sayang kalau dilewatkan. Jadi, Anda yang ingin berkunjung ke Ranca Upas nanti jelajahilah seluruh kawasannya dan jangan sampai ada yang terlewat. Jangan lupa juga mengabadikan tiap spot dan momen menarik di sana menjadi foto atau video. Oleh karena itu, selalu siapkan peralatan gadget Anda setiap waktu. Bukan hanya saat di Ranca Upas saja, tetapi di tiap objek wisata di Kota Bandung yang selalu menyuguhkan daya tarik luar biasa bagi setiap pengunjungnya.

Terkait: Menjelajahi Taman Pasupati Bandung yang Unik dan Menarik

Ranca Upas yang sekarang memang sudah dikelola secara komprehensif dan profesional. Anda yang masuk kawasannya bisa menikmati semua fasilitas dan data tarik yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengelolanya. Mulai dari bersenang-senang hingga istirahat sambil menikmati keindahan alam lingkungannya di sana. Tentu saja tidak gratis untuk masuk ke dalamnya alias Anda harus membayar tiket masuknya. Nah, semua informasi lebih detail mengenai objek wisata Ranca Upas Bandung akan diinformasikan di sini. Untuk Lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Ranca Upas Bandung

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang Km 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jika ditempuh dari pusat Kota Bandung berjarak sekitar 50 km. Anda bisa menuju lokasinya dengan mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Jika mengendarai kendaraan pribadi, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan fitur Google Map di gadget yang Anda bawa untuk mempermudah perjalanannya. Jika masih belum jelas, jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya kepada orang ataupun masyarakat sekitar. Sementara bagi Anda yang ke sana memilih kendaraan umum, jangan lupa juga untuk bertanya agar tidak salah memilih trayek atau jurusan.

Ranca Upas Bandung memiliki luas keseluruhan sekitar 215 hektar. Kawasannya berada pada ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut atau termasuk kategori dataran tinggi. Oleh karena itu, jangan kaget jika di sana terasa dingin terutama pada pagi dan malam hari karena suhu udaranya sekitar 17 – 20 derajat Celsius. Namun, susana yang dingin dan udara menyegarkan itulah yang banyak dicari orang.

Terkait: Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona

Mereka rela jauh-jauh dari luar kota atau bahkan luar provinsi mengunjungi Ranca Upas hanya untuk menikmati suasana semacam itu, yang mungkin tidak ditemui di tempat asalnya. Oleh karena itu, bisa dikatakan beruntung Anda yang sudah pernah mengunjunginya dan merasakan langsung suasana di Ranca Upas.

Flora dan Vegetasi yang Masih Alami

Anda masih bisa melihat dan menikmati beragam flora atau vegetasi alami di sana, seperti tumbuhan Kurai, Hamirug, Puspa, Kihujan, dan lain sebagainya. Selain flora, ada juga fauna atau hewan yang terdiri atas beragam jenis burung serta beberapa hewan yang sudah jinak lainnya. Sudah pasti Anda tidak boleh merusak, memburu, atau menebang ohon-pohon di sana karena masuk wilayah Perhutani yang dilindungi. Malahan Anda disarankan untuk turut membantu menjaga lingkungan alam secara keseluruhan di Ranca Upas Bandung.

Caranya yang sederhana dan mudah, yaitu tidak membuang sampah sembarangan. Sampah apapun itu yang dihasilkan pribadi, seperti botol bekas minuman, plastik wadah makanan, tisu, dan lain sebagainya. Silakan membuang sampah-sampahnya di tempat yang sudah disediakan. Bila tak menemukan tempat sampahnya, silakan dikumpulkan atau dimasukkan ke dalam wadah plastik besar agar nanti dibersihkan oleh pengelola tempat wisatanya. Cara semacam itu lebih bijaksana untuk dipraktikkan.

Daya Tarik Utama Ranca Upas

Daya tarik utama dari Ranca Upas Bandung adalah camping ground atau lapangan untuk bercamping ria. Anda yang menyukai petualangan dan kehidupan alam pasti cocok camping di alam terbuka. Anda bisa mendirikan tenda doom dan membuat api unggun di depannya, sembari memasak makanan dan minuman hangat. Apalagi jika ditambah dengan bernyanyi, bercerita, dan bercengkerama bersama teman atau orang terdekat. Hawa dingin yang menusuk tulang pada malam hari sepertinya tidak begitu terasa karena sudah terobati dengan suasana hangat yang dirasakan. Bahkan, Anda bisa menikmati hamparan bintang di langit malam, jika cuaca sedang cerah. Selain itu, suasana di pagi hari dengan melihat sunrise atau matahari terbit menjadi pemandangan yang luar biasa dan jangan sampai terlewatkan.

Kampung Cai

Akan tetapi, Anda yang camping di Ranca Upas Bandung harus tetap menjaga kebersihan, ketertiban, kesopanan, dan kesusilaan. Meskipun sebagai tempat umum dan tempat wisata, tetapi masih ada aturan yang diberlakukan dan harus dipatuhi oleh semua pengunjung tanpa terkecuali. Khususnya, menjaga kebersihan lingkungan alam harus benar-benar dilaksanakan.

Baca: Keindahan Curug Maribaya, Pesona Alam Tak Tergantikan

Biasanya, tidak sedikit pengunjung yang tidak membersihkan sisa-sisa kegiatan campingnya dan langsung bergegas pulang. Padahal sampah-sampahnya harus dibersihkan dan sisa api unggun juga harus dipastikan mati. Semua itu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran hutan. Pasalnya, di sekitar Ranca Upas masih cukup lebat vegetasinya yang memang harus selalu dijaga.

Beragam fasilitas menarik di Ranca Upas Bandung

Anda yang ingin berlibur dan mengunjungi Ranca Upas juga harus mengetahui semua fasilitas yang disediakan di sana oleh pihak pengelolanya. Pasalnya, Ranca Upas bukan hanya camping ground saja, tetapi juga ada daya tarik dan kesenangan lainnya yang perlu Anda manfaatkan semuanya. Ada kolam air hangat yang sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di udara dingin khas pegunungan. Ada juga wahana ATV bagi Anda yang menyukainya dengan berkeliling sekitar Ranca Upas menggunakan kendaraan ATV.

Bahkan, Anda juga bisa mengunjungi dan melihat langsung proses penangkaran rusa di sana. Anda juga dapat berinteraksi dengan rusa-rusa yang dipelihara, yaitu memberi makan rusa tersebut. Bagi Anda yang membawa anak-anak kecil ikut serta, silakan mengajak mereka ke kolam renang waterboom. Anda bersama anak-anak tersebut bisa bermain-main air sepuasnya yang pastinya mengasikkan. Oleh karena itu, jangan lupa membawa pakaian ganti karena pasti akan bsah-basahan di sana.

Masih ada banyak lagi fasilitas ataupun spot menarik lainnya yang harus Anda kunjungi dan nikmati saat di Ranca Upas Bandung. Sementara untuk fasilitas pendukungnya, pihak pengelola sudah menyiapkan semuanya dengan sebaik-baiknya. Misalnya, parkir kendaraan, mushola, toilet, tempat duduk, tempat sampah, rumah makan, dan lain sebagainya. Silakan Anda memakainya tetapi harus tetap menjaganya agar selalu dalam kondisi baik dan bagus. Dengan begitu, Anda bersama pengunjung atau wisatawan lainnya dapat merasa aman dan nyaman saat liburan ke sana.

Baca Juga: Kawah Putih Bandung Selatan, Wisata Alam Meng”Adem”kan

Lalu, bagaimana dengan harga tiket masuknya? Anda harus membeli tiketnya terlebih dulu sebesar Rp 10.000/orang. Sementara itu, parkir roda dua Rp 2000, roda empat Rp 5000, dan roda enam atau bus Rp 20.000.

Silakan Anda menindaklanjuti dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk liburan ke Bandung. Khususnya mengunjungi Ranca Upas Bandung bersama seluruh anggota keluarga dan orang tercinta.

Ranca Upas Bandung, Tempat Wisata Ber-Pemandangan Cinta | wowman99 |
error: Content is protected !!