Sel Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Karakteristik, Dan Fungsi

Sel Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Karakteristik, Dan Fungsi

Di sekitar kita, selalu ada sel. Sel adalah unit biologi terkecil yang dapat hidup mandiri atau memiliki potensi untuk hidup. Jadi seberapa besarkah sebuah sel? Ada beberapa sel yang dapat kamu lihat tanpa mikroskop seperti kuning telur dari burung. Namun, kebanyakan sel tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Jika kamu ingin melihat sel yang sesungguhnya, kamu membutuhkan mikroskop. Sama halnya dengan sel tumbuhan.

Semua makhluk hidup terbuat dari sel. Ada beberapa organisme yang merupakan organisme unisel yang berarti satu organisme hanya memiliki satu sel (contohnya bakteria), tanaman dan hewan adalah makhluk multisel yang berarti mereka memiliki banyak sel. Sel tumbuhan sangat istimewa karena sel ini dapat membuat makanan untuk tumbuhan itu sendiri, tidak seperti sel-sel yang kita miliki yang membutuhkan asupan nutrisi dengan cara mengkonsumsi makanan.

Meskipun sel memiliki ukuran, bentuk dan aktivitas yang berbeda-beda, kesemuanya memiliki tiga struktur utama: nukleus, membran plasma, dan sitoplasma. Komponen-komponen ini membuat adanya kehidupan dalam sel.

Nukleus. Nukleus berisi bahan genetis dari organisme itu sendiri. Bahan genetis ini adalah deoxyribonucleic acid (DNA) untuk tumbuhan. Setiap tumbuhan memiliki komposisi DNA yang unik, yang terkadang dapat membantu ilmuwan mengidentifikasi spesies baru atau mengelompokkan penemuan baru. Sel tumbuhan disebut “eukariotik” karena mereka memiliki sebuah nukleus. Organisme seperti bakteria, tidak memiliki nukleus tapi memiliki nucleic acid yang mengambang di sitoplasmanya dan disebut “prokariotik”.

Membran Plasma. Ini adalah lapisan tipis yang berada di bagian paling luar dan bertugas mengelola sel sebagai sebuah unit terlebih dari struktur lain yang ada di dalamnya. Membran plasma bertugas sebagai cetakan dan pembatas untuk isi di dalam sel. Bagian sel ini memiliki dua tujuan. Pertama, memberi akses sel untuk melakukan beberapa proses metabolis sendiri. Kedua, memberi akses pada sel untuk berkomunikasi dengan sel lainnya dengan memberi akses zat dan sinyal kimia serta elektrik untuk saling bertukar.

Sitoplasma. Bagian sel ini adalah seluruh bagian yang berada di antara nukleus dan membran plasma. Sitoplasma ini semi-cair dan merupakan sebuah ruang, yang berisi struktur lain yang disebut “organel”. Sitoplasma sangat penting untuk mengelola keberadaan dan kestabilan dari sel dan organel. Sitoplasma memiliki fungsi-fungsi penting pada kehidupan sel.

Dinding sel merupakan karakteristik semua sel tumbuhan. Dinding sel ini terbuat dari selulosa. Selulosa adalah polimer dari glukosa oleh karena itu disebut polysaccharide. Keberadaan selulosa di dinding sel tumbuhan adalah alasan mengapa kita harus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Manusia kekurangan enzim yang disebut “selulase” yang dapat menguraikan selulosa. Tanpa enzim ini, kamu tidak bisa menguraikan dinding sel dari tumbuhan, yang terbuat dari serat tumbuhan. Serat ini berfungsi sebagai sapu yang membersihkan pencernaanmu dan membantumu menjaga sistem pencernaanmu dan pelepasannya tetap sehat.

Sel Tumbuhan : Pengertian, Jenis, Karakteristik, Dan Fungsi | wowman99 |
error: Content is protected !!