Kreasi Senam Aerobik, Manfaat dan Gerakan Yang Tepat

Kreasi Senam Aerobik, Manfaat dan Gerakan Yang Tepat

Ketika kebanyakan dari kita memikirkan tentang kesehatan dan kebugaran, mungkin yang pertama kali muncul di benak kita adalah kebugaran aerobik, jenis kebugaran biasanya dihubungkan dengan jalan sehat atau berlari, berenang, bersepeda atau mengambil kelas senam aerobik. Hal itu tepat karena kesehatan aerobik, atau ketahanan kardiovaskular, sangat penting untuk kehidupan yang aktif dan sehat, kita juga harus ingat bahwa ketahanan kardiovaskular hanya sebagian dari keseluruhan kebugaran yang seimbang. Program olahraga Anda harus selalu memasukkan latihan kekuatan, kelenturan dan nutrisi yang sehat agar dapat mencapai tujuan yang Anda inginkan secara aman dan efektif.

Namun, untuk memasukkan kesemua aspek tersebut dalam sebuah olahraga terlihat seperti tugas yang sulit, dan banyak dari kita, terhadang gaya hidup sibuk yang hanya menyisakan sedikit waktu untuk berolahraga. Oleh sebab itu, rata-rata masyarakat hanya berfokus pada aktivitas yang mendukung kesehatan kardiovaskular, atau kesehatan jantung dan paru-paru, dan hal ini masuk akal karena banyak keuntungan yang bisa didapat melalui latihan senam aerobik.

Pertama, kita harus mengetahui dengan jelas apa itu aktivitas senam aerobik. Aerobik berarti “dengan oksigen” dan latihan senam aerobik diartikan sebagai latihan ringan hingga menengah dalam durasi panjang yang berfokus pada otot-otot besar pada tubuh seperti kaki, punggung, gluteal, lengan, dan lain-lain. Yang dimaksud dengan “durasi panjang” adalah agar mendapat manfaat optimal dari latihan senam aerobik ini, kita harus secara rutin melakukan aktivitas ini selama minimal 20 menit. Aktivitas yang terlalu sulit, atau terlalu “bersemangat” hanya dapat dilakukan untuk waktu yang singkat (dari beberapa detik hingga beberapa menit), dan biasanya anaerobik, atau tanpa oksigen, dan tidak menghasilkan keuntungan yang sama dengan latihan senam aerobik.

Keuntungan dari latihan senam aerobik banyak sekali. Termasuk juga perubahan sistematis seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, meningkatkan ketahanan otot, mengurangi lemak tubuh, meningkatkan metabolisme, adalah beberapa di antaranya. Aktivitas senam aerobik memperkuat jantung dan paru-paru, sehingga dapat menjadi lebih efisien dan tahan lama, meningkatkan kualitas dan lama kehidupan. Latihan ini tidak hanya memperpanjang usia Anda, tapi juga memberikan energi lebih untuk menjalani kehidupan dengan lebih berwarna.

Latihan senam aerobik meningkatkan ketahanan tulang, ligamen dan tendon, memberi tubuh Anda kemampuan menggunakan lemak dan gula dengan lebih efisien, membakar lebih banyak kalori dan memainkan peran penting untuk mengurangi serangan dan gejala penuaan serta penyakit. Latihan senam aerobik mengurangi resiko penyakit jantung, penyakit pembuluh darah dan diabetes serta dapat membantu mereka yang mencoba berhenti merokok dengan melegakan pernafasan dan meningkatkan fungsi paru-paru. Penelitian telah membuktikan bahwa latihan senam aerobik mengurangi stress dan melawan depresi karena latihan ini meningkatkan kepercayaan diri serta kesadaran fisik.

Kreasi Senam Aerobik, Manfaat dan Gerakan Yang Tepat | wowman99 |
error: Content is protected !!