Senam Irama : Rangkaian Gerak, Dasar (Disertai Video)

Senam Irama : Rangkaian Gerak, Dasar (Disertai Video)

Senam irama adalah sebuah aktivitas yang dilakukan baik seorang diri maupun kelompok berjumlah 5 orang dengan menggunakan satu atau dua jenis alat: stik, simpai, bola, pita, tali, dan bebas (tanpa alat). Seorang atlit hanya dapat menggunakan 1 alat di dalam satu waktu. Ketika para pesenam melakukan gerakan bersama maksimal dua jenis alat yang dapat digunakan oleh kelompok tersebut.

Seorang atlit dapat mengubah alatnya dengan anggota kelompok lainnya kapan saja selama melakukan gerakan. Oleh karena itu, seorang atlit dapat menggunakan hingga dua jenis alat yang berbeda selama waktu gerakan. Senam irama adalah sebuah olahraga yang mengkombinasikan elemen dari balet, senam, tari, dan gerakan alat. Pemenangnya adalah mereka yang mendapatkan nilai tertinggi, yang ditentukan oleh sekelompok juri, yang menilai faktor lompatan, keseimbangan, putaran, fleksibilitas, penanganan alat, penampilan, dan efek seni.

Lembaga yang membawahi olahraga ini, yaitu Federation Internationale de Gymnastique (FIG), mengubah peraturannya di tahun 2001, 2003, 2005, dan 2008 untuk menekankan elemen teknis dan mengurangi penilaian yang subyektif. Sebelum 2001, juri menggunakan skala 10 seperti dalam senam artistik. Penilaian ini kemudian diubah menjadi skala 30 pada 2003, skala 20 pada tahun 2005, pada 2008 diubah kembali menjadi skala 30, lalu kembali menjadi skala 20 di bawah peraturan baru di tahun 2013.

Ada tiga nilai tambahan untuk menentukan nilai akhir – teknik, seni, dan penampilan. FIG juga memilih alat yang akan digunakan dalam kompetisi; hanya ada empat dari lima alat yang digunakan. Sampai tahun 2010, tongkat tidak digunakan pada level Senior. Di tahun 2011 tali tidak digunakan untuk pertandingan nasional tingkat senior perorangan dan kompetisi kelompok. Di tahun 2011, tali tidak digunakan untuk kompetisi nasional junior perorangan tapi kembali digunakan lagi di tahun 2015. Tali muncul di kompetisi kelompok nasional junior di tahun 2011-2012.

Kompetisi internasional terbagi menjadi Junior, di bawah enam belas tahun; dan Senior, untuk wanita berusia enam belas tahun ke atas. Pesenam di Rusia dan Eropa biasanya memulai latihan di usia yang sangat muda dan mencapai puncak karirnya di usia remaja (15-19 tahun) atau awal usia 20-an. Kompetisi terbesar untuk olahraga ini adalah Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Eropa, Piala Dunia dan Seri Grand-Prix.

Senam irama sebagian besar dilakukan oleh wanita, namun sejumlah pria telah ikut berpartisipasi di beberapa negara. Atlit dinilai berdasarkan kemampuan fisik dan kemampuan yang sama seperti halnya pesenam wanita, seperti koordinasi tangan/tubuh-mata, ketahanan, kekuatan, dan kemampuan bela diri adalah fokus utamanya, sedangkan untuk wanita, fleksibilitas dan tarian yang menjadi fokus utama. Pesertanya semakin berkembang, baik yang berkompetisi secara perorangan atau dalam kelompok; senam irama untuk pria sangat terkenal di Asia, terutama di Jepang di mana sekolah menengah atas dan universitasnya memiliki tim sekolah yang bersaing ketat. Di tahun 2002, ada sekitar 1.000 pesenam irama pria di Jepang.

Senam Irama : Rangkaian Gerak, Dasar (Disertai Video) | wowman99 |
error: Content is protected !!