Stadion Si Jalak Harupat, Alternatif Tempat Wisata yang Ikonik

Stadion Si Jalak Harupat, Alternatif Tempat Wisata yang Ikonik

Apakah Anda sudah mengenal dan mengetahui Stadion Si Jalak Harupat? Bagi Anda penggemar sepak bola, khususnya Liga Indonesia, tentu tidak asing lagi mendangar atau membacanya. Stadion yang satu ini merupakan kebanggaan masyarakat Bandung dan sekitarnya. Stadion olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum berolahraga, terutama latihan sepak bola.

Namun pastinya, stadion Si Jalak sering dijadikan tempat menggelar pertandingan sepak bola. Terutama saat tim Persib Bandung melakukan laga kandang melawan tim lawannya. Dipastikan stadion akan dipenuhi oleh para penonton yang membludak. Sebagian besar penontonnya merupakan pendukung setia Persib yang rela berdesak-desakan di dalam stadion tersebut untuk mendukung tim kesayangannya bertanding.

Baca juga: Museum Barli Bandung, Kreasi Seni Rupa Yang Mengagumkan

Ternyata, Stadion Si Jalak Harupat bukan hanya dijadikan tempat pertandingan sepak bola ataupun latihan tim Persib Bandung. Namun, stadion olahraga yang satu ini juga sudah menjadi objek wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Rekomendasi diberikan oleh Pemkab Bandung ataupun Pemprov Jabar agar stadion Si Jalak lebih populer lagi. Selain itu, juga bisa memberikan pemasukan dari penjualan tiketnya saja.

Bukan hanya itu, beberapa outlet penjualan pernak-pernik stadion dan tim Persib Bandung juga semakin ramai pembeli. Lalu, apakah Anda ingin mengunjungi dan masuk ke dalam Stadion Si Jalak Harupat? Jika menginginkannya, sebaiknya mendapakan informasi yang lengkap terlebih dulu perihal stadion tersebut. Seperti yang akan diuraikan di bawah ini dan semoga informasinya bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Stadion Si Jalak Harupat

Diketahui bahwa Stadion Si Jalak Harupat berlokasi di Desa Kopo dan Desa Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan seorang pahlawan nasional yang berasal dari Bojongsoang, Bandung, yaitu Otto Iskandardinata. Stadion ini dibangun mulai tahun 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh Bupati Obar Sobama.

Stadion diresmikan pada tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum KONI Pusat. Luas bangunan stadion secara keseluruhan adalah sekitar 28.177 meter persegi. Sementara untuk lapangan sepak bolanya memakai lahan sekitar 7.500 meter persegi. Lansekap dari stadion tersebut memakai lahan sekitar 13.000 meter persegi.

Terkait: Berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang Penuh Daya Tarik

Ada beberapa informasi lagi mengenai Stadion Si Jalak Harupat yang juga perlu Anda ketahui. Lapangan sepak bolanya menggunakan jenis rumput alami yang setiap hari selalu dirawat agar nyaman saat dipakai untuk latihan maupun pertandingan sepak bola. Lampu yang disediakan dan dipasang di sekeliling stadion berkekuatan hingga 1000 lux, sehingga bisa dimanfaatkan dalam pertandingan malam hari yang sangat membutuhkan penerangan maksimal. Selain itu, papan skor utama di stadion sudah elektronik yang bisa dioperasikan secara komputerisasi.

Stadion Kebanggaan Warga Bandung

Sebelumnya, stadion ini masih memakai papan skor manual. Pada lintasan atau track atletik, mempunyai standar 8 lintasan yang sudah disesuaikan dengan standar lintasan lari internasional. Dengan begitu, lintasan tersebut bukan hanya digunakan untuk latihan atlet lari saja, tetapi juga sudah digunakan untuk pertandingan lari. Tribun atau tempat duduk penonton bisa menampung sekitar 40.000 – 45.000 orang dalam sebuah pertandingan sepak bola besar. Selain itu, beberapa fasilitas pendukung juga dipersiapkan, seperti kantin makan, toilet, ruang ganti pemain, ruang wasit, tribun VIP, dan lain sebagainya.

Dengan kata laim, Stadion Si Jalak Harupat sudah memenuhi standar nasional dan internasional. Sangat beruntung Bandung memiliki stadion berstandar internasional semacam itu, sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat umum untuk berolahraga. Khususnya, mereka yang berprofesi sebagai atlet yang seharusnya mempunyai tempat khusus untuk latihan setiap hari. Namun demikian, stadion olahraga yang satu ini juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melihat secara langsung dan lebih dekat ke dalam stadionnya.

Berwisata sport ke Stadion Si Jalak Harupat

Meskipun khusus untuk kegiatan olahraga, pertandingan sepak bola, dan latihan para atlet. Namun, Anda sebagai salah satu wisatawan juga diperbolehkan untuk berkunjung dan masuk ke dalamnya. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda tak perlu membayar untuk bisa masuk ke dalam stadionnya karena memang sedang hari biasa dan tidak ada even pertandingan olahraga, seperti laga sepak bola atau yang lainnya.

Akan tetapi, Anda tetap harus membayar parkir kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi, seperti sepeda motor, mobil, atau yang lainnya. Untuk bisa masuk ke dalamnya, tentu harus sepengetahuan pihak pengelolanya. Anda tidak boleh bebas berkeliaran di dalam stadion yang begitu luas tersebut. Jika perlu, Anda akan diantarkan berkeliling stadion.

Baca: Taman Cempaka Bandung, Surga Bagi Pehobi Fotografi

Jika beruntung, Anda dapat menonton langsung latihan para punggawa Persib Bandung. Anda bisa mengambil foto atau videonya, hingga meminta tanda tangan, atau bahkan sedikit mengobrol dengan pemainnya. Bila sudah lelah, Anda bisa beristirahat di kantin makan yang sekaligus bisa mengisi perut yang keroncongan. Pesan saja makanan dan minuman sesuai keinginan Anda masing-masing. Harganya pun bervariasi yang penting masih cukup terjangkau untuk semua orang.

Jangan lupa untuk membeli suvernir dan pernak-pernik khas Stadion Si Jalak Harupat atau tim Persib Bandung. Ada beberapa outlet atau distro di bagian stadion yang menjualnya. Anda bisa memilih dan membelinya untuk dijadikan oleh-oleh atau sekedar disimpan untuk kenang-kenangan saja. Harganya juga bervariasi tergantung ukuran barang dan kualitasnya. Sesuaikan saja dengan budget keuangan yang Anda miliki sendiri. Hal tersebut lebih bijaksana untuk Anda lakukan.

Liburan yang mengunjungi tempat-tempat seru

Jadi, berwisata ke Stadion Si Jalak Harupat juga tidak kalah seru dan menyenangkan. Anda bisa mengetahui sejarah stadion tersebut, fasilitas yang ada di dalamnya, aktivitas di sana, makan, minum, hingga membeli cinderamata yang begitu khas dan sepertinya tidak dijual di tempat lain. Maka dari itu, silakan untuk mengunjungi stadionnya saat Anda sekalian liburan ke Bandung.

Memang lokasinya tidak di Kota Bandung, tetapi masih cukup mudah dijangkau, baik anda yang mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Terutama Anda yang mengendarai kendaraan pribadi dan belum pernah ke sana. Jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya saat bingung menentukan arahnya. Jika perlu, Anda bisa menggunakan fitur Google Map di gadget yang dimiliki agar lebih mudah dan cepat mencapailokasinya.

Sekarang, Anda sudah mengetahui lebih lengkap perihal Stadion Si Jalak Harupat sebagai salah satu objek wisata di Bandung yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Segera rencanakan secara detail liburan ke Bandung. Khususnya Anda yang berdomisili jauh dari Bandung. Pasalnya, Anda tak mungkin hanya butuh satu dua hari saja untuk dapat mengunjungi semua tempat liburan di Bandung.

Selanjutnya: Liburan ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi yang Bersejarah

Jadi, mumpung liburan ke Bandung jangan pernah melewatkan untuk mengunjungi semua tempat wisatanya, terutama yang Instagramable dan antimainstream. Salah satunya adalah Stadion Si Jalak Harupat yang sudah populer hingga pelosok Indonesia. Selamat liburan di Bandung dan bersenang-senang di sana bersama seluruh anggota keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa, tetap jaga kesehatan dan selalu bahagia.

Stadion Si Jalak Harupat, Alternatif Tempat Wisata yang Ikonik | wowman99 |