Berwisata ke Stadion Siliwangi Kebanggan Masyarakat Bandung

Berwisata ke Stadion Siliwangi Kebanggan Masyarakat Bandung

Masih ada Stadion Siliwangi yang bisa Anda kunjungi saat liburan ke Bandung. Stadion biasanya digunakan untuk tempat latihan atau bertanding olahraga sepak bola. Anda yang sudah pernah mengunjungi stadion saat menonton pertandingan sepak bola secara langsung tentu dapat membayangkan sendiri hal-hal apa saja yang bisa dilihat dan ditemui di sana. Dengan kata lain, Anda bisa bercerita lebih banyak karena memang pernah mengunjunginya. Berbeda dengan Anda yang belum pernah berkunjung ke stadion tertentu untuk menonton pertandingan bola atau aktivitas lainnya. Meskipun sebenarnya, Anda ingin mengunjunginya dalam sebuah perjalanan liburan yang menyenangkan. Jika menginginkan hal seperti itu, Anda harus mendapatkan informasinya yang lengkap dan detail.

Baca juga: Review Kebun Binatang Bandung, Tiket, Lokasi, Sejarah DLL

Meskipun stadion berfungsi atau sebagai tempat bertanding sepak bola secara umum. Namun, masing-masing stadion tentu mempunyai daya tarik dan kekhasannya masing-masing. Itulah yang menarik perhatian banyak orang untuk mengunjunginya. Begitu juga dengan Stadion Siliwangi yang pastinya memiliki daya tarik tersendiri hingga direkomendasikan sebagai salah satu tempat wisata di Bandung untuk dikunjungi para wisatawan. Anda yang ingin liburan ke Bandung dalam waktu dekat ini atau di musim liburan yang akan datang silakan mengunjungi stadion tersebut.

Lalu, apa informasi yang perlu diketahui perihal Stadion Siliwangi dan apa saja daya tariknya? Untuk mengetahuinya lebih jelas, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Stadion Siliwangi

Stadion yang satu ini berlokasi di Jalan Lombok Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Benar-benar stadion olahraga kebanggaan masyarakat Kota Bandung. Berbeda dengan stadion si Jalak Harupat yang berlokasi dan dimiliki oleh Pemkab Bandung. Pemilik dari Stadion Siliwangi bukan Pemkot Bandung, tetapi Kodam III/Siliwangi. Dimana atadion tersebut pada awalnya sebagai tempat latihan fisik dan kebugaran anggota Kodam Siliwangi.

Seiring perjalanan waktu, stadion tersebut semakin luas penggunaannya. Pasalnya, masyarakat umum juga diperbolehkan masuk dan berolahraga di dalam stadion. Hingga akhirnya, stadion ini menjadi kandang Persib Bandung. Salah satu tim sepak bola elite di Liga Indonesia yang sekaligus tim kebanggaan masyarakat Bandung. Mereka para pendukung setia Persib Bandung disebut Bobotoh.

Bahkan, tim sepak bola dari Belanda PSV Eindhoven pernah merumput di Stadion Siliwangi melawan Persib Bandung dalam laga persahabatan pada tanggal 11 Juni 1987. Saat itu, PSV masih diperkuat pemain Ruud Gullit yang begitu fenomenal. Sementara di Persib, masih ada Robby Darwis dan Adjat Sudradjat memperkuat tim tersebut. Pada saat itu, lapangan stadionnya masih bagus dengan kualitas rumput berstandar internasional. Memang benar, biji rumput jenis green carpet yang sengaja diimpor dari Australia. Bijinya disebar dan ditanam di lapangan stadion yang tumbuh optimal dalam kurun waktu dua bulan.

Terkait: Wisata Seni Mengagumkan di Nuart Sculpture Park Bandung

Diketahui bahwa Stadion Siliwangi dibangun mulai tanggal 1 Januari 1954. Pembangunannya sebagai peringatan atas peristiwa heroik Bandung Lautan Api pada tanggal 24 Maret 1946. Atas prakarsa dari Panglima Tentara dan Terirotium III, Kolonel Inf A. E. Kawilarang, dimulailah pembangunan stadionya dari nol. Stadionnya dibangun di atas tanah milik Kodam Jaya yang biaya diambil dari potongan gaji tentara dan pegawai di Kodam selama kurang lebih 2 tahun. Pembangunannya juga melibatkan para tentara yang bergotong royong karena budgetnya memang pas-pasan.

Kondisi tanah di wilayah Bandung yang berjenis liat sehingga tidak bisa digunakan dalam pembangunan Stadion Siliwangi. Akhirnya, tanah diambil dari Lembang dengan bantuan pasukan Angkatan Darat. Setiap hari selama dua minggu, mengambil tanah di lembang dua kali. Kerja keras dan gotong royong itu pun membahkan hasil. Hanya dalam jangka waktu 2 tahun saja stadion berhasil dibangun tepatnya pada tanggal 1 Januari 1956, stadion diresmikan oleh Panglima Kawilarang. Selanjutnya, stadion dibuka dan dimanfaatkan sebagai tempat berlatih fisik dan kebugaran para tentara Kodam Siliwangi. Tentu saja stadion yang baru jadi masih cukup sederhana.

Pada tanggal 1 Januari 1976, Stadion Siliwangi direnovasi agar lebih berstandar internasional. Ditanam rumput berkualitas bagus. Dibangun drainase atau saluran air yang lebih bagus. Dengan begitu, meskipun hujan deras mengguyur lapangan hijau tidak akan digenangi air karena sudah menyerap ke dalam tanah lebih cepat. Tidak ketinggalan dibangun tribun penonton yang mengelilingi lapangan hijaunya. Jadilah stadion berkualitas bagus kebanggan masyarakat Bandung Raya.

Apa yang menarik dari Stadion Siliwangi?

Namanya saja tempat wisata pasti ada daya tarik dan kekhasannya tersendiri, sehingga mampu menarik perhatian banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Apalagi jika daya tarik tersebut tidak ditemukan di tempat-tempat liburan sejenis lainnya. Begitu juga dengan Stadion Siliwangi yang juga memiliki daya tarik dan Anda perlu mengetahuinya.

Daya tarik utama saat mengunjungi Stadion Siliwangi, yaitu bisa melihat langsung tim Persib Bandung berlatih. Terutama Anda yang menyukai dunia sepak bola pada umumnya, atau sebagai Bobotoh pada khususnya. Silakan Anda mengunjungi stadion yang satu ini disesuaikan dengan jadwal para punggawa Persib berlatih. Dengan begitu, Anda bisa melihat aktivitas mereka hingga mengabadikannya menjadi foto ataupun video. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa meminta tanda tangan, berfoto bersama, hingga berbincang-bincang hangat dengan para pemain Persib. Tentu saja setelah jadwal latihan mereka usai agar tidak mengganggunya.

Anda juga bisa berkeliling di dalam Stadion Siliwangi untuk melihat lebih dekat siuasi, suasana, dan kondisinya. Mulai dari tribun penonton, ruang ganti pemain, hingga menginjakkan kaki di lapangan hijaunya. Bila sudah capek berkeliling, silakan beristirahat sejenal di kantin atau tempat makan di situ yang menyediakan beberapa menu makanan dan minuman. Pilih dan pesan saja yang ada sesuai selera masing-masing. Harganya pun masih cukup terjangkau untuk semua orang. Setelah perut diisi dan kenyang, Anda bisa menuju bagian outlet atau penjualan suvernir, cinderamata, dan pernak-pernik yang bisa dibeli sekaligus dibawa pulang.

Tentu saja pernak-perniknya masih seputar Persib Bandung, Stadion Siliwangi, dan Kota Bandung. Misalnya, jersey pemain Persib, gantungan kunci, topi, tas, dan masih banyak lagi. Pilih saja mana yang Anda suka dan minati, lalu lihat bandrolan harganya. Harga yang dibandrol bervariasi disesuaikan dengan kualitas dan ukuran produk cinderamatanya. Selanjutnya, cinderamata tersebut nantinya bisa dijadikan oleh-oleh saat pulang ke rumah masih-masing. Atau mungkin, Anda hanya ingin menyimpannya saja sebagai benda kenang-kenangan saat liburan ke Bandung yang seru dan menyenangkan.

Setelah membaca uraian di atas, Anda sudah semakin tahu dan mengenal Stadion Siliwangi sebagai salah satu objek wisata di Bandung. Tempat liburannya identik dengan wisata olahraga karena mengunjungi stadion yang biasa dijadikan tempat berlatih dan melaksanakan pertandingan sepak bola.

Next: Wisata Edukatif ke Puspa Iptek Sundial Padalarang Bandung

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi tempat liburan yang satu ini. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang tercinta agar liburan di Bandung semakin menyenangkan. Selamat liburan dan semoga sukses selalu untuk Anda.

Berwisata ke Stadion Siliwangi Kebanggan Masyarakat Bandung | wowman99 |