Taman Cempaka Bandung, Surga Bagi Pehobi Fotografi

Taman Cempaka Bandung, Surga Bagi Pehobi Fotografi

Memang benar, ada beberapa taman di wilayah Kota Bandung yang dibangun dengan konsep unik dan menarik. Salah satunya adalah Taman Cempaka Bandung. Anda yang asli orang Bandung dan berdomisili di sana tentu sudah mengenal taman yang satu ini. Bukan hanya karena letaknya di pusa Kota Bandung saja, tetapi keunikan yang ditampilkan tamannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap orang yang mengunjunginya. Bagi masyarakat Bandung, tentu sudah terbiasa dengan Taman Cempaka. Bahkan, bisa jadi mengunjunginya hampir setiap hari karena lokasinya yang strategis serta nyaman untuk sekedar duduk-duduk sambil menikmati udara segar di pagi hari atau yang lainnya.

Baca juga: Monumen Bandung Lautan Api, Wisata Menarik Bersejarah

Adapun Anda yang belum pernah ke Bandung, tetapi sangat ingin liburan ke sana. Jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk segera merencanakan pada musim liburan yang akan datang. Apalagi Anda yang berdomisili jauh dari Bandung, atau bahkan di luar Jawa. Harus direncanakan dan dipersiapkan secara matang agar liburan ke Bandung nanti benar-benar seru dan menyenangkan. Ada cukup banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat di Bandung. Tak terkecuali, Taman Cempaka Bandung yang pastinya mempunyai keunikan tersendiri untuk dinikmati. Lalu, apa saja keunikannya dan informasi umumnya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Taman Cempaka Bandung

Taman Cempaka berlokasi di Jalan Anggrek, Kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu taman tematik yang dibangun oleh Pemkot Bandung untuk masyarakat umum. Bukan hanya untuk masyarakat Kota Bandung saja, tetapi juga para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Pasalnya, Bandung sudah populer sebagai salah satu kota besar yang sekaligus destinasi wisata di Indonesia. Bahkan, keepopulerannya sudah sampai di luar negeri. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya turis asing berlalu-lalang di jalan-jalan Kota Bandung. Mulai dari turis Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Mereka ingin melihat dan membuktikan sendiri keunikan dan keseruan tempat-tempat wisata di Kota Kembang. Salah satunya adalah Taman Cempaka Bandung yang berkonsep tematik.

Disebut berkonsep tematik karena taman yang satu ini mempunyai tema fotografi. Semua yang berkaitan dengan fotografi, seperti latar belakang, pemotretan, komunitas, dan sebagainya. Anda yang mempunyai hobi fotografi sangat tepat mengunjungi Taman Cempaka untuk membuktikan sendiri keahliannya menjepret objek gambar dengan kamera yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan Anda juga akan bertemu dengan komunitas fotografi yang sedang berkumpul dan beraktivitas di sana.

Baca: Kota Baru Parahyangan, Destinasi Wisata Keren Menyenangkan

Terutama pada hari Sabtu dan Minggu, semakin ramai Taman Cempaka dipenuhi pengunjungnya. Jika beruntung, Anda juga dapat melihat langsung praktik fotografer profesional yang sedang memberikan tips dan trik untuk para fotografer pemula. Dengan begitu, Anda pun mendapatkan pengetahuan gratis di bidang fotografi. Dalam beberapa kesempatan, komunitas fotografi juga memamerkan hasil karya mereka di Taman Cempaka Bandung untuk dapat dilihat oleh masyarakat umum yang datang.

Surga Bagi Pecinta Fotografi

Diketahui bahwa Taman Cempaka Bandung diresmikan oleh Wali Kota Bandung yang saat itu dijabat oleh Ridwan Kamil pada tanggal 21 September 2013. Taman Cempaka merupakan salah satu dari 30 taman tematik yang menjadi program revitalisasi oleh Ridwan Kamil pada saat itu. Tujuannya adalah membangun atau merenovasi taman-taman di Kota Bandung agar lebih menarik dan bermanfaat bagi masyarakat umum. Dalam perjalanan waktunya, semua taman tematik yang ada di Kota Bandung juga dijadikan destinasi wisata serta direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Taman Cempaka diharapkan menjadi tempat pusat kegiatan masyarakat Kota Bandung terutama yang hobi di bidang fotografi. Hal itu dikarenakan tidak dapat dipungkiri bahwa mereka yang hobi serta berprofesi sebagai fotografer di Bandung cukup banyak. Entah fotografer profesional atau masih amatiran. Para fotografer tersebut menjadi satu kesatuan dalam sebuah komunitas fotografi di Bandung. Maka dari itu, sudah seharusnya Pemkot Bandung memfasilitasi semua kegiatan fotografi yang mereka lakukan secara rutin agar lebih eksis di tengah masyarakat dan terkoordinasi dengan baik. Akhirnya, dibangunlah Taman Cempaka yang bertema fotografi tersebut.

Belajar fotografi di Taman Cempaka Bandung

Namanya juga taman tentu identik dengan sebuah tempat luas di luar rungan (outdoor) yang ada tempat-tempat duduk, tanaman, serta arena permainannya. Gambaran taman seperti itu tentu sudah banyak di tiap kota/kabupaten di Indonesia. Berbeda dengan konsep taman tematik yang lebih spesifik dan detail dalam pembangunan tamannya.

Dengan kata lain, fasilitas dan fitur yang ada dalam tamannya harus disesuaikan dengan temanya. Begitu juga Taman Cempaka yang mengusung tema fotografi. Beberapa bangku untuk tempat duduk beserta beberapa tanaman untuk mempercantik tamannnya masih ada dan dipertahankan. Selain itu, beberapa ayunan sebagai tempat berayun untuk pengunjung juga ada.

Ternyata, bukan hanya anak-anak kecil yang senang menaiki ayunan di Taman Cempaka Bandung. Namun, tidak sedikit orang dewasa juga turut menyenanginya, baik pria maupun wanita. Bukan sekedar untuk bersenang-senang saja saat menaiki ayuran tersebut. Akan tetapi, para orang dewasa tersebut menaiki ayunan karena bisa dijadikan spot atau background foto yang menarik. Anda pun bisa membayangkan sendiri sedang menaiki ayunan dengan perasaan senang dan gembira, lalu difoto.

Tentu saja harus diambil dari angle atau sudut pengambilan foto yang tepat, sehingga hasil jepretannya bagus dan menarik. Selain ayunan, masih ada beberapa spot menarik untuk menjadi latar foto. Sementara untuk modelnya, setiap orang bisa menjadi foto model. Namun biasanya, wanita lebih banyak dijadikan foto model karena daya tariknya yang luar biasa.

Terkait: Kupas Tuntas Pesona Nirwana Water Park Bandung, Harga Tiket DLL

Silakan Anda mengunjungi Taman Cempaka Bandung dan bertemu serta berinteraksi dengan komunitas fotografi di sana. Anda yang mengaku hobi fotografi bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan bermanfaat dari bidang ini. Pasalnya, Anda tidak belajar dari membaca buku atau artikel saja, tetapi sudah melihat praktiknya langsung di lapangan.

Bahkan, Anda sendiri bisa mempraktikkan cara mengambil foto yang baik dan benar, sehingga hasilnya tidak mengecewakan saat dicetak nanti. Adapun Anda yang tidak menyukai fotografi. Tidak ada salahnya melihat aktivitas para fotografer tersebut bersama komunitasnya di Taman Cempaka. Siapa tahu Anda tertarik dengan bidang fotografi setelah melihatnya langsung lebih dekat.

Berwisata gratis yang menambah pengetahuan

Tidak selalu liburan dihabiskan dengan acara bersenang-senang dan berhura-hura saja. Liburan semacam itu tentu menghabiskan banyak budget uang. Anda juga masih bisa bersenang-senang saat liburan di Bandung tanpa harus membayar tiket masuk ke tempat wisatanya. Bahkan, Anda bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat di bidang fotografi.

Selanjutnya: Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi Penuh Daya Tarik

Salah satu bidang yang hingga sekarang masih populer dan menjadi favorit banyak orang. Jika menginginkan liburan semacam itu, jangan pernah ragu lagi mengunjungi Taman Cempaka Bandung. Dijamin, Anda akan semakin paham dalam bidang fotografi. Dengan kata lain, Anda akan semakin lihai mengambil foto yang berkualitas bagus.

Taman Cempaka Bandung, Surga Bagi Pehobi Fotografi | wowman99 |