Review Taman Film Bandung, Wisata Kekinian Paling Mengasyikkan

Review Taman Film Bandung, Wisata Kekinian Paling Mengasyikkan

Apa itu Taman Film Bandung? Apakah juga termasuk objek atau tempat wisata di Bandung? Anda sekalian yang belum pernah mengunjunginya tentu penasaran dengan jawaban dari kedua pertanyaan tersebut. Maka dari itu, silakan membaca tulisan ini hingga tuntas karena akan membahas tentang Taman Film lebih detai dan lengkap. Informasi yang bisa Anda dapatkan setelah membaca tulisan ini dapat dijadikan bahan referensi sebelum benar-benar mengunjunginya nanti. Kunjungan ke Bandung dengan tujuan liburan yang seru, menyenangkan, sekaligus menasikkan. Oleh karena itu, jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga tercinta dan orang terdekat saat nanti liburan ke Bandung. Dengan begitu, Anda dapat berbagi kesenangan bersama-sama orang terdekat.

Baca juga: Review Tempat Wisata Jalan Braga Bandung Yang Sudah Tersohor Itu

Ada cukup banyak tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Jenis, macam, dan temanya juga bervariasi sehingga tiap wisatawan dapat menentukan sendiri objek wisata mana yang cocok dan disukainya untuk dikunjungi. Salah satunya adalah objek wisata yang bernama Taman Film. Dinamakan seperti itu, Anda tentu dapat menduganya bahwa tempat yang satu ini untuk nongkrong dan menonton film yang diputar di sana. Tempatnya sudah didesain sedemikian rupa sehingga aman dan nyaman saat dipergunakan. Anda sebagai salah satu orang yang hobi atau gemar menonton film tentu jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Taman Film.

Lalu, informasi apa saja yang perlu diketahui mengenai tempat wisata bernama Taman Film Bandung tersebut? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Informasi umum Taman Film Bandung

Taman Film merupakan salah satu taman berkonsep tematik yang ada di Bandung. Taman Film berlokasi di bawah Jembatan Pasupati, Kota Bandung, Jawa Barat. Berdekatan dengan Taman Jomblo yang juga sama-sama berkonsep tematik. Tentu saja berlainan temanya. Dimana Taman Film bertema ruang terbuka publik yang modern dan dibangun sebagai sarana menonton film atau tontonan lainnya secara gratis. Diketahui bahwa Taman Film dikelola bersama oleh Komunitas Film Bandung dan Dinas Pertamanan Kota Bandung. Taman yang satu ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 14 September 2014 oleh Walikota Bandung yang saat itu dijabat Ridwan Kamil.

Taman yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar ini diharapkan menjadi sarana masyarakat umum untuk beraktivitas menonton film seperti yang sudah diprogramkan. Beberapa tontonan yang biasa diputar di Taman Film Bandung, antara lain film indie Bandung, film nasional, film Hollywood, film Bollywood, film Korea/K-Pop, hingga siaran pertandingan sepak bola. Dipastikan tiap hari ada tontonan film yang bisa ditonton disesuaikan dengan jadwal pengelolanya yang sudah dibuat.

Baca juga: Review Cisangkuy Market Bandung, Lokasi, Daftar Kuliner DLL

Dengan begitu, tiap orang bisa mengetahui dan menonton fim atau acara seperti yang disukainya. Dikarenakan tamannya berkonsep ruang terbuka publik, maka semua orang dipersilakan mengunjungi Taman Film. Bukan hanya masyarakat Bandung dan sekitarnya saja, tetapi juga para wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal, domestik, hingga mancanegara. Mulai dari bayi, anak kecil, hingga orang tua dipersilakan ikut bergabung dan menonton. Pria dan wanita dipersilakan untuk mengunjungi Taman Film untuk menonton film seperti yang disukainya.

Tempat ngumpul asyik di akhir pekan

Taman Film akan semakin ramai di akhir pekan, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu. Dimana menjadi waktu untuk liburan akhir pekan dan hangout bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Selain itu, keramaian memuncak di Taman Film juga pada saat mengadakan acara nonton bareng (nobar) pertandingan sepak bola, apalagi yang bertanding Persib Bandung. Dipastikan Taman Film akan penuh sesak, bahkan hingga meluber ke bahu jalan serta menyebabkan kemacetan lalulintas.

Namun demikian, ada kalanya kegiatan nobar tersebut berakhir ricuh yang hanya menyisakan kerusakan saja. Seperti yang terjadi pada tanggal 5 Oktober 2015. Ada acara nobar Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Persib Bandung vs Mitra Kukar. Pertandingan ternyata dimenangi oleh Mitra Kukar, sehingga membuat penonton di Taman Film yang sekaligus oknum Bobotoh (sebutan untuk fans atau penggemar setia Persib Bandung) marah. Mereka merusak fasilitas dan pohon-pohon di Taman Film karena kesal serta marah Persib kalah.

Peristiwa tersebut membuat sang Walikota Bandung, Ridwan Kamil marah. Dia tidak mengizinkan kegiatan nobar di Taman Film Bandung. Namun selang beberapa waktu, Ridwan memperbolehkan lagi diadakan acara nobar setelah melakukan revisi aturan dan tata tertib pengunjung di Taman Film. Sampai sekarang, tidak ada lagi keributan atau peristiwa berkesan negatif di Taman Film. Semua orang setiap hari bisa mengunjunginya untuk menonton film atau acara lain kesukaannya.

Bagaimana fasilitas di Taman Film Bandung?

Tidak dapat dipungkiri bahwa tiap tempat wisata harus dilengkapi dengan fasilitas pendukung atau penunjang. Dengan begitu, tiap orang yang mengunjunginya bisa selalu merasa aman dan nyaman saat di situ. Mereka pun merasa betah untuk berlama-lama di tempat liburan yang bersangkutan. Begitu juga di Taman Film Bandung yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk bisa dipakai semua orang tanpa terkecuali yang mengunjunginya. Untuk menggunakan semua fasilitas itu pun tidak dipungut uang satu rupiah pun alias gratis.

Baca juga: Review Babakan Siliwangi Bandung, Harga Tiket, Rute, Fasilitas DLL

Untuk mendukung seperti menonton di bioskop, Taman Film Bandung dipasang teknologi videotron raksasa berukuran layar 4×8 meter. Ditambah fasilitas sound system berdaya 33000 watt. Dengan begitu, antara gambar dan suara tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sementara untuk film atau tayangan yang akan ditayangkan sudah diprogram secara digital komputerisasi. Maka dari itu, kualitas gambar d videotron benar-benar bagus dan memuaskan.

Perlu diketahui bahwa Taman Film dibangun di atas luas lahan sekitar 1300 meter persegi. Tempat duduknya dibuat seperti di dalam bioskop, yaitu bertingkat dengan kapasitas penonton maksimal 500 orang. Dalam arti, sekitar 500 orang dewasa bisa duduk di bangku atau tempat duduk yang sudah disiapkan. Sementara itu, pengunjung lain yang tidak kebagian tempat duduk bisa berdiri di pinggiran bangku atau lesehan di depan videotron. Tidak ada aturan resmi yang mengatur tentang tempat duduknya, yang penting bisa rapi, tertib, dan tidak gaduh. Selain tempat duduk, dekorasi tamannya juga spesial. Ada beberapa pohon dan tanaman ditanam di sekitar taman. Ada juga lampu-lampu berwarna-warni yang akan dinyalakan pada sore dan malam hari terlihat begitu indah.

Tempat wisata gratis yang menyenangkan

Memang benar, Taman Film bersifat gratis dan bisa dikunjungi oleh siapa saja. Anda yang sedang liburan di Kota Bandung jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi Taman Film sambil berjalan-jalan seantero Kota Kembang tersebut. Lokasinya tamannya yang ada di pusat kota mudah untuk menjangkaunya. Anda bisa mengunjunginya pada malam hari yang biasanya memutar film tertentu. Pasti seru dan menyenangkan.

Next: Berwisata Religi ke Masjid Pusdai Bandung, Seru dan Mengasyikkan!

Demikianlah informasi mengenai Taman Film Bandung sebagai salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Terutama Anda yang nanti liburan ke Bandung. Selamat liburan dan bersenang-senang.

Review Taman Film Bandung, Wisata Kekinian Paling Mengasyikkan | wowman99 |