Taman Gesit Bandung, Wisata Nuansa Hijau, Aktif & Menyehatkan

Taman Gesit Bandung, Wisata Nuansa Hijau, Aktif & Menyehatkan

Ada satu lagi taman tematik di Bandung yang populer bernama Taman Gesit Bandung. Disebut berkonsep tematik karena ide pembangunan tamannya memang disesuaikan dengan tema yang diusung. Dengan begitu, taman yang dibangun lebih spesifik yang nanti dikunjungi oleh banyak orang. Mereka yang berkunjung akan beraktivitas sesuai tema yang diusung pada taman tersebut.

Begitu juga Taman Gesit yang berlokasi di Bandung ini. Sebenarnya dari namanya kita semua sudah bisa menebak tema apa yang diusung. Gesit dapat diartikan bergerak cepat, aktif, dan gesit. Dengan kata lain, melakukan aktivitas fisik yang juga bisa dartikan berolahraga. Oleh karena itu, Taman Gesit bertema aktivitas olahraga. Tiap orang yang mengunjungi tamannya dapat berolahraga dengan beragam fasilitas yang disediakan di sana.

Baca juga: Liburan ke Museum Mandala Wangsit Siliwangi yang Bersejarah

Ada beberapa taman tematik di Kota Bandung yang mempunyai kekhasan dan daya tarik tersendiri. Taman-taman tersebut dibangun sebagai tempat umum yang dapat dikunjungi masyarakat umum tanpa terkecuali. Bukan hanya masyarakat Bandung saja, tetapi juga para wisatawan yang berlibur ke Bandung. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita. Semuanya bisa mengunjungi semua taman tematik di Bandung. Salah satunya adalah Taman Gesit Bandung. Lalu, apa yang perlu diketahui dari taman tematik yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Taman Gesit Bandung

Sekarang, Anda akan disuguhi informasi mengenai Taman Gesit yang akan dikunjungi nanti saat liburan di Bandung. Sebelum mengunjunginya, memang seharusnya mengetahui informasi tempat wisata tersebut secara detail. Diketahui bahwa Taman Gesit berlokasi di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Jawa Barat. Sudah disinggung di atas bahwa Taman Gesit merupakan salah satu taman tematik di Kota Bandung yang terbuka untuk masyarakat umum.

Tiap orang tanpa terkecuali dipersilakan mengunjungi tamannya dan beraktivitas di dalamnya. Tentu saja tiap pengunjung harus selalu menjaga kebersihan, kesopanan, kesusilaan, dan ketertiban saat di sana. Taman Gesit diresmikan langsung oleh Wali kota Bandung yang saat itu dijabat Ridwan Kamit pada tanggal 1 April 2015. Taman yang mengusung tema hijau dan aktif ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Bandung khususnya agar hidup lebih sehat dengan berolahraga.

Terkait: Museum Barli Bandung, Kreasi Seni Rupa Yang Mengagumkan

Taman Gesit Bandung dibangun di atas lahan yang sebelumnya berupa taman biasa saja yang letaknya dekat area Car Free Day (CFD) di Jalan Dipatiukr. Pembangunan tamannya berlangsung sekitar sebulan saja dan selesai di bulan April 2015. Sebelum diresmikan, Taman gesit yang sudah selesai dibangun sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya setiap hari.

Menghabiskan Akhir Pekan Yang Menyenangkan di Taman Gesit

Apalagi di akhir pekan dimana pada hari minggu ada kegiatan CFD, sehingga makin ramai yang mengunjungi Taman Gesit. Terutama mereka yang ingin sekedar berjalan-jalan menikmati suasana pagi hari Kota Bandung, atau yang berolahraga untuk menehatkan tubuh mereka. Bukan hanya orang dewasa atau orang tua saja yang beraktivitas di Taman Gesit dan sekitarnya. Namun, tidak sedikit anak-anak yang juga turut beraktivitas di sana. Ada yang bermain-main, bermain roller blade, bersepeda, dan lain sebagainya.

Sampah menjadi pemandangan yang mungkin sudah biasa di kota Bandung. Terutama di setiap ada kegiatan CFD tentu banyak sampah yang berserakan. Padahal Pemkot Bandung sudah menyiapkan dan menaruh beberapa tempat sampah di area CFD, khususnya di Taman Gesit. Maka dari itu, sudah seharusnya semua pengunjung Taman Gesit untuk selalu menjaga kebersihan. Tak perlu muluk-muluk untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.

Praktikkan saja langkah mudah dan sederhana, seperti selalu membuang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan. Jangan membuang sampah sembarangan karena hanya mengotori lingkungan. Jika lingkungan sudah kotor karena dipenuhi sampah, maka tempatnya menjadi tidak nyaman lagi untuk dikunjungi atau melakukan aktivitas di situ. Begitu juga di Taman Gesit Bandung yang seharusnya selalu dijaga kebersihannya agar selalu nyaman untuk dikunjungi. Apalagi Taman Gesit sudah menjadi salah satu objek wisata di Kota Bandung yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Maka dari itu, harus selalu dijaga kebersihannya.

Taman tematik berkonsep hijau dan aktif

Pemkot Bandung memang membidik generasi muda dan kawula muda milenial untuk bisa beraktivitas di Taman Gesit. Tujuannya adalah para anak muda bisa selalu sehat tubuhnya dan menjauhi kegiatan yang berbau negatif. Dengan kata lain, Pemkot Bandung membangun Taman Gesit untuk para kawula muda beraktivitas olahraga. Meskipun bidikannya untuk anak-anak muda, bukan berarti yang beraktivitas di sana hanya mereka saja. Memang didominasi oleh anak-anak muda, tetapi mulai dari anak-anak hingga orang tua lanjut usia juga dipersilakan berativitas di sana. Pasalnya, Taman Gesit diperuntukkan bagi masyarakat umum dan para wisatawan.

Terkait: Berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang Penuh Daya Tarik

Anda yang sedang liburan ke Bandung juga direkomendasikan mengunjungi Taman Gesit. Pasalnya, taman yang satu ini belum tentu Anda temukan di kota/kabupaten lain di Indonesia. Taman tematik yang mempunyai tema tertentu, sehingga benar-benar menarik perhatian. Rekomendasi tersebut bukan hanya diberikan kepada para wisatawan lokal dan domestik saja, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Rekomendasi tersebut jangan sampai disia-siakan dengan mengunjunginya langsung. Percuma Anda hanya membaca informasinya dan melihat fotonya saja, tetapi tidak berkunjung langsung ke tamannya. Anda harus menindaklanjutinya dalam waktu dekat ini atau di musim liburan yang akan datang. Taman Gesit yang ada di Bandung ini dapat menjadi referensi menarik objek wisata yang bisa dikunjungi.

Wisata gratis untuk semua orang

Sudah diuraikan di atas bahwa Taman Gesit Bandung bukan hanya untuk anak-anak muda saja, tetapi semua orang tanpa terkecuali dipersilakan mengunjunginya. Lagipula, mengunjunginya tidak dipungut biaya alias gratis karena tidak ada tiket masuknya. Semua orang bebas masuk dan keluar taman setiap waktu dan setiap hari. Pasalnya, Taman Gesit memang terbuka untuk masyarakat umum dan sifatnya outdoor.

Meskipun terbuka dan di luar ruangan, tetapi Taman Gesit dijamin keamanannya. Memang tidak ada security atau petugas keamanan yang menjaganya. Namun, di beberapa pojok taman sudah dipasangi kamera CCTV yang siap merekan dan memonitor situasi dan kondisi di situ selama 24 jam nonstop. Jadi, semisal ada tindakan kriminalitas atau yang melanggar hukum, kamera CCTV bisa merekamnya dan dapat ditindaklanjuti dengan penindakan oleh aparat kepolisian.

Beberapa fasilitas pendukung juga sudah dipersiapkan untuk semua pengunjung yang datang ke Taman Gesit. Misalnya, tempat duduk, tempat sampah, toilet, beberapa permainan, dan lain sebagainya. Biasanya, setiap sore ada penjual makanan dan minuman asongan atau kaki lima yang menggelar dagangannya. Anda pun bisa membelinya sesuai yang diinginkan. Namun perlu diingat, Anda harus tetap menjaga kebersihan saat di sana. Jangan buang sampah sembarangan.

Selanjutnya: Stadion Si Jalak Harupat, Alternatif Tempat Wisata yang Ikonik

Demikianlah informasi mengenai Taman Gesit Bandung sebagai salah satu objek wisata yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Selamat liburan di Bandung dan bersenang-senang sepuasnya.

Taman Gesit Bandung, Wisata Nuansa Hijau, Aktif & Menyehatkan | wowman99 |