Berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang Penuh Daya Tarik

Berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang Penuh Daya Tarik

Apakah Anda sudah mengetahui perihal Taman Lansia Bandung? Anda yang berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya tentu sudah mengetahuinya. Bahkan, bukan tidak mungkin pernah mengunjunginya. Hal itu dikarenakan taman yang satu ini merupakan tempat umum yang disediakan oleh Pemkot Bandung untuk masyarakat umum. Jadi, semua orang tanpa terkecuali dipersilakan mengunjunginya. Lalu, mereka bisa menikmati pemandangan dan fasilitas taman yang sudah disediakan di sana. Tidak peduli masih anak-anak atau sudah lanjut usia, pria ataupun wanita. Semuanya bisa mengunjungi tamannya setiap waktu dan setiap saat.

Menarik: Kota Baru Parahyangan, Destinasi Wisata Keren Menyenangkan

Terutama Anda yang belum pernah berkunjung ke Kota Bandung dan merencanakan liburan ke sana dalam waktu dekat. Anda seharusnya mendapatkan informasi yang detail mengenai tempat-tempat liburan di Bandung sebagai destinasi wisata. Pasalnya, ada cukup banyak tempat unik dan menarik di Bandung yang pantas, layak, dan direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal dan domestik saja, tetapi juga mancanegara karena Bandung memang sudah dipromosikan go internasional. Salah satu tempat wisata yang direkomendasikan, yaitu Taman Lansia Bandung. Kenapa disebut Taman Lansia? Apa saja yang menarik dari taman tersebut? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Taman Lansia Bandung

Anda mungkin sangat penasaran kenapa dinamakan Taman Lansia. Lansia di sini memang kepanjangan dari lanjut usia atau orang berumur tua, seperti kakek dan nenek. Diketahui bahwa Taman Lansia terletak di Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat. Berdekatan dengan Gedung Sate, sehingga Anda yang ke Bandung bisa sekalian mengunjungi beberapa tempat wisata di tengah kota. Taman Lansia Bandung diresmikan pada tanggal 31 Desember 2014 oleh Wali Kota Bandung saat itu yang dijabat Ridwan Kamil.

Pada mulanya, bernama Taman Cisangkuy karena lokasinya di pinggir Jalan Cisangkuy dan Jalan Cilaki. Namun demikian, warga sekitar akrab menyebutnya Taman Lansia. Hal itu dikarenakan begitu banyak orang-orang tua lanjut usia yang mengunjungi tamannya terutama pada pagi hari. Mereka beraktivitas di taman dengan sekedar duduk-duduk, berjalan kaki, berolahraga ringan, bercengkerama dengan orang terdekat, dan lain sebagainya.

Namun ternyata, bukan hanya orang tua lanjut usia saja yang mengunjungi taman tersebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga ikut bergabung di situ dan melakukan beragam aktivitasnya masing-masing. Ada yang berolahraga, sekedar membaca buku, nongkrong bersama teman-temannya, dan lain sebagainya. Bahkan, ada juga yang menggelar matras atau tikar untuk makan bersama di situ.

Tempat Akhir Pekan Yang Menyenangkan

Terutama pada akhir pekan, suasana di Taman Lansia Bandung semakin ramai sejak pagi hingga malam hari. Ditambah para pedagang asongan dan kaki lima yang menjajakan barang dagangannya di sekitar taman. Tentu saja suasana di taman menjadi begitu ramai. Bagi sebagian orang terutama lansia, suasana ramai semacam itu tentu kurang nyaman. Pasalnya, mereka ingin beraktivitas di taman dengan tenang dan tanpa keramaian.

Namun bagi sebagian lainnya terutama anak-anak muda, suasana ramai di taman menjadi yang diinginkan mereka. Apapun yang terjadi, Taman Lansia dibangun dan dibuat untuk masyarakat umum. Semua orang diperbolehkan berkunjung untuk melakukan aktivitasnya masing-masing. Namun perlu diingat, harus menjaga kebersihan, kesopanan, dan kesusilaan selama berada di Taman Lansia.

Terkait: Monumen Bandung Lautan Api, Wisata Menarik Bersejarah

Jadi, semua pengunjung juga harus menyadari bahwa Taman Lansia memang banyak dikunjungi oleh para orang tua lanjut usia. Maka dari itu, sudah seharusnya saling menghargai, menghormati, dan bertoleransi kepada mereka yang berumur tua. Dengan begitu, suasana di taman selalu kondusif, aman, dan nyaman. Itulah yang bisa Anda rasakan saat mengunjungi Taman Lansia Bandung. Oleh karena itu, silakan mengagendakan ke sana saat liburan di Bandung nanti.

Berwisata gratis yang tetap menyenangkan

Lokasinya yang berada di pusat kota menjadikan cukup mudah untuk menemukan Taman Lansia Bandung. Anda yang dari luar kota atau daerah bisa langsung menuju Kota Bandung dengan mengendarai kendaraan pribadi atau umum. Setelah sampai, Anda bisa menuju beberapa tempat liburan yang berada di pusat kota Bandung yang biasanya lokasinya saling berdekatan antara satu dengan lainnya. Seperti halnya Taman Lansia yang lokasinya tak jauh dari Gedung Sate. Anda langsung menuju saja Gedung Sate, sehingga bisa mengetahui letak tempat-tempat liburan lainnya yang tidak kalah unik dan menariknya.

Banyak objek wisata di Bandung yang diperuntukkan masyarakat umum, sehingga sifatnya tidak dipungut biaya alias gratis. Anda tak perlu membeli tiket masuk dengan harga nominal tertentu karena memang tidak ada tiket masuknya. Silakan saja masuk dan melakukan aktivitas yang disukai di tempat tersebut dengan batasan-batasan seperti yang sudah disinggung di atas. Lagipula, tempat tersebut selalu buka setiap waktu dan setiap saat, sehingga Anda dapat mengunjunginya kapan saja. Mulai dari pagi hari setelah Subuhan hingga dini hari dipersilakan untuk mengunjunginya. Begitu juga saat Anda berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang setiap waktu terbuka untuk umum.

Lalu, bagaimana dengan kemanannya? Biasanya, tempat wisata yang terbuka untuk umum, seperti taman atau sejenisnya, kurang bagus faktor keamanannya. Anda perlu memahami bahwa Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang sekaligus ibukota provinsi Jawa Barat. Dikarenakan termasuk kota besar, keamanan harus terjamin untuk setiap orang yang berdomisili maupun mengunjungi Bandung. Ada cukup banyak kamera CCTV yang dipasang di berbagai tempat umum di Bandung menyala selama 24 jam.

Baca: Museum Geologi Bandung, Wisata Edukasi Penuh Daya Tarik

Hal itu untuk memantai situasi dan kondisi Kota Bandung agar selalu aman serta kondusif. Begitu juga di Taman Lansia Bandung, sudah dipasangi kamera CCTV sehingga merekam setiap kejadian di tempat tersebut. Jika memang terjadi kejadian yang mengarah ke tindak kriminalitas atau sejenisnya, ada bukti rekamannya. Selanjutnya, pihak kepolisian dapat menindaklanjuti dari rekaman videonya. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat liburan ke Kota Bandung karena sudah terjamin keamanannya.

Bersantai di Taman Lansia Bandung

Berwisata dan liburan tak perlu melakukan kegiatan yang capek dan melelahkan. Anda cukup melakukan aktivitas yang ringan-ringan saja yang penting merasa senang dan bahagia. Tentu saja kegiatan tersebut dilakukan dengan seluruh anggota keluarga dan orang tercinta. Dengan begitu, Anda bisa bersenang-senang bersama mereka sepuasnya. Kesenangan yang bisaa dikenang untuk selamanya karena sudah diabadikan dalam bentuk foto atau video.

Sebagai contoh, Anda bisa mengunjungi Taman Lansia Bandung bersama keluarga tercinta untuk sekedar berjalan-jalan di pagi hari yang udaranya masih segar. Tempat penginapan Anda mungkin dekat dengan lokasi tamannya, sehingga bisa berjalan-jalan di situ. Anda bisa melihat banyak lansia di taman untuk melakukan beragam aktivitas seperti biasanya.

Selanjutnya: Taman Cempaka Bandung, Surga Bagi Pehobi Fotografi

Anda pun bisa bergabung dengan mereka. Siapa tahu bisa berkenalan dan saling berbagi cerita yang menyenangkan. Apalagi jika disuguhi sarapan bubur ayam yang masih hangat tentu lebih mengasikkan. Lalu, apakah Anda tertarik mengunjunginya?

Berkunjung ke Taman Lansia Bandung yang Penuh Daya Tarik | wowman99 |