Menjelajahi Taman Pasupati Bandung yang Unik dan Menarik

Menjelajahi Taman Pasupati Bandung yang Unik dan Menarik

Apa itu Taman Pasupati? Apakah Anda sudah pernah mendengar, melihat, atau mengunjunginya? Jika belum, sudah tepat Anda membaca tulisan ini karena akan menginformasikannya lebih lengkap. Terutama Anda yang ingin liburan ke Bandung dalam waktu dekat ini. Anda perlu mengetahui dan membaca perihal informasi objek-objek wisata di Bandung yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Salah satunya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Taman Jombo.

Lho, kok namanya berubah menjadi Taman Jomblo? Bukankah tadi bernama Taman Pasupati? Perlu Anda ketahui bahwa taman ini juga mendapatkan sebutan atau julukan Taman Jomblo. Lokasinya berada di bawah jembatan layang Pasupati, Kota Bandung, Jawa Barat. Taman yang satu ini tergolong masih baru, yaitu diresmikan pada tanggal 4 Januari 2014 oleh Wali Kota Bandung yang saat itu dijabat Ridwan Kamil.

Baca: Berwisata ke Alun-Alun Kota Bandung, Tempat Ikonik di Kota Kembang

Secara umum, Kota Bandung memang memiliki tempat-tempat yang unik serta menarik untuk dikunjungi saat liburan ke sana. Sebagian di antara tempat unik dan menarik tersebut merupakan ide dari Ridwan Kamil yang diketahui berlatar belakang seorang arsitek. Maka dari itu, Anda jangan sampai ketinggalan untuk mengetahui informasi tempat. Setelah mengetahui informasi, jangan lupa untuk mengunjunginya agar Anda tidak semakin penasaran.

Lalu, apa yang perlu diketahui mengenai objek wisata Taman Pasupati di Bandung yang katanya unik dan menarik tersebut? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Mengenal daya tarik Taman Pasopati Bandung

Taman unik yang satu ini berada di bawah jembatan layang Pasupati, sehingga benar-benar terlindungi dari sengatan panas matahari dan guyuran hujan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang sejak pagi hingga malam hari untuk sekedar duduk-duduk dan nongkrong bersama teman dan rekannya. Namanya juga tempat umum, siapa saja bisa mengunjunginya setiap waktu dan setiap saat. Tentu saja dengan tetap menjaga kebersihan, norma kesopanan, dan kesusilaan. Jika sampai melanggarnya, Anda bisa terekam kamera CCTV yang pastinya sudah dipasang di beberapa pojok taman. Maka dari itu, Anda harus tetap menjaga sikap dan perilaku pada saat liburan di Bandung dan mengunjungi beragam objek wisatanya, tak terkecuali Taman Pasupati.

Baca: Berwisata Religi dengan Mengunjungi Masjid Raya Bandung yang Megah

Lalu, kenapa disebut Taman Jomblo? Hal tersebut tidak terlepas dari ide dan konsep penataan tamannya yang diberi beberapa tempat duduk berbentuk kubus atau kotak berukuran kecil berwarna-warni khas anak muda. Tempat duduk itu hanya bisa diduduki oleh satu orang dewasa saja. Otomatis, Anda yang duduk di atas kubus tersebut sendirian dan tidak ada orang yang menemani duduk, kecuali berdiri di sampingnya. Memang konsep tamannya didesain untuk anak-anak muda Kota Bandung. Namun demikian, mulai dari anak-anak hingga orang tua dipersilakan untuk mengunjunginya.

Kubus Artistik Multifungsi

Ternyata, kubus-kubus tersebut bukan hanya difungsikan sebagai tempat duduk saja. Namun, kubur tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat memajang karya seni, seperti lukisan, pahatan patung, atau yang lainnya. Jadi, unsur kreativitas tetap ada. Ukuran kubusnya sekitar 70 cm hingga 1 meter. Pada malam hari, kubus-kubus tersebut akan menyala karena sudah dipasang lampu di bagian bawahnya.

Pada bagian lain Taman Pasupati ada bangku panjang melengkung yang bisa dijadikan tempat duduk beramai-ramai. Selain itu, ada arena bagi penggemar skateboard atau papan luncur yang bisa menunjukkan aksinya. Arenanya cukup luas dan menantang, sehingga Anda yang bisa bermain skateboard dipersilakan mencoba lintasannya. Biasanya, tiap sore hingga malam hari banyak yang memanfaatkan arena tersebut untuk bermain skateboard.

Liburan sembari menyalurkan hobi

Liburan ke Bandung memang tidak hanya mencari hiburan dan kesenangan saja. Namun, liburan yang bisa mendapatkan sesuatu bermanfaat. Khususnya, Anda yang mungkin mempunyai hobi traveling sekaligus hobi sampingan lainnya. Misalnya, fotografi, skateboard, dan berkesenian. Jika Anda berhobi seperti itu, sudah tepat mengunjungi Taman Pasupati di Bandung. Hal itu dikarenakan tempat wisata yang satu ini juga menyediakan beberapa fasilitas untuk menyalurkan hobi bagi semua orang. Anda yang hobi fotografi silakan mencari spot-spot menarik di taman tersebut. Jangan lupa mencari angle atau sudut pengambilan foto yang tepat, sehingga hasil jepretan Anda benar-benar bagus dan menarik saat dilihat.

Baca: Berkunjung ke Museum 3D Bandung, Sensasi Wisata Kekinian

Begitu juga Anda yang hobi berkesenian, seperti melukis. Anda bisa melukis di Taman Pasupati dan hasil lukisannya bisa langsung dipamerkan di sana. Pasalnya, kubus-kubus tempat duduk di tamannya bisa digunakan untuk memajang lukisan. Siapa tahu ada yang tertarik dengan lukisan Anda dan berani membayar mahal. Anda yang suka bermusik juga bisa menunjukkan bakat bermain alat musik atau bernyanyi di Taman Jomblo ini. Dalam arti, Anda tidak mengamen dan mencari uang karena bisa ditindak oleh Satpol PP.

Wahana Sport Kekinian Yang Mantap

Anda yang mengaku sebagai anak skateboard juga bisa memanfaatkan taman unik ini untuk sekedar berlatih dan menunjukkan bakat terpedam. Sudah disinggung di atas bahwa ada arena atau lintasan skateboard yang dibuat khusus untuk para penggemarnya. Oleh karena itu, jangan lupa membawa skateboard kesayangan saat liburan ke Kota Bandung. Anda bisa bertemu dan berkumpul dengan sesama penyuka olahraga ini. Dengan begitu, bisa terjalin rasa pertemanan dan persaudaraan karena mempunyai hobi serta kesukaan sama. Bahkan, Anda yang tidak mempunyai hobi seperti disebutkan di atas juga masih bisa menikmati suasana keramaian dan kehebohan di Taman Pasupati Bandung.

Baca: Menikmati Air Terjun Pelangi di Curug Cimahi yang Mempesona

Sembari mencicipi makanan dan minuman kecil yang dijajakan oleh para pedagang kaki lima. Nikmati saja sepuasnya karena memang mengasikkan di sana. Dijamin Anda bisa betah dan berlama-lama di Taman Jomblo. Namun jika sudah lelah dan suntuk, jangan dipaksakan terus di sana. Silakan kembali ke tempat penginapan untuk beristirahat karena masih banyak objek wisata di Bandung yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Wisata gratis di Bandung yang menyenangkan

Berkunjung ke Taman Pasupati Bandung memang tidak dipungut biaya alias gratis. Taman Jomblo ini adalah fasilitas umum yang disediakan oleh Pemkot Bandung untuk seluruh masyarakat umum. Bukan sebatas masyarakat Bandung dan sekitarnya saja, tetapi juga semua wisatawan yang sedang liburan di Kota Kembang. Baik wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara. Maka dari itu, jangan sampai dilewatkan dan disia-siakan untuk mengunjunginya langsung. Kunjungi dan nikmati keunikan tamannya. Jangan lupa mengabadikan tiap momen berharga menjadi banyak jepretan foto. Maka dari itu, selalu bawa gadget Anda masing-masing saat liburan di Bandung.

Baca: Upside Down World Bandung, Tempat Wisata yang Instagramable Banget

Meskipun sifatnya gratis karena tidak ada tiket masuknya, tetapi Taman Pasupati menyajikan banyak hal unik dan menarik bagi banyak orang. Ide dan konsep tamannya yang brilian karena mampu mengubah kolong jembatan layang yang dulunya sepi, kotor, dan bau. Sekarang, berubah menjadi taman yang unik, menarik, serta bermanfaat. Tiap orang mulai dari anak-anak hingga orang tua, pria maupun wanita. Semuanya bisa mengunjungi Taman Jomblo ini. Terutama Anda yang masih jomblo silakan mengunjungi tamannya. Siapa tahu mendapatkan jodohnya di sana.

Menjelajahi Taman Pasupati Bandung yang Unik dan Menarik | wowman99 |
error: Content is protected !!