Review Tebing Citatah Bandung, Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas DLL

Review Tebing Citatah Bandung, Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas DLL

Tebing Citatah Bandung menjadi destinasi wisata berikutnya yang harus Anda kunjungi. Bukan sembarangan tebing berbatu di lereng gunung yang terjal dan curam. Namun, tebing yang satu ini sudah didesain sedemikian rupa untuk dijadikan tempat liburan yang asik, seru, dan menyenangkan. Tak ketinggalan, menjadi kegiatan yang cukup ekstrem atau menantang.

Hal itu dikarenakan para wisatawan atau pengunjung bisa menguji nyalinya dengan mendaki Tebing Citatah. Tentu saja tidak semua orang berani melakukannya. Hanya orang-orang tertentu yang berani. Misalnya, mereka yang menyukai kegiatan atau olahraga menantang, sudah pernah mendaki tebing sebelumnya, atau yang memang memiliki jiwa pemberani serta suka mencoba hal-hal baru yang sifatnya menantang.

Baca juga: Review Lereng Anteng Panoramic Coffee Place, Harga Tiket, Lokasi DLL

Anda mungkin salah satu orang yang masuk dalam kategori tersebut. Jika iya, tidak ada salahnya coba mendaki Tebing Citatah di Bandung. Dijamin 100 persen aman dan nyaman karena pihak pengelola tempat wisata ini benar-benar mengutamakan safety atau keamanan bagi tiap pengunjung yang mendaki Tebing Citatah. Anda akan dipasangi terlebih dulu peralatan dan perlengkapan mendaki tebing yang standar.

Dengan begitu, Anda bisa mendakinya lebih nyaman, aman, serta leluasa. Tentu saja tetap mengikuti arahan dari petugas atau instruktur di sana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Namanya saja kegiatan di luar rungan (outdoor) yang sifatnya ekstrem, sehingga tidak menutup kemungkinan ada kejadian yang menantang dan mengejutkan.

Lalu, apa saja informasi yang perlu diketahui dari Tebing Citatah Bandung sebelum benar-benar mengunjunginya nanti? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

Informasi umum Tebing Citatah Bandung

Perlu Anda ketahui bahwa Tebing Citatah merupakan sebuah kawasan tebing yang lokasinya di Citatah, Kabupaten Bandung Barat atau sekitar 5 km dari Padalarang. Anda yang menuju Kota Bandung dari Jakarta, Bogor, dan Cianjur yang melewati kawsan Puncak atau Jonggol tentu juga akan melewati Padalarang. Tebing Citatah terbentuk dari sebagian besar dari kapur, sehingga terlihat agak berbeda wujudnya dari tebing-tebing lain di sekitarnya. Inilah yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal dan domestik, tetapi juga mancanegara yang ingin melihat langsung dan lebih dekat Tebing Citatah.

Diketahui bahwa Citatah merupakan kawasan pertambangan kapur yang cukup produktif sejak dulu hingga sekarang. Tentu saja setelah dijadikan kawasan wisata, bagian Tebing Citatah tidak ditambang lagi kapurnya karena nanti akan habis sedikit demi sedikit tebingnya karena kegiatan penambangan. Citatah sendiri dibedakan menjadi tiga tebing, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah90, dan Tebing Citatah 125. Ada perbedaan, karakteristik, dan pemanfaatannya masing-masing tiap tebing tersebut. Pasalnya, tidak semua Tebing Citatah tersebut bisa dikunjungi dan didaki oleh wisatawan umum.

Lokasi

Tebing Citatah 48 berlokasi di Jalan Pamuncatan Raya, Bandung, Jawa Barat. Tebing tersebut di bawah pengawasan Kopassus AD. Tebing Citatah 48 biasa menjadi tempat latihan para anggota Kopassus. Oleh karena itu, tidak sembarangan orang bisa memasuki wilayahnya dan mendaki tebingnya. Dengan kata lain, Tebing Citatah 48 tidak untuk dikomersilkan. Jika memang ingin memanjat tebingnya dengan tujuan tertentu, harus mendapatkan izin dari pihak Kopassus terlebih dulu.

Tebing Citatah 90 berlokasi di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Tebingnya berjenis batuan kapur. Disebut Tebing Citatah 90 karena ketinggian tebingnya sekitar 90 meter di atas permukaan air tanah. Tebing inilah yang juga sering dipanjat oleh pengunjung Tebing Citatah Bandung. Diketahui ada sekitar 4 – 5 jalur pemanjatan tebing yang bisa dilalui dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Pemanjat Pemula Harus Ekstra Hati-Hati

Dikarenakan sebagian besar jenis batuannya kapur maka permukaan tebingnya cenderung rapuh. Hal tersebut cukup berbahaya terutama oleh para pemanjat tebing pemula. Oleh karena itu, mereka membutuhkan pendampingan saat ingin memanjat Tebing Citatah 90. Tentu saja harus didampingi oleh pemanjat tebing berpengalaman dan profesional. Tak perlu khawatir, di sana rutin diadakan pelatihan panjat tebing oleh komunitas panjat tebing profesional.

Baca juga: Review Kampung Gajah Wonderland, Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas DLL

Masih ada bagian Tebing Citatah Bandung lagi yang biasa menjadi tempat panjat tebing, yaitu Tebing Citatah 125. Lokasinya di Gunung Singgalang dimana terdapat tabing kapur yang paling tinggi. Ketinggiannya diperkirakan sekitar 125 meter, sehingga dinamakan Tebing Citatah 125. Untuk tebing yang satu ini, dijadikan pusat pendidikan untuk sekolah panjat tebing yang ada di Bandung dan sekitarnya.

Hampir setiap hari ada aktivitas panjat tebing di sana. Biasanya pada siang hingga sore hari saat cuaca sedang cerah. Namun saat cuaca hujan, tentu saja tidak ada aktivitas pemanjatan di Tebing Citatah 125 karena cukup beresiko. Jika beruntung, Anda bisa melihat langsung pelatihan panjat tebingnya yang dilakukan dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa ikut pelatihannya secara gratis.

Lalu, apa daya tarik dari objek wisata Tebing Citatah Bandung?

Anda sudah membaca sendiri uraian di atas bahwa tempat wisata yang satu ini berupa tebing pegunungan yang menghampar vertikal ke atas dan bisa dipanjat. Pihak pengelola wisata setempat sudah membuatkan jalur pemanjatan yang lebih mudah untuk dicoba para pengunjung. Tentu saja anak-anak kecil tidak diperbolehkan mencobanya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jalurnya dijamin aman disertai peralatan dan perlengkapan panjat tebing yang berstandar profesional. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan saat memanjat tebingnya.

Baca juga: Review + Gambar Curug Bugbrug Bandung, Tiket + Lokasi, Fasilitas DLL

Silakan Anda memanjat Tebing Citatah sampai ke puncaknya. Anda bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan seantero Bandung dari atas. Anda yang melakukan pemanjatan di sore hari bila cuaca cerah dapat menikmati sunset atau matahari tenggelam di puncak Tebing Citatah. Panorama alam yang sangat indah ditambah semilir angin yang menyegarkan tubuh. Jika kondisinya seperti itu, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan peralatan gadget yang Anda bawa ke atas.

Rekam suasana tersebut menjadi foto atau video yang bisa dijadikan kenangan-kenangan tak terlupakan seumur hidup. Suatu hari nanti saat Anda melihat rekamannya tersebut bisa teringat kembali pengalaman memanjat Tebing Citatah yang eksotis. Selain itu, suasana panorama alam akan membuat angan-angan Anda melayang ke sana lagi. Dengan begitu, ada keinginan yang besar dan kuat untuk kembali lagi mengunjungi Tebing Citatah di Bandung.

Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat saat liburan ke Bandung. Khususnya saat mengunjungi Tebing Citatah Bandung. Jadikan liburan Anda di Bandung benar-benar seru dan mengasikkan. Tidak ada salahnya Anda liburan dengan mencoba suasana dan kegiatan yang berbeda dari sebelumnya, yaitu memanjat tebing. Pasti begitu menyenangkan dan tak akan terlupakan seumur hidup karena pengalaman pertama melakukannya.

Selanjutnya: Review Sanghyang Heuleut Bandung, Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi DLL

Jangan lupa juga untuk membawa peralatan gadget masing-masing agar bisa selalu mengabadikan tiap momen seru liburan di Tebing Citatah. Setelah itu, bisa dibagikan di jejaring sosial media.

Review Tebing Citatah Bandung, Tiket Masuk, Lokasi, Fasilitas DLL | wowman99 |