Berwisata ke Villa Isola Bandung, Harga Tiket, Lokasi DLL

Berwisata ke Villa Isola Bandung, Harga Tiket, Lokasi DLL

Masih ada Villa Isola yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat liburan ke Bandung. Terutama Anda yang belum pernah mengunjungi tempat wisata ini atau bahkan belum pernah sama sekali ke Bandung. Sudah seharusnya Anda merencanakan untuk liburan ke Bandung karena banyak tempat unik dan menarik untuk dikunjungi. Tempat-tempat yang menyuguhkan pemandangan sekaligus pengalaman yang tidak bisa dilupakan seumur hidup. Apalagi Anda yang mengabadikannya dalam wujud foto atau video di gadget. Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga dan orang terdekat saat liburan ke sana, sehingga Anda tidak sendirian saat bersenang-senang di sana.

Baca juga: Wisata Edukatif ke Puspa Iptek Sundial Padalarang Bandung

Namanya saja villa tentu berwujud rumah besar nan megah dengan desain yang unik hingga membuat penasaran banyak orang. Ditambah cerita atau sejarah dibalik pembangunan sampai sekarang yang semakin menarik untuk diketahui. Namun demikian, villa yang bersangkutan tetap menyuguhkan pemandangan dan keindahannya tersendiri. Lalu, apa yang menarik dari Villa Isola hingga direkomendasikan untuk dikunjungi? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian berikut yang semoga bermanfaat.

Informasi umum Villa Isola

Rumah villa yang satu ini berlokasi di Jalan Setiabudi, Dago, Kota Bandung, Jawa Barat. Letaknya di daerah dataran tinggi sehingga identik dengan udara dingin khas pegunungan. Bangunan villanya hingga saat ini masih dipakai oleh IKIP Bandung yang sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Diketahui bahwa Villa Isola merupakan salah satu bangunan dengan desain arsitektur Art Deco yang tidak sedikit dijumpai di Bandung. Hal itu dikarenakan masih banyak rumah atau gedung peninggalan kolonial Belanda di Bandung. Bangunannya masih berdiri kokoh dan kuat meskipun sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Begitu juga dengan Villa Isola yang diketahui dibangun pada tahun 1933. Villa tersebut pertama kali milik seorang hartawan asal Belanda bernama Dominique Willem Berrety. Pembangunannya melibatkan rakyat jelata sebagai tukang bangunannya. Selanjutnya, rumah mewah tersebut dijual dan dimiliki oleh Hotel Savoy Homann. Mungkin pada zaman itu, hotelnya masuk ketegori hotel berbintang yang hanya orang-orang kaya saja mampu menyewa kamarnya dan menginap di situ.

Hingga akhirnya, gedung villa tersebut dimiliki pemerintah dan menjadi salah satu gedung IKIP Bandung. Perguruan tinggi yang mencetak para pendidik yang berkualitas. Seiring perkembangan zaman, nama IKIP Bandung diganti menjadi UPI. Gedung megah tersebut digunakan sebagai kantor rektorat di kampus.Perlu Anda ketahui juga bahwa arsitek yang merancang Villa Isola bernama Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker. Meskipun menonjolkan seni arsitektur klasik Eropa, tetapi masih bisa dilihat unsurarsitektur Jawa di gedung villa tersebut. Misalnya, terdapat orientasi kosmik Utara – Selatan, yang juga dapat ditemui pada Gedung Sate Bandung.

Baca: Review Kebun Binatang Bandung, Tiket, Lokasi, Sejarah DLL

Oleh karena itu, perpaduan arsitekturnya mengundang decak kagum banyak orang. Bahkan, tidak sedikit turis mancanegara asal Belanda mengunjungi gedung Isola untuk bisa melihat secara langsung lebih dekat. Mereka juga bisa bernostalgia dengan bangunan-bangunan khas Belanda zaman dulu yang mungkin sekarang sudah tidak dapat ditemui di negara asalnya.

Ada cukup banyak keindahan yang disungguhkan dari unsur atau elemen di Villa Isola. Anda sebagai salah satu wisatawan yang mengunjunginya dapat menjadikannya spot menarik untuk berselfie ria. Namun perlu diingat, jangan sampai merusak atau mengotori tempatnya karena hal tersebut hanya akan mengurangi keindahan yang disuguhkan di sana. Tentu saja tiap sudut villanya selalu dirawat dan dibersihkan agar layak serta nyaman dikunjungi.

Lalu, apa lagi yang menarik dari Villa Isola?

Villa indah yang satu ini bukan lagi milik perseorangan, tetapi sudah milik pemerintah dalam hal ini digunakan sebagai bagian dari kompleks UPI. Namun demikian, masyarakat umum khususnya para wisatawan dipersilakan untuk mengunjungi serta masuk ke dalamnya. Pasalnya, Villa Isola sudah menjadi salah satu objek wisata di Bandung yang ditawarkan dan direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan agen-agen wisata di Bandung juga memasukkan nama villa tersebut sebagai salah satu destinasi wisata yang akan dikunjunginya. Jadi, tidak apa-apa mengunjungi villa ini saat Anda liburan ke Bandung.

Bahkan, Anda bisa sekalian melakukan wisata edukasi atau pendidikan karena akan mengunjungi salah satu perguruan tinggi tertua di Bandung. Dengan begitu, pihak UPI juga bisa memanfaatkannya sebagai ajang berpromosi kepada masyarakat umum. Bukan hanya berpromosi seputar kampus dan apa yang dimilikinya saja. Namun, juga berpromosi dan berkampanye perihal bidang pendidikan di Indonesia secara luas. Dengan begitu, mereka bisa mensosialisasikan tentang bagian dari pendidikan Indonesia yang dianggap penting untuk disebarluaskan. Sangat menarik, bukan? Maka dari itu, silakan mengunjungi Villa Isola di Bandung.

Terkait: Wisata Seni Mengagumkan di Nuart Sculpture Park Bandung

Sebuah rumah besar sekelas villa yang dibangun pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia. Tentu saja bangunan tersebut mempunyai eksterior dan interior yang menarik perhatian saat melihatnya. Selain itu, pernak-pernik di dalam rumahnya tentu juga mengundang penasaran banyak orang. Ternyata, bukan hanya benda atau barang-barangnya saja di dalam Villa Isola yang menarik perhatian, tetapi juga cerita mengenai tempat peninggalan Belanda tersebut. Memang benar, ada cerita-cerita berbau horor dan mistis yang menyelimuti rumah villa.

Anda pun bisa mendengar langsung dari masyarakat sekitar terutama yang sudah berumur tua. Namun demikian, Anda tak perlu larut dalam ketakutan setelah mengetahui ceritanya. Namanya juga cerita mistos yang tidak akan terbukti kebenarannya. Akan tetapi, Anda tetap harus menghormati dan menjaga tingkah laku saat mengunjungi villanya. Jangan berbuat yang melanggar norma kesopanan dan kesusilaan saat di dalam villa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut lebih bijaksana untuk Anda lakukan.

Mengunjungi dan masuk ke Villa Isola gratis

Memang benar, Anda tidak perlu membeli tiket masuk atau membayar dengan nominal tertentu saat masuk ke Villa Isola karena benar-benar gratis. Pasalnya, villa tersebut sekarang sudah dimanfaatkan menjadi salah satu gedung di UPI. Meskipun gratis, tetapi Anda tetap harus menjaga kebersihan, kesopanan, dan kesusilaan saat berada di dalamnya. Bukan tidak mungkin Anda akan bertemu dengan mahasiswa atau mahasiswi saat mengunjunginya di hari-hari biasa. Kecuali, Anda mengunjunginya di akhir pekan akan lebih lenggang karena aktivitas perkuliahan libur. Villa ini dibuka untuk umum pada pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Bahkan, ada juga yang memanfaatkan Villa Isola untuk kegiatan foto prewedding. Pasalnya, desain arsitekturnya benar-benar bagus dan menarik. Untuk bisa melakukannya, tentu harus meminta izin dulu kepada pihak UPI. Selain itu, waktu pemotretannya juga dilakukan pada hari Minggu agar tidak mengganggu aktivitas di UPI.

Next: Berwisata ke Stadion Siliwangi Kebanggan Masyarakat Bandung

Sekarang, Anda sudah mengenal lebih dekat perihal Villa Isola dengan daya tarik dan kekhasan masing-masing. Anda yang belum pernah ke sana paling hanya melihat foto atau videonya saja. Maka dari itu, silakan segera merencanakan liburan ke Bandung agar bisa mengunjungi tempat menarik tersebut bersama keluarga dan orang tercinta. Selamat liburan dan bersenang-senang di Bandung.

Berwisata ke Villa Isola Bandung, Harga Tiket, Lokasi DLL | wowman99 |